Menikmati Keindahan Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi Asal Yogyakarta -->

Kategori Berita

.

Menikmati Keindahan Pantai Pok Tunggal, Surga Tersembunyi Asal Yogyakarta

Faisol abrori
Jumat, 06 Mei 2022

pantai pok tunggal


Di saat masa-masanya musim panas, berenang merupakan aktivitas yang menyegarkan dan menyenangkan. Meskipun berenang dapat dilakukan di berbagai macam spot, namun tidak ada yang dapat menandingi berenang di pantai yang asri. Bagi pembaca yang mencintai pemandangan pantai, harus mengunjungi Pantai Pok Tunggal yang berada di Yogyakarta.

Dijuluki sebagai the hidden paradise, pantai asal Yogyakarta ini memang berada di lokasi yang cukup tersembunyi. Secara geografis, pantai ini dibalik karang batu gamping yang tinggi, biasa disebut sebagai perbukitan karst. Meskipun tersembunyi, namun pantai berpasir putih ini merupakan tempat favorit bagi warga sekitar maupun pengunjung.

Baca selanjutnya:


Sekilas Informasi Tentang Wisata Pok Tunggal

Dibuka sebagai tempat wisata sejak 2012, Pantai Pok Tunggal merupakan pantai pesisir yang dikelilingi oleh perbukitan karst. Pantai ini dikelola oleh warga sekitar yang melakukan pemolesan dan pembersihan, hingga akhirnya pantai ini mulai dilirik dan diminati.

Ternyata, nama pantai tersebut berasal dari sebuah pohon duras yang berdiri kokoh di area pantai ini. Sebagai satu-satunya pohon langka yang masih berada di pantai, pohon duras itu menjadi ikon sekaligus nama bagi pantai tersembunyi ini. 

Lokasi & Harga Tiket Masuk Yang Diberlakukan


harga tiket pantai pok tunggal


Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Pok Tunggal, harus mengunjungi kabupaten Gunung Kidul di Yogyakarta. Dari situ, pengunjung akan menemukan Desa Tepus, sebuah desa di Kecamatan Tepus yang merupakan daerah lokasi pantai. Jarak dari kota Yogyakarta ke desa ini berkisar 80 kilometer, dan perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Untuk memasuki pantai tersebut, pengunjung akan dikenakan harga tiket sebesar Rp10.000. Selain harga tiket, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir tergantung dari kendaraan. Misalnya, motor dikenakan biaya sebesar Rp3.000, mobil dikenakan biaya Rp5.000, dan minibus sekitar Rp10.000.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Kawasan Pantai

Tidak hanya sekedar berenang, ada berbagai macam aktivitas yang ditawarkan dari surga tersembunyi ini. Di sekitar pantai juga ada berbagai macam kuliner lokal yang dapat mengisi perut kosong. Berikut macam-macam aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini: 

1. Mengunjungi Aliran Sungai Bawah Tanah

Meskipun pantai merupakan poin utama dari kawasan ini, ternyata pantai ini juga memiliki aliran sungai di bawah tanah. Karena jarang ditemui adanya sungai bawah tanah dekat pantai, sungai ini menjadi nilai jual dari pantai tersebut. Aliran sungai bawah tanah ini juga merupakan sumber air yang menghidupi para warga sekitar.

2. Mencoba Rock Climbing

Bagi pecinta olahraga ekstrim, keberadaan perbukitan karst di kawasan pantai ini dapat dijadikan sebagai arena rock climbing. Perbukitan karst yang menjulang tinggi dan berhimpitan satu sama lain, merupakan tantangan yang cocok untuk rock climbing. Perbukitan ini lah yang membuat daerah pantai ini berbeda dengan pantai yang lain di Gunung Kidul.

3. Mencoba Snorkeling Dan Diving

Pada perairan pantai, ada bermacam-macam karang dan biota laut yang dapat menjadi pusat snorkeling dan diving. Gelombang pantai yang rendah, serta air laut yang jernih, sangat memungkinkan pengunjung untuk menyelam ke dalam. Namun, untuk melakukan snorkeling dan diving, pengunjung harus membawa peralatan sendiri.

4. Berfoto Di Spot Yang Menarik


spot foto pantai pok tunggal


Ada beberapa spot yang cocok dijadikan sebagai tempat foto-foto bagi para pengunjung. Salah satunya ialah pohon duras tua yang merupakan pohon langka satu-satunya di pantai. Namun, pengunjung harus berhati-hati ketika melakukan pemotretan agar tidak ditegur oleh warga. Sebab, pohon duras ini sangat dilindungi agar tidak mati atau dirusak oleh pengunjung.

5. Menikmati Pemandangan Dengan Camping

Untuk menikmati pemandangan pantai di malam hari, pengunjung dapat mendirikan camping dengan teman atau keluarga. Meskipun pantai menyewakan tenda camping, pengunjung diperbolehkan membawa peralatan camping pribadi.

Demikian informasi dan hal-hal menarik mengenai Pantai Pok Tunggal asal Yogyakarta. Dengan keindahan alam yang ditawarkan, wajar saja jika pantai ini mendapat julukan the hidden paradise. Pantai ini sangat direkomendasi sebagai wisata yang wajib didatangi jika berada di Yogyakarta.