Aplikasi untuk Cek Barang ORI, Ini Rekomendasinya! -->

Kategori Berita

.

Aplikasi untuk Cek Barang ORI, Ini Rekomendasinya!

Faisol abrori
Kamis, 05 Mei 2022


aplikasi cek barang ori


Di zaman yang serba online ini banyak orang-orang membeli berbagai kebutuhan melalui platform toko online. Semua barang dari lokal hingga branded tersedia di berbagai e-commerce. Namun, terkadang barang yang dijual bisa jadi barang palsu atau bajakan dan orang-orang masih sering tertipu. Tentunya konsumen harus paham dan mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi cek barang original.

Baca juga: Inilah 7 Deretan Aplikasi Penghasil Diamond Mobile Legend yang Harus Kamu Coba!

Biasanya tergiur oleh barang murah sehingga tidak memperhatikan detail barang tersebut asli apa tidak. Namun, semakin berkembangnya zaman dan teknologi terdapat aplikasi yang dapat mengecek barang original dengan cara scan barcode produk. Berikut ini 6 rekomendasi aplikasi cek barang original yang dapat digunakan, yaitu:

1. Hidden Tag

Salah satu aplikasi cek barang original ini termasuk terpopuler. Bahkan aplikasi ini dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak banyaknya skincare Korea KW atau palsu. Aplikasi Hidden Tag dapat mengenali berbagai ratusan merek produk luar negeri termasuk skincare atau make-up.

Pengguna cukup download dan instal aplikasi saja untuk menggunakannya. Pengguna kemudian tinggal membuka aplikasi sambil arahkan logo barcode yang tertera di kemasan produk ke kamera. Selanjutnya, pengguna mengklik hidden tag scan sampai muncul informasi lengkap tentang produk maka dapat dikatakan bahwa itu original atau asli.

Baca : Aplikasi Penambah Followers IG Terbaik Dan Populer

2. ShopSavvy

Shopsavvy sebagai salah satu aplikasi yang terpercaya juga, selain Hidden Tag. Mirip dengan Hidden Tag, ShopSavvy banyak digunakan oleh pecinta belanja online untuk mengecek produk yang dibeli itu original. ShopSavvy memberikan informasi data yang sedikit berbeda dari aplikasi sebelumnya.

Uniknya, pengguna dapat mengetahui harga produk, ritel yang menjual produk, dan diskon yang sedang berlaku pada produk yang di cari. Ditambah ShopSavvy bisa digunakan secara gratis. Tentunya sangat bermanfaat, bukan?

3. ScanLife Barcode & QR Reader

Sesuai dengan namanya tersebut, aplikasi ini bisa digunakan untuk memindai segala jenis barcode maupun kode QR di produk. Uniknya, aplikasi ini dari sebelumnya saat produk yang discan terindikasi original tidak hanya menampilkan informasi produk.

Terdapat juga informasi tentang review pengguna yang sudah pernah mencoba produk tersebut. Jika informasi-informasi tersebut tidak muncul di layar ponsel setelah proses scan selesai, maka bisa dikatakan produk tersebut palsu.

4. Google Goggles

Google juga mengeluarkan aplikasi untuk mengecek keaslian produk yang dibeli. Penggunaannya pun tidak sulit, pengguna hanya perlu mendekatkan kamera ponsel  ke  barcode ataupun QR-nya. Pengguna dapat memperoleh informasi lengkap dengan satu kali scan, maka produk akan langsung ditampilkan pada Google Shopping dan Google Search.

Google Goggles memiliki kelebihan yang berbeda dari aplikasi sebelumnya, yaitu bisa menerjemahkan semua teks dari bermacam bahasa saat terdeteksi oleh kamera. Dengan begitu, siapapun dari berbagai negara bisa menggunakan aplikasi satu ini.

5. Barcode Scanner

Barcode Scanner sebagai salah satu aplikasi yang  bisa pengguna gunakan untuk mengecek keaslian produk. Dengan satu kali scan aplikasi ini akan menyajikan informasi produk secara mendetail. Aplikasi ini terdapat Google Play Store dan bisa di download gratis. Kelebihan lainnya yaitu membuat kode barcode, yang mana dapat digunakan oleh pengguna untuk menunjang kebutuhan online shop.

6. Authentic Guards

Terakhir adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Muqsith Ahmad & Ryan Akbar berasal dari Indonesia. Aplikasi ini juga tidak kalah keren dengan beberapa aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Authentic Guards tidak hanya memberikan informasi tentang  seputar brand saja, tetapi mencakup produsen maupun distributor serta promo dan info-info lainnya.

Inilah rekomendasi beberapa aplikasi cek barang original. Beberapa aplikasi di atas sangat mudah digunakan serta informatif. Dengan begitu pengguna akan bisa lebih berhati-hati saat mengecek keaslian dari suatu barang atau produk.

 Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Pembersih Sampah dan Virus yang Mudah Digunakan