Wajib Tahu! Ini Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya Dengan Baik -->

Kategori Berita

.

Wajib Tahu! Ini Penyebab Gigi Kuning Dan Cara Mengatasinya Dengan Baik

Faisol abrori
Selasa, 17 Mei 2022


Warna kuning pada gigi tentu akan menganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Oleh sebab itu, kenali penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya agar gigi tampak terlihat lebih indah ketika tersenyum.

Kuningnya warna gigi bukanlah tanda buruk bagi kesehatan mulut, namun gigi kuning umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk terhadap gigi. Jika tidak diatasi, bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga timbul kerusakan pada gigi. Dibawah ini terdapat ulasan mengenai penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya.

Penyebab Gigi Kuning

Penyebab gigi kuning ada beragam. Namun, faktor usia juga turut andil pada perubahan warna gigi. Pasalnya, seiring bertambah usia, lapisan email yang berwarna putih semakin menipis. Lantas apa saja penyebabnya selain faktor usia? Berikut adalah penjelasannya.

1. Kerusakan Pada Email Gigi

Seiring bertambahnya usia, lapisan email gigi pada akhirnya akan melemah dan tergantikan dengan dentin bawah yang warnanya bersubstansi gelap. Meski begitu, seseorang dapat mengurangi percepatan pelemahan email gigi melalui kebiasaan menjaga kesehatan yang baik.

Rusaknya lapisan email pada gigi disebabkan oleh berbagai faktor. Warna kuning pada gigi akan semakin pekat apabila terdapat sejumlah masalah gigi lainnya seperti karies, gigi berlubang, dan masih banyak lagi.

2. Gigi Yang Tidak Bersih

Tidak bersihnya gigi dapat menjadi salah satu penyebab warna gigi berubah menjadi kuning. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya timbunan plak sehingga terdapat noda pada gigi yang berimbas pada warna gigi.

Plak atau noda pada gigi dapat muncul karena disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari menumpuknya jaringan ludah sedikit demi sedikit hingga bekas makanan yang tidak segera dibersihkan. Semakin lama tidak membersihkan gigi, maka semakin tebal plak pada gigi dan gusi.

3. Kebiasaan Minum Kopi Dan Teh

Kebiasaan minum kopi dan teh yang berwarna pekat ini dapat menjadi penyebab gigi menjadi berwarna kuning. Hal ini dikarenakan kopi dan teh mengandung zat yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning salah satunya adalah zat tanin.

Tanin akan menempel pada lapisan gigi terluar sehingga perlahan-lahan akan mengubah warna pada gigi menjadi kuning. Gigi pada permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat. Mengejutkannya lagi, tanin pada teh lebih tinggi kandungannya dari kopi sehingga lebih mempercepat warna kuning gigi.

4. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan pernafasan, rupanya rokok juga menjadi salah satu alasan mengapa warna gigi berubah menjadi kuning. Zat yang ada pada rokok seperti tar dan nikotin berkontribusi dalam perubahan warna gigi.

Tar dan nikotin sangatlah mudah untuk menempel dan menumpuk pada lapisan terluar gigi. Bagi perokok berat, efek menguning pada gigi tentu akan terjadi sangat cepat. Jika dibiarkan, tidak hanya menguning saja, gigi akan tampak semakin menghitam dan tentu akan merusak kepercayaan diri bukan?

5. Penggunaan Fluoride Dan Obat Kumur Yang Berlebihan

Kandungan fluoride pada pasta gigi sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan gigi. Akan tetapi, terlalu banyak fluoride justru menyebabkan gigi cepat menguning. Kuningnya gigi yang disebabkan oleh banyaknya fluoride ini biasa disebut fluorosis.

Tidak hanya itu, obat kumur untuk membunuh kuman dan menyegarkan mulut dapat menyebabkan gigi menjadi kuning apabila digunakan terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh zat asam pada obat kumur, apabila terlalu banyak zat asam maka gigi akan menguning secara perlahan.

6. Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Berwarna Pekat

Konsumsi buah-buahan dengan warna pekat seperti blueberry, tomat, ceri, anggur, ataupun blackberry dapat meninggalkan noda pada gigi. Pasalnya partikel organik dan pigmen warna pada buah ini bisa masuk ke pori-pori enamel gigi dan menempel sehingga membuat gigi menguning.

Menguningnya gigi karena buah berwarna pekat ini tidak hanya berlaku ketika mengkonsumsinya secara langsung saja. Mengkonsumsi olahan makanan dan minuman dari buah tersebut bisa juga menjadi pemicu menguningnya gigi.

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah terjadinya perubahan warna gigi, tentu sangat dibutuhkan wawasan tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Setelah mengetahui apa saja faktor penyebabnya, berikut ini terdapat ulasan mengenai cara mengatasi warna gigi pada kuning.

1. Menyikat Gigi Dengan Rutin

Jarang menyikat gigi dapat menjadi penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya rutinlah dalam melakukan kebiasaan satu ini. Kebiasaan menyikat gigi secara rutin, terutama setelah mengonsumsi makanan pemicu gigi kuning dapat membantu mengatasi permasalahan gigi. Sikatlah gigi selama 2 menit setiap pagi dan malam.

Apabila ingin gigi semakin putih, disarankan untuk menggunakan pasta gigi pemutih 1-2 kali dalam seminggu diluar penggunaan pasta gigi berfluoride. Setelah sikat gigi, bersihkan sisa makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

2. Gunakan Bahan Alami Sebagai Pemutih Gigi

Untuk mengatasi gigi kuning, bahan alami yang ada di rumah dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah baking soda atau soda kue. Tidak hanya mengurangi plak dan bakteri pada gigi, soda kue dapat juga memutihkan gigi secara alami.

Soda kue dapat dijadikan sebagai pasta gigi dan gunakan selama 2 minggu sekali. Campurkan soda kue dengan air dan jadikan pasta dengan cara mengaduknya. Campuran tersebut dapat digunakan untuk menyikat gigi dengan cara mencelupkan sikat gigi ke dalamnya dan sikat pada gigi selama 1 menit.

3. Mengonsumsi Buah Dan Sayur Tinggi Air

Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan air didalamnya dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Tidak hanya untuk kesehatan pencernaan, buah dan sayur yang tinggi akan air ini juga sangat bermanfaat pada gigi bukan?

Untuk mengatasi warna kuning pada gigi, pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi air seperti timun, tomat, semangka, dan lain-lain. Kandungan air pada buah dan sayur ini dapat membersihkan gigi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning.

4. Membatasi Makanan Dan Minuman Tertentu

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat menjadi penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya tentu dengan membatasi jumlahnya. Ketika mengonsumsi minuman yang memicu gigi kuning, pastikan untuk menggunakan sedotan agar tidak langsung mengenai gigi.

Setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning, pastikan untuk berkumur menggunakan air putih dengan bersih. Hal ini dapat membantu menghilangkan noda yang tertinggal pada lapisan gigi.

5. Berkunjung Ke Dokter

Jika telah membatasi kebiasaan penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya telah dilakukan namun gigi masih tampak kuning, berkunjunglah ke layanan yang berkompeten. Salah satunya seperti dokter gigi yang tentu akan memberi beberapa rekomendasi perawatan gigi agar terlihat putih.

Dokter gigi biasanya akan merekomendasikan perawatan berupa bleaching gigi yang dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi. Perawatan ini akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dibandingkan perawatan gigi di rumah.

Demikian ulasan mengenai apa saja penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Gigi kuning dapat dipicu oleh kebiasaan tertentu. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasinya, cobalah untuk menghindari pemicunya dan jagalah kesehatan gigi dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.