Inilah Arti dari Lampu Indikator Radiator Mobil, Simak Penjelasannya! -->

Kategori Berita

.

Inilah Arti dari Lampu Indikator Radiator Mobil, Simak Penjelasannya!

Faisol abrori
Jumat, 06 Mei 2022

arti lampu indikator radiator mobil


Semakin kesini, semakin banyak yang akhirnya memutuskan untuk membeli kendaraan seperti mobil demi memudahkan berbagai aktivitas rutin. Sayangnya, banyak yang masih merasa bingung dengan tanda dari lampu indikator radiator mobil yang lengkap dengan makna yang cukup bervariasi. Selain itu, ada juga yang terkadang salah dalam memahami indikatornya.

Sebenarnya, saat ini, setiap mobil sudah menggunakan berbagai lampu indikator untuk membantu dalam menunjukkan sebuah situasi yang ada bahkan darurat. Kemudian, setiap orang yang memiliki dan menggunakan mobilnya mesti mengena maknanya sehingga bisa menghindari masalah yang akan datang nantinya. Untuk membantu dalam mengenal indikatornya, simak uraian di bawah ini:

1. Temperatur Dalam Mobil

Untuk lampu indikator yang pertama ini lebih berkaitan dengan suhu yang sedang ada di mobil yang dipakai terutama setiap hari. Sebaiknya, jika sudah menemui lampu indikator seperti ini, lanjutkan dengan menghentikan mesin mobil terlebih dahulu dan menepi ke jalan terdekat. Setelah itu, coba diamkan mesin setidaknya selama 15 menit saja.

Baca: Ini 3 Efek yang Akan Terjadi Pada Tekanan Freon AC Mobil Jika Diubah-ubah!

2. Tekanan pada Oli

Tidak kalah penting dari lampu indikator yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga lampu indikator lainnya yang menunjukkan kondisi dari oli. Kali ini, setiap orang bisa segera mengecek bagian oli pada mobil yang ternyata memiliki tekanan yang lebih atau malah kurang dari aturan yang sudah ditentukan. Setelah itu, coba segera hubungi mekanik sehingga permasalahan bisa diatasi.

Baca selanjutnya: 5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, dari Radiator Hingga Oli

3. Bagian Check Engine

Sementara itu, untuk jenis lampu indikator radiator mobil yang lainnya ini lebih menunjukkan kondisi umum pada mobil yang sedang digunakan. Hanya saja, biasanya lampu ini akan hidup ketika ada masalah seperti tutup aliran bensin yang tidak ditutup dengan tepat sebelumnya. Selain itu, ada juga masalah seperti komponen yang perlu segera diganti.

4. Tekanan dalam Ban

Jangan sampai terlewatkan untuk dikenali sejak awal, ada lampu indikator yang akan menyala untuk mencegah sebuah masalah besar akan terjadi. Lampu ini biasanya akan menunjukkan sebuah tekanan yang kurang pada satu atau malah beberapa ban sehingga nanti bisa memunculkan kecelakaan. Setiap pengguna harus menghentikan mobilnya dan mencari bengkel yang terdekat.

5. Indikator Sabuk Pengaman

Untuk jenis lampu indikator radiator mobil yang selanjutnya ini bisa dipahami sebagai lampu yang menunjukkan kondisi penggunaan sabuk yang salah. Pada umumnya, masih banyak para pengguna yang mengabaikan penggunaan sabuk pengaman terutama untuk yang duduk di sebelah sopir secara tepat. Sebaiknya nanti segera pasang sabuk  dengan benar sesuai dengan panduan.

6. Lampu Indikator Baterai

Masih penting untuk diberikan perhatian sejak awal, setiap orang harus mengenal dan memahami jenis lampu indikator ini bahkan untuk pemula. Kali ini, ada sebuah lampu indikator pada mobil kesayangan yang bisa saja menyala dengan tiba-tiba karena penggunaan aki yang salah. Selain itu, bisa juga karena pemasangan yang tidak tepat sebelumnya.

7. Tangki Bahan Bakar

Terakhir, ada sebuah lampu indikator radiator pada mobil yang umumnya akan hidup ketika menemui masalah yang besar pada bagian baterai. Secara sederhana, jika lampu ini menyala bahkan dalam waktu yang lama, maka segera hentikan mobil dan cek kondisi dari bensin. Jika dalam kondisi yang kritis, maka segera isi ulang lagi.

Demikian beberapa informasi yang lengkap terkait dengan  lampu indikator radiator mobil sehingga bisa membantu pengguna untuk mengatasi masalah yang ada. Apalagi ternyata saat ini, ada berbagai masalah yang besar yang muncul karena pengguna kendaraan mobil tidak memahami lampunya dengan tepat. Ada lampu yang dikhususkan baterai dan ada pula untuk oli.

Berita menarik: Berapa Biaya Operasional Memiliki Mobil Per Tahun?