Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kartu Debit Kripto -->

Kategori Berita

.

Ini yang Harus Kamu Ketahui Tentang Kartu Debit Kripto

Faisol abrori
Minggu, 22 Mei 2022


Apa itu kartu debit kripto? Bagaimana cara kerja kartu debit kripto? Di artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang kartu debit kripto dan apa yang perlu Anda ketahui tentangnya.


Sejak pengembangan Bitcoin, banyak kripto lain ikut bermunculan, dan beberapa telah mendapatkan popularitas yang luar biasa. Termasuk di antaranya Ethereum dan Ripple.


Pada saat yang bersamaan, jumlah pengguna crypto telah tumbuh secara signifikan dalam satu dekade. Faktanya, menurut Triple-A, sebuah perusahaan yang berfokus pada solusi blockchain dan crypto, jumlah pengguna crypto sekarang lebih dari 300 juta pengguna aktif.


Lebih menariknya lagi, banyak pakar kripto lainnya yang memperkirakan jumlah ini akan mencapai satu miliar sebelum akhir 2022.


Karena pertumbuhan crypto dan penggunanya yang signifikan ini, kebutuhan untuk membuat alat pembayaran crypto sangat banyak. Dengan demikian saat ini bermunculan banyak kartu debit kripto.


Platform pertukaran Crypto kini berada di garis terdepan dalam menyediakan alat yang mudah dan efisien ini. Selain pertukaran crypto, klub keanggotaan seperti Club Swan dan penyedia pembayaran juga menerbitkannya.


Apa itu kartu debit kripto?




Kartu debit kripto adalah kartu debit yang dapat menerima dana dari dompet kripto. Kartu ini bekerja sangat mirip dengan kartu debit pada umumnya.


Bahkan, untuk melakukan pembelian, Anda hanya perlu menggesek kartu atau memasukkan detail kartu Anda. Singkatnya, kartu-kartu ini membuat penggunaan kripto lebih mudah dan nyaman untuk pembelian harian.


Juga, Anda dapat mendefinisikannya sebagai kartu yang dikeluarkan oleh organisasi crypto untuk membuat pengeluaran crypto lebih nyaman.


Bagaimana cara kerja kartu debit kripto?


Kartu debit kripto yang berbeda akan bekerja secara berbeda pula. Namun, merchant menerima pembayaran Anda sebagai fiat setiap kali Anda menggunakan kartu debit ini.


Di satu sisi, kami memiliki kartu debit kripto yang bisa Anda danai secara manual. Pertama, Anda harus mengunjungi portal/aplikasi untuk menjual kripto pilihan Anda. Setelah penjualan kripto yang sukses, Anda menerima fiat Anda, yang dapat Anda gunakan untuk mendanai kartu debit kripto Anda.


Selain kartu yang didanai secara manual, ada kartu dengan konversi kripto otomatis. Kartu-kartu ini dapat memuat crypto dari akun dan mengubahnya menjadi fiat selama pembayaran.


Selain waktu untuk konversi crypto, kartu debit crypto juga bervariasi tergantung pada proses transaksi crypto.


Tiga jenis transaksi kartu debit kripto adalah:


1. Crypto-fiat


Ini adalah jenis proses transaksi yang paling umum di antara kartu debit kripto. Kartu debit ini mengonversi kripto Anda langsung ke fiat.


Untuk mengonversi crypto menjadi fiat, Anda harus terlebih dahulu menjual crypto ke platform yang disediakan. Di sini, Anda mendapatkan fiat yang setara untuk kripto Anda dengan harga pasar yang berlaku.


Lebih penting lagi, Anda dapat memilih fiat yang akan Anda konversi selama pertukaran.


Setelah pertukaran berhasil, fiat akan disetorkan ke akun Anda. Dari sini, Anda dapat menggunakan fiat untuk mendanai kartu debit kripto Anda. Club Swan merupakan contoh bagus dari kartu debit kripto ini.


2. Crypto-stablecoin-fiat


Untuk kartu debit kripto yang ada di sini, Anda harus mengonversi kripto Anda ke stablecoin terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menukar stablecoin dengan fiat ketika kebutuhan untuk melakukan pembayaran muncul.


Misalnya, pengguna Crypto.com dapat menjual crypto mereka untuk USDC di Coinbase. Setelah pertukaran, Anda dapat mentransfer token ke akun Crypto.com terdaftar Anda. Ketika kebutuhan untuk melakukan pembayaran muncul, Anda dapat menjual koin USDC untuk fiat.


Berbeda dari cryptocurrency biasa, stablecoin kebal terhadap volatilitas crypto. Dengan demikian, mereka dapat mempertahankan rasio 1:1 dengan fiat bahkan ketika pasar crypto sedang volatil


3. Crypto-stablecoin


Dalam kategori ini, Anda harus terlebih dahulu menukar crypto dengan stablecoin. Proses lain apa pun setelah ini otomatis, berkat sistemnya.

Saat menggunakan kartu ini, Anda mungkin berpikir Anda menggunakan stablecoin untuk pembayaran. Namun, selama transaksi, stablecoin dikonversi menjadi fiat secara otomatis.


Kartu debit Coinbase adalah contoh yang bagus. Coinbase pertama-tama mengonversi crypto Anda menjadi USDC (USD Coin), stablecoin yang populer. Selama waktu ini, koin USD tetap pada rasio 1:1 terhadap dolar AS.


Namun, perhatikan bahwa untuk mengonversi ke USDC, Anda harus menggunakan Bitcoin lama atau kripto yang didukung oleh perusahaan.


Apa manfaat dari kartu debit kripto?




1. Sangat Nyaman


Terkadang juga, investor crypto merasa sibuk menggunakan crypto sebagai metode pembayaran. Tetapi dengan diperkenalkannya kartu debit crypto, membelanjakan crypto menjadi sangat mudah.


Ini berarti Anda tidak perlu mengikuti proses lama untuk melakukan pembayaran kripto.


2. Mudah digunakan


Anda mungkin berpikir melakukan pembayaran dengan kartu debit kripto itu merepotkan. Namun, ini adalah kebalikannya.


Menggunakan kartu debit kripto seperti menggunakan kartu debit biasa. Yang Anda butuhkan hanyalah memasukkan detail kartu Anda untuk pembelian online. Juga, geser saat melakukan pembayaran di dalam toko.

Selain itu, sebagian besar penerbit kartu memberi Anda kartu virtual untuk membuat transaksi online Anda lancar dan aman.


Selain itu, beberapa cryptocurrency membutuhkan waktu lama untuk dikonfirmasi. Oleh karena itu, penerbit kartu mungkin menanggung pembayaran Anda jika terjadi peristiwa seperti itu.


Penerbit memotong jumlah yang sama dari saldo crypto Anda saat konfirmasi selesai.
Ini memungkinkan penggunaan kripto yang berkelanjutan dan setiap hari.


3. Sangat Fleksibel


Bagaimana kartu debit kripto fleksibel?
Sebagian besar kartu debit ini dapat mendukung banyak mata uang kripto. Misalnya, kartu Visa Crypto.com dapat mendukung hingga 90 cryptocurrency yang berbeda. Sementara itu, Club Swan MasterCard dapat mendukung hingga sembilan cryptocurrency.




Lebih baik lagi, beberapa kartu mendukung altcoin, stablecoin, dan bahkan mata uang fiat. Misalnya, selain cryptocurrency, kartu Club Swan dapat mendukung EUR, GBP, dan USD.

Karena berbagai pilihan ini, Anda mendapatkan fleksibilitas maksimal tergantung pada situasi Anda.


Juga, sebagian besar kartu ini memiliki dukungan dari pemroses pembayaran, Visa dan MasterCard. Ini berarti Anda dapat melakukan pembelian dan penarikan ATM dari hampir semua tempat di dunia dengan kartu ini.


4. Serbaguna


Tidak seperti mata uang fiat, cryptocurrency dapat dengan mudah menahan ketidakstabilan ekonomi yang dihadapi di berbagai negara. Singkatnya, memanipulasi kripto tidak semudah memanipulasi mata uang tradisional.


Jadi crypto terus mempertahankan nilainya meskipun ada transaksi asing dan konversi mata uang.


Misalnya, Venezuela, yang menghadapi ketidakstabilan ekonomi, menggunakan mata uang keras seperti EUR dan USD. Selain itu, sebagian besar orang Venezuela telah kembali menggunakan crypto, terutama Bitcoin, untuk menahan inflasi.


5. Peningkatan Keamanan


Akhir-akhir ini, ada peningkatan luar biasa dalam penipuan kripto. Dengan demikian, penerbit kartu crypto telah meningkatkan keamanan yang terkait dengan kartu.


Beberapa langkah keamanan terbaik yang diadopsi oleh kartu kripto adalah 2FA, kode sandi, dan biometrik. Faktanya, sebagian besar penerbit kartu crypto telah mengintegrasikan langkah-langkah ini ke dalam aplikasi dan portal mereka.


Selain itu, pada aplikasi/portal ini, Anda dapat mengontrol keamanan kartu Anda dari jarak jauh. Misalnya, di aplikasi/portal ini, Anda dapat mengubah PIN kartu atau membekukannya. Selain itu, Anda dapat melaporkan kehilangan kartu Anda di sini.


Apa dampak negatif kartu debit kripto?


1. Kemungkinan berutang biaya


Untuk mendanai kartu debit kripto Anda, Anda harus menjual kripto Anda. Selama acara ini, Anda dapat memicu kerugian atau keuntungan kena pajak.


Menurut IRS (Internal Revenue Service), kripto adalah properti, khususnya aset kripto. Ini menempatkan crypto dalam kategori yang sama dengan saham dan obligasi. Jadi untuk setiap keuntungan modal, Anda harus membayar pajak.

Faktor yang mempengaruhi jumlah pajak capital gain yang Anda bayarkan adalah keuntungan dan periode memegang kripto.


2. Biaya Tinggi


Kartu yang berbeda mengenakan biaya yang berbeda. Namun, untuk beberapa kartu, Anda mungkin membutuhkan biaya yang sangat tinggi.


Biaya ini mungkin termasuk biaya tidak aktif, biaya transaksi, biaya valuta asing, biaya transaksi, dan banyak lagi.


3. Tidak dapat diterima secara internasional


Meskipun beberapa kartu mendapat dukungan dari perusahaan pemrosesan, mereka tidak bervariasi secara internasional. Ini berarti beberapa kartu mungkin gagal berfungsi di beberapa lokasi geografis.


Oleh karena itu, Anda mungkin tidak melakukan pembelian atau penarikan ATM saat berada di beberapa wilayah.


4. Tidak ada hadiah untuk beberapa pembelian


Anda salah jika mengira kartu debit kripto menawarkan cashback untuk setiap pembelian yang Anda lakukan.


Sebagian besar penerbit crypto hanya mengizinkan pembelian tertentu yang bisa Anda dapatkan dari cashback. Misalnya, Crypto.com tidak menawarkan cashback jika Anda melakukan pembelian grafik dengan kartu tersebut.


5. Menggunakan crypto yang diadakan di perusahaan yang berbeda itu mahal


Misalnya, katakanlah Anda memiliki kartu Club Swan, dan Anda menyimpan crypto di dompet coinbase. Mendanai kartu Club Swan Anda dengan dompet Coinbase hampir tidak mungkin. Pada saat yang sama, mentransfer crypto ke dompet Club Swan akan dikenakan biaya yang cukup tinggi.


Kesimpulan


Kartu debit kripto relatif baru di pasar kripto. Namun, kartu ini memiliki potensi luar biasa dengan adopsi kripto yang signifikan. Jadi dengan aplikasi yang luar biasa untuk kartu-kartu ini, ada kebutuhan yang tinggi untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang mereka.