Kawasan Desa Wisata Malangan Jogja dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan -->

Kategori Berita

.

Kawasan Desa Wisata Malangan Jogja dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Faisol abrori
Senin, 09 Mei 2022

Kawasan Desa Wisata Malangan Jogja dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan


Mengunjungi desa wisata merupakan suatu destinasi menarik bagi orang yang merasa jenuh dengan kehidupan perkotaan. Sehingga, membuat pikiran tenang,  Apabila wisatawan ingin mendapatkan tempat untuk melarikan diri dari kejenuhan kehidupan perkotaan, maka bisa mengunjungi desa wisata di Malangan Yogyakarta. Lalu, apa saja yang tersedia di desa wisata malangan? Inilah informasinya!

Apa Itu Kawasan Desa Wisata Malangan?

Desa Malangan adalah salah satu daerah yang telah dinobatkan oleh pemda Kabupaten Sleman sebagai daerah pedesaan wisata sejak tahun 1998 silam. Namun desa Malangan baru dikenal masyarakat luas sebagai desa wisata semenjak tahun 2017 yang lalu. Desa Malangan  memiliki luas wilayah sekitar 17 hektar yang sebagian besarnya digunakan untuk bercocok tanam.

Destinasi Wisata yang Ada di Desa Malangan Sleman Yogyakarta

Setelah pembaca mengetahui penjelasan singkat tentang desa wisata malangan. Selanjutnya, calon pengunjung tempat wisata mesti terlebih dahulu mengetahui lebih lengkap tentang destinasi wisata yang ada di kawasan pedesaan wisata Malangan Sleman Yogyakarta. Kemudian, apakah destinasi wisata yang ada di Desa Malangan?  Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini :

1. Melihat Tahapan Pembuatan Keris

Tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi oleh pengunjung desa Malangan Sleman yaitu melihat lebih dekat pembuatan senjata tradisional Jawa yang sudah ditetapkan oleh lembaga UNESCO menjadi warisan budaya yang tidak berbeda. Pertama, pemilihan material keris sampai bagian terakhir oleh Kakek Sungkowo putra dari Empu Djeno Harumbrojo yang berprofesi membuat keris.

Selain itu, Kakek Sungkowo juga akan menjelaskan tentang sejarah keris dan cara merawat keris. Lalu, wisatawan bisa belajar tentang prosesi adat yang biasa dilakukan oleh pemilik keris. Oleh karena itu, bagi pengunjung yang tertarik dengan asal-usul keris bisa mengunjungi tempat ini.

2. Belajar Membudidayakan Ikan Air Tawar

Seperti yang dijelaskan pada paragraf pembuka salah satu keunggulan dari desa wisata Malangan Sleman adalah wisatawan dapat belajar membudidayakan ikan air tawar. Hasilnya, orang yang mengunjungi Desa Malangan bisa langsung mempraktekkan ilmunya untuk membuka bisnis ikan air tawar. Atau pun, hanya ingin belajar tentang cara merawat ikan air tawar.

3. Mengelilingi Desa Malangan Memakai Sepeda

Bagi turis yang menyukai aktivitas bersepeda. Mungkin bisa bersepeda menggunakan sepeda sewaan yang telah disediakan pengelola wisata. Sekaligus jangan sungkan untuk bertegur sapa dengan warga sekitar dan melihat aktivitas warga Desa Malangan lebih dekat. Sembari menghirup udara segar. Sampai akhirnya membuat pikiran wisatawan lebih rileks serta membuat tubuh  lebih berkeringat.

4. Mengunjungi Sentra Pembuatan Batik

Setelah wisatawan sudah puas mengelilingi desa Malangan memakai sepeda. Jangan lupa mengunjungi sentra pembuatan batik khas Yogyakarta. Sebab, lokasi tersebut menjadi lokasi Favorit bagi anak-anak. Karena, wisatawan akan dibuat takjub dengan batik yang dibuat oleh warga desa Malangan. Hal itu disebabkan oleh motif batik yang beragam. 

5. Berkunjung ke Tempat Usaha Pengrajin Bambu



Tempat terakhir, yang bisa dikunjungi oleh pengunjung desa Malangan  adalah tempat usaha pengrajin bambu. Pasalnya di tempat tersebut, merupakan tempat membuat kerajinan berbahan dasar bambu dengan kualitas tinggi. Alhasil, barang kerajinan bambu yang dibuat penduduk desa Malangan telah melakukan ekspor  kerajinan bambu ke berbagai negara.

Alamat Lengkap Desa Wisata Malangan Kabupaten Sleman

Apabila masyarakat tertarik berkunjung ke Desa wisata Malangan Sleman bisa datang ke alamat Desa Malangan Sumber Agung Kecamatan Moyudan. Lokasi persisnya sekitar 17 Kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Itulah pembahasan lengkap mengenai desa wisata malangan. Informasi tersebut, tentu saja sangat berguna bagi Wisatawan yang ingin menenangkan pikiran. Supaya terhindar dari kejenuhan akibat tinggal di kota.

Kabar Menarik! Kamu memiliki jasa atau produk Trip and Travel dan ingin melakukan promosi tapi bingung harus promosi di mana? Yuk, promosikan bisnis atau tempat wisatamu melalui The Faisol Times. Bisnis kamu bisa dilihat hingga ribuan pengunjung situs ini lho.. Hubungi sekarang : 082334052484