Cara Ternak Burung Kenari Secara Koloni untuk Menghasilkan Omzet Melimpah -->

Kategori Berita

.

Cara Ternak Burung Kenari Secara Koloni untuk Menghasilkan Omzet Melimpah

Faisol abrori
Sabtu, 14 Mei 2022

Cara Ternak Burung Kenari yang Baik dan Benar Agar Untung Berkali-kali Lipat


Burung kenari adalah salah satu tipe burung yang terkenal dengan suaranya yang sangat merdu serta mempunyai warna bulu yang memesona. Jadi tak heran jika banyak yang suka dengan burung ini. Di samping itu banyak pula orang yang melakukan ternak kenari koloni. Itu merupakan salah satu cara ternak burung kenari yang paling banyak memberikan keuntungan.

Ada banyak keuntungan yang didapat dengan beternak kenari secara koloni. Contohnya adalah peternak akan memperoleh keuntungan lebih saat menjual burung kenarinya dengan harga yang tinggi. Hal itu juga tergantung dari kualitas kenari. Oleh karena itu, untuk memperoleh burung kenari yang berkualitas bagus, ikutilah langkah beternak burung kenari dengan skema koloni berikut ini:

1. Buatkan Kandang Untuk Burung Kenari

Langkah pertama untuk memulai ternak kenari adalah mempersiapkan kandangnya. Mengenai ukuran kendang, sesuaikan dengan kapasitas kenari yang akan diternak. Untuk ternak kenari koloni, buatlah kandang yang lumayan luas. Pastikan burung dapat terbang dengan bebas di dalam kandang dan tidak terhalang oleh apapun. Apabila burung kenari tak dapat terbang dengan bebas, maka kenari bisa stres serta tidak dapat bereproduksi baik.

Kemudian siapkan kandang sedemikian rupa agar burung-burung kenari mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Untuk itu, dianjurkan untuk membuat 1/3 atap sangkar menggunakan atap yang transparan sebagai jalan masuknya cahaya matahari. Jangan lupa pula untuk memberi lampu neon minimal 10 watt di dalamnya untuk penerangan di malam hari.

Baca: Cara Ternak Murai Batu Termudah Cocok Untuk Pemula

2. Pilih Induk Kenari

Pemilihan induk juga merupakan hal yang amat penting sebab kualitas anak burung kenari akan dipengaruhi langsung oleh kualitas induknya. Oleh karena itu, jika kandang kenari sudah siap, berikutnya pilihlah induk kenari yang berkualitas baik. Carilah induk kenari jantan serta betina yang sehat dan tidak cacat.

Selain itu, peternak juga sebaiknya memilih induk yang telah siap kawin, dengan begitu bisnis ternak pun akan lebih cepat berkembang. Hal itu dikarenakan induk yang telah siap kawin akan lebih gampang dalam bereproduksi. Peternak pun juga tak akan kesusahan mengawinkannya serta memberikan vitamin dan pakan supaya pertumbuhan dan perkembangannya optimal.

3. Siapkan Tengger Untuk Burung Kenari

Sesudah induk dimasukkan ke dalam kandang, siapkanlah tengger sebagai tempat untuk burung kenari bertengger. Peternak bisa membuatkan tengger menggunakan pohon petai china ataupun jambu biji. Akan tetapi sebelum itu, peternak perlu merapikan tengger dulu serta memastikan supaya kenari dapat merasa nyaman dan betah di sana.

4. Berikanlah Pakan dengan Baik

Peternak harus memberi burung-burung kenarinya dengan pakan pokok serta extra feed. Terdapat beraneka ragam pakan pokok yang dapat diberikan untuk burung kenari, contohnya biji-bijian. Sebaiknya, beri burung kenari dengan pakan pokok yang berupa biji mix. Ini adalah campuran dari 15% miger seed, 40% canang seed, serta 20% biji sami. Lalu campurkan pula 12,5% milet putih dan 12,5% milet merah.

Baca: 5 Cara Ternak Burung Lovebird dengan Mudah


5. Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi pada burung kenari dilakukan agar tubuh kenari tahan terhadap serangan virus atau penyakit. Ini karena ternyata ternak kenari koloni mempunyai sedikit kekurangan. Salah satunya adalah peternak tak bisa mengontrol kesehatan kenarinya karena terdapat beberapa pasang burung kenari dalam satu kandang. Pada keadaan seperti itu, virus dapat menyerang dengan cepat. Jadi, peternak perlu memberikan vaksin untuk menjaga kesehatan kenari.

Itulah tadi cara mudah melakukan ternak kenari koloni. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, metode ternak burung kenari yang satu ini mempunyai beberapa keunggulan. Salah satunya adalah peternak tidak perlu mengawinkan burung kenarinya sebab terdapat beberapa pasang burung kenari dalam satu kandang. Hal itu juga membawa sedikit kerugian. Peternak harus dapat merawat kenari-kenarinya dengan baik.

Baca selanjutnya: 6 Cara Ternak Cacing Darah dengan Mudah