Menikmati Desa Wisata Boro, Wisata Hits Kulon Progo -->

Kategori Berita

.

Menikmati Desa Wisata Boro, Wisata Hits Kulon Progo

Faisol abrori
Senin, 09 Mei 2022

desa wisata boro


Kulon Progo memiliki desa wisata yang selain dapat menjadi rekomendasi tempat rekreasi dan liburan, tetapi juga dapat menjadi objek wisata sumber pengetahuan. Desa wisata tersebut bernama Desa Wisata Boro atau DolaNdeso Boro, yang sudah termasuk ke dalam wisata wajib dikunjungi yang direkomendasikan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo.

Wisatawan yang ingin mencari rekomendasi tempat liburan di Jawa Tengah dengan suasana asri dan tenang, sebaiknya datang ke desa wisata ini. Informasi-informasi mengenai lokasi, tiket masuk dan fasilitas desa wisata ini juga perlu diketahui oleh masyarakat.

Baca lainnya :


Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Desa Boro

Objek Desa Wisata Boro berlokasi di wilayah Kalibawang, Kulon Progo. Tepatnya, wisata ini terletak di desa Banjarsari, yang mana menjadi objek wisata populer dan ramai untuk dikunjungi. Wisatawan yang ingin mencoba pengalaman dan suasana liburan yang berbeda, maka objek wisata ini menjadi pilihan tepat. Terletak di dataran tinggi membuat desa wisata ini sangat sejuk dan asri untuk dikunjungi.

Untuk lokasi, jarak desa wisata ini adalah 25 km dari pusat kota dan berjarak 20 km dari wisata Candi Borobudur. Wisatawan dapat mengakses rute wisata dengan mobil ataupun motor dan pastikan wisatawan memeriksa kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Hal tersebut karena medan menuju lokasi yang menanjak dan berliku-liku.

Pengunjung yang ingin masuk ke Deso Boro dikenakan gratis biaya masuk. Namun, untuk menikmati berbagai fasilitas aktivitas outdoor dan menginap, wisatawan dikenakan biaya sebagai berikut:

     Paket outbound untuk anak-anak: Rp 75.000/orang.

     Paket untuk rombongan yang menginap: Rp 75.000/orang.

     Paket outbound untuk dewasa: Bertanya pada pihak pengelola.

     Paket menginap di rumah penduduk: Rp 115.000/orang.

     Paket outbound dan permainan paintball: Rp 195.000/orang.

     Paket bersepeda (village cycling): Rp 185.000/orang.

     Paket outbound dan arum jeram: Rp 265.0000/orang.

Jam Buka Wisata Dolan Deso Boro

Desa Wisata Boro dibuka setiap hari, dan wisatawan dapat berkunjung mulai pukul 9.00 hingga sore hari, yaitu pukul 16.00 WIB, yang mana wisatawan mendatangi kantor desa terlebih dahulu. Pada hari libur atau cuti nasional, wisata Desa Boro ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan asal Yogyakarta maupun luar kota. Bagi wisatawan yang tidak suka dengan keramaian, wisatawan dapat mengunjungi Deso Boro pada hari biasa atau pada hari kerja.

Suasana sejuk pada pagi hari dapat dinikmati oleh wisatawan sekaligus bercengkrama dengan penduduk desa. Selain itu, wisatawan juga dapat bermalam di rumah warga dan berbaur dengan budaya sekitar. Pengalaman berwisata di Deso Boro akan menjadi pengalaman berlibur yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas Seru Wisata Boro

Berbagai macam fasilitas seru yang menjadi daya tarik Desa Wisata Boro dapat dinikmati oleh wisatawan. Fasilitas tersebut dapat memberikan pelayanan terbaik dan nyaman bagi para wisatawannya. Terdapat 3 fasilitas terbaik wisata Deso Boro yang dapat dinikmati sebagai berikut:

1. Penginapan Sederhana dan Warung Makan

Fasilitas pertama yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah penginapan dan warung makan sederhana. Penginapan yang terdapat di desa wisata berada di rumah penduduk desa Boro sendiri. Selain itu, makanan yang tersedia juga merupakan makanan khas pedesaan yang lezat dan patut untuk dicoba.

2. Wahana Bermain Air

Berbagai wahana bermain air dan outbound menjadi fasilitas unggulan dari wisata Desa Boro. Wisatawan dapat menikmati permainan air seperti arum jeram dan outbound yang dapat melatih aktivitas motorik orang dewasa dan anak-anak. Aktivitas air dan outbound ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk penghilang stres dan cara terbaik untuk dihabiskan dengan keluarga atau teman kantor.

3. Area Parkir Luas

Fasilitas terbaik wisata Desa Boro adalah area parkir yang luas, sehingga wisatawan yang membawa mobil ataupun datang menggunakan bus tidak perlu khawatir. Selain itu, keamanan fasilitas parkir sangat terjamin karena terdapat sekuriti yang menjaga selama jam buka wisata Desa Boro.

Begitulah informasi mengenai Desa Wisata Boro yang berlokasi di Kulon Progo. Bagi wisatawan yang sedang mencari rekomendasi untuk menghabiskan hari libur dengan cara yang unik dan banyak pengalaman khas pedesaan. Selain suasana yang asri dan bebas dari riuh perkotaan, wisata Desa Boro juga dapat menjadi tempat untuk melakukan aktivitas outdoor yang mengasikkan.