Daftar Alat-alat Perlengkapan Bengkel Motor Pemula yang Harus Dimiliki -->

Kategori Berita

.

Daftar Alat-alat Perlengkapan Bengkel Motor Pemula yang Harus Dimiliki

Faisol abrori
Jumat, 06 Mei 2022

perlengkapan bengkel motor pemula


Bengkel adalah usaha yang dapat dilakukan bagi orang yang memiliki kemampuan untuk mengutak-atik mesin kendaraan. Untuk membuka suatu bengkel tentunya perlu menyiapkan berbagai perlengkapan guna menunjang pekerjaan tersebut nantinya. Terdapat berbagai macam alat yang harus dimiliki dalam sebuah bengkel. Berikut adalah perlengkapan bengkel motor pemula yang harus disediakan.

1. Kunci

Diketahui, perlengkapan bengkel motor pemula yang harus dimiliki adalah berbagai macam kunci. Kunci ini memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengencangkan ataupun mengendorkan baut pada motor. Berikut adalah beberapa kunci yang harus dimiliki bengkel saat memulai usaha.

     L: untuk kunci yang satu ini biasa dipakai pada kepala baut yang berbentuk bulat serta lubangnya berbentuk segi enam. Seringkali, kunci ini disebut juga sebagai kunci khusus karena fungsinya tersebut.

     Soket: berikutnya yaitu kunci soket atau sok. Kunci ini memiliki fungsi untuk mengencangkan maupun mencopot baut ataupun mur yang terpasang pada bagian as roda motor. Biasanya, kunci ini akan digabungkan dengan gagang torsi saat pemakaiannya sehingga menjadi lebih mudah dan hemat tenaga.

     Pas: apabila pengguna ingin mengencangkan maupun mengendurkan mur yang memiliki bentuk heksagonal, maka kunci jenis inilah yang akan dipakai. Kunci ini haruslah dimiliki karena sering dipakai pada bengkel motor.

     Inggris: kemudian ada pula kunci ini yang bisa diatur ukurannya sesuai dengan mur ataupun baut yang akan dilepaskan maupun dipasangkan.

2. Tang

Lebih lanjut, dalam setiap bengkel biasanya juga menyediakan alat berupa tang. Adapun fungsi dari tang ini yaitu untuk menjepit benda tertentu sehingga lebih kuat dan tidak harus menggunakan tangan secara langsung. Terdapat berbagai tang yang memiliki banyak kegunaan. Berikut beberapa diantaranya.

     Potong: diketahui, tang ini memiliki dua bagian yang cukup keras sehingga seringkali digunakan untuk memotong benda, misalnya kawat.

     Kombinasi: lalu, pada jenis yang berikut ini memiliki fungsi untuk membantu mekanik melakukan pekerjaan ringan, misalnya saja menarik benda ataupun memutar benda tertentu.

     Lancip: untuk tang yang berbentuk lancip memiliki manfaat untuk memegangi benda-benda yang memiliki ukuran kecil sehingga tidak mudah jatuh.

     Buaya: lebih lanjut ada tang yang memiliki rahang kuat dan juga bergerigi yang fungsinya adalah melepaskan baut ataupun menguncinya kembali. Yang ini juga dapat diatur berdasarkan ukuran dari baut tersebut.

     Kaktus: tang ini seringkali dimanfaatkan guna memotong suatu kawat karena bagian rahangnya bisa membuka sampai dengan Sembilan puluh derajat.

     Rivet: jika mekanik ingin memasang paku keling maka biasanya akan menggunakan jenis yang satu ini karena bisa digunakan secara fleksibel.

3. Obeng

Kemudian, perlengkapan bengkel motor pemula lainnya adalah obeng. Diketahui, obeng ini juga merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi mekanik motor. Adapun untuk fungsi dari obeng jenis yaitu untuk melepaskan suatu baut yang ada pada motor ataupun memasangkannya supaya lebih kencang.

Terdapat dua buah jenis obeng yang berbeda yaitu jenis min untuk baut yang memiliki bentuk min serta plus yang berguna pada baut yang memiliki bentuk serupa. Tentunya kedua jenis obeng ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan baut yang ada. Jenis obeng yang satu tidak dapat dipakai ada jenis lainnya karena bentuknya yang berlainan tersebut.

Baca:

4. Kompresor

Pada setiap bengkel tentunya seringkali menemukan benda besar berwarna oranye atau lainnya yang disebut dengan kompresor. Diketahui, benda ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengisi udara pada ban motor milik pengendara.

Tentunya setiap motor memerlukan udara dengan tekanan yang pas sehingga dapat berjalan dengan stabil. Selain itu, kompresor juga memiliki manfaat lain berupa mampu memberikan suplai udara yang bersih untuk keperluan mengisi tabung ataupun hal lainnya.

5. Multimeter

Lalu, ada pula alat yang bernama multimeter. Diketahui, alat yang satu ini memiliki fungsi untuk mengecek kabel pada motor. Dengan demikian, mekanik dapat mengetahui apakah pengapiannya sedang lemah atau tidak. Selain itu, kelistrikan lain juga dapat dicek dengan multimeter ini.

Demikianlah beberapa jenis perlengkapan bengkel motor pemula yang harus disiapkan untuk membuka bengkel. Nantinya, pemilik usaha juga dapat menambahkan berbagai peralatan lain seiring waktu sehingga bengkel menjadi lebih lengkap.