Mengajukan Pinjaman BPR? Simak 4 Kelebihannya -->

Kategori Berita

.

Mengajukan Pinjaman BPR? Simak 4 Kelebihannya

Faisol abrori
Kamis, 05 Mei 2022


pinjaman bpr


Siapa yang tidak kenal Bank Perkreditan Rakyat, satu di antara bank yang menyajikan pinjaman untuk rakyat yang membutuhkan. Pinjaman Bank Perkreditan Rakyat memiliki beberapa kelebihan. Setiap kelebihan yang dimiliki bisa menjadi pertimbangan calon debitur untuk mengajukan pinjaman.  Apa saja kelebihannya? Mari cari tahu!

Apa Itu Bank Perkreditan Rakyat?

Mari berkenalan terlebih dahulu dengan Bank Perkreditan Rakyat yang selanjutnya disingkat menjadi BPR. Lembaga keuangan yang satu ini hadir guna memberikan solusi untuk pada pemilik usaha mikro hingga menengah yang membutuhkan modal.

Baca : 

Mengacu pada target tersebut, BPR umumnya akan disebarkan di daerah yang mayoritasnya masyarakat kecil berbisnis UMKM.  Sistem perbankan yang ditetapkan mengacu pada UU Perbankan, tepatnya No. 7 Tahun 1992. Kehadirannya menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan modal suatu usaha.

Jadi, untuk para pengusaha UMKM yang membutuhkan modal, BPR sangat tepat untuk dicoba. Pinjaman Bank Perkreditan Rakyat bisa diajukan dengan memenuhi persyaratan yang berlaku serta melakukan setiap tahapan terkait.

Kelebihan Pinjaman Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Untuk para calon debitur yang masih bingung mengajukan pinjaman, beberapa kelebihan di bawah ini bisa menjadi pertimbangan. Pinjaman Bank Perkreditan Rakyat menyajikan beberapa kelebihan yang bisa dirasakan para debiturnya. Adapun kelebihannya yaitu:

1. Jaminan yang Tidak Sulit

Memiliki jaminan yang cukup ringan. BPR menjadi salah satu bank yang menetapkan agunan sebagai salah satu syarat mengajukan pinjaman. Namun, jangan khawatir, agunan yang ditetapkan tidak perlu memiliki likuiditas tinggi.

Fokus utama dari BPR adalah prospek bisnis yang dilakukan debitur. Ketika prospek bisnisnya cukup menggiurkan, kemungkinan pinjaman pun akan disetujui. Selanjutnya, dana pun bisa didapatkan secara mudah.

2. Memprioritaskan Kepercayaan

Selanjutnya, BPR merupakan jenis bank yang berkredibilitas. Alih-alih meraup profit yang banyak, BPR mengutamakan kepercayaan dari pihak debitur. Maka dari itu, unsur kepercayaan yang dibangun menjadi poin penting dan yang paling utama diperhatikan pihak BPR.

Dengan prioritas yang satu ini, calon debitur yang bereputasi baik tentu akan lebih mudah melakukan pinjaman. Reputasi yang dimaksud yakni tidak ditemukan catatan kredit yang belum diselesaikan. Kelancaran dalam melunasi kredit akan menjadi pertimbangan yang sangat tepat.

3. Menerapkan Sistem Pemasaran yang Maksimal

Adapun kelebihan lainnya yaitu sistem pemasaran yang maksimal. Seperti yang diketahui fokus utama BPR adalah membantu pemilik UMKM yang membutuhkan modal. Sistem pemasaran yang diterapkan adalah menjemput bola. Jadi, para calon debitur pun akan lebih mudah menjangkaunya.

Penerapan cara yang satu ini menjadi salah satu keuntungan untuk calon debitur. Setiap transaksi bisa dilakukan dengan lebih hemat. Para debitur akan meminimalkan transportasi serta jarak untuk bertransaksi. BPR populer dengan sebutan penyelamat rakyat kecil.

4. Proses Pencairan yang Mudah dan Cepat

Selain itu, para debitur bisa merasakan pencairan dana yang mudah dan cepat. Inilah salah satu keunggulan lainnya yang dimiliki BPR. Dana akan dicairkan sekitar 2 -3 hari kerja. Prosesnya cukup cepat, tapi hal ini ditunjang dengan pemenuhan syarat secara lengkap.

Selain itu, pastikan data yang disertakan benar dan jujur. Jika dikemudian hari ditemukan kepalsuan pada data terkait, akan ditindak sesuai hukum dan aturan yang berlaku. Maka dari itu, sajikan data yang sebenar-benarnya.

Demikianlah beberapa kelebihan yang bisa dirasakan dengan mengajukan pinjaman Bank Perkreditan Rakyat. Pastikan setiap syaratnya terpenuhi dan tahap-tahapannya dilakukan secara benar. Pinjaman pun akan berhasil dilakukan dengan mudah dan lancar.

Baca selanjutnya: