Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Cinta dan Kasih Sayang, Sangat Menyentuh! -->

Kategori Berita

.

Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Cinta dan Kasih Sayang, Sangat Menyentuh!

Faisol abrori
Senin, 23 Mei 2022

Kumpulan Ayat Al-Qur'an Tentang Cinta


Manusia dalam fitrahnya memiliki cinta dan kasih dalam dirinya. Dan cinta adalah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada makhluknya, serta menjadi hal yang penting dalam menjalankan kehidupannya di dunia. Dalam beberapa artikel saya pernah menulis tentang cinta, baik cinta platonik, dan cinta lainnya.


Terdapat banyak sekali Ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang hakikat cinta itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, saya akan merangkum Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Cinta, baik itu cinta kepada Allah, maupun kepada sesama manusia.


Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Cinta Lengkap




1. Ayat Al-Qur'an Berisi Tentang Cinta Kepada Allah


Mencintai Allah merupakan cinta tertinggi dan paling tulus, yakni hubungan antara makhluk (ciptaan) dan Sang Khaliq (pencipta). Sebagaimana dijelaskan dalam ayat-ayat berikut ini. Di dalamnya mengandung makna, bahwa siapapun yang mencintai Allah dengan tulus, maka akan selamat di dunia dan akhirat, serta diberikan ketenangan batin.


Q.S. Ar-Ra'd ayat 28


 الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ 


Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.


2. Ayat Dalam Al-Qur'an Perihal Cinta dan Iman Kepada Allah


Bagi orang yang sering overthinking, memahami ayat-ayat Al-Qur'an beserta maknanya, dapat menjadi obat yang ampuh, di dalamnya sangat sarat akan kasih sayang dan iman kepada Allah SWT.


Q.S. Al Baqarah ayat 165


 وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ 


Artinya: Orang-orang yang beriman lebih kuat cintanya kepada Allah.


3. Ayat Al-Qur'an Tentang Cinta Kepada Kedua Orang Tua


Kedua orang tua adalah orang yang harus kita hormati dan sayangi dalam kehidupan ini. Karena kedua orang tua yang mengajari kita banyak hal, menyayangi kita, merawat, dan mengorbankan kehidupannya demi kita semua. Sehingga sudah sepatutnya kita mencintai keduanya sebagaimana yang termaktub dalam ayat-ayat berikut


Q.S. Al-Isra ayat 24 


وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا 


Artinya: Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".


4. Ayat Berbuat Baik Kepada Orang Tua dan Mencintainya


Q.S. Al-Ahqaf ayat 15


 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ 


Artinya: Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."


5. Ayat Mengenai Hubbud Dunya (Cinta Dunia)


Q.S. Yunus ayat 24


 إِنَّمَا مَثَلُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنْزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْأَنْعَامُ حَتَّىٰ إِذَا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلًا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ ۚ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 


Artinya: Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu hanya seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah tanaman-tanaman bumi dengan subur (karena air itu), di antaranya ada yang dimakan manusia dan hewan ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan berhias, dan pemiliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya (memetik hasilnya), datanglah kepadanya adzab Kami pada waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanaman)nya seperti tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda (kekuasaan Kami) kepada orang yang berpikir.


6. Ayat Yang Berisi Cinta Kepada Sesama Manusia


Q.S. Al-Balad ayat 17


 ثُمَّ كَانَ مِنَ الَّذِينَ آمَنُوا وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ وَتَوَاصَوْا بِالْمَرْحَمَةِ 


Artinya: Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.


7. Ayat Tentang Kasih Sayang dan Cinta Kepada Lawan Jenis


Q.S. An-Najm ayat 45 


وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ 


Artinya: Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.


Q.S. Al-Hujurat ayat 13


 يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 


Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.


8. Ayat Tentang Jodoh dan Pasangan


Q.S. Ar-Rum ayat 21


 وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 


Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.


9. Ayat Tentang Kebesaran dan Cinta Allah Kepada Manusia dan Pasangannya


Q.S. Yasin ayat 36 


سُبْحَانَ الَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ وَمِنْ أَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ 


Artinya: Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.


10. Ayat Mengenai Kebesaran Allah Menciptakan Pasangan Manusia


Q.S An-Nisa ayat 1 


يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا 


Artinya: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.


Dengan membaca ayat-ayat dalam Al-Qur'an mengenai cinta, dan mengamalkannya, niscaya kita akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Demikianlah artikelku kali ini tentang Kumpulan ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang berisi cinta dan ungkapannya, baik dalam mencintai Allah, sesama manusia, orang tua, hingga orang spesial yang kita cintai, lengkap beserta arab dan terjemahannya.


Semoga membantu!