Apa Itu Modal Venture? Berikut Pengertian Modal Ventura dan Contohnya! -->

Kategori Berita

.

Apa Itu Modal Venture? Berikut Pengertian Modal Ventura dan Contohnya!

Faisol abrori
Selasa, 31 Mei 2022


Apakah sebelumnya anda sudah pernah mendengar mengenai modal ventura? Untuk anda yang akan terjun dalam dunia startup, istilah ini pastinya akan sering anda  dengar kedepannya. Lalu, apa sebenarnya modal ventura itu? Cari tahu pada pembahasan berikut ini!


Apa Itu Modal Ventura?


Modal ventura adalah jenis pembiayaan atau yang lebih sering dikenal dengan nama investasi yang dilakukan oleh para investor kepada beberapa perusahaan startup terpilih yang sesuai dengan kriteria mereka.


Bentuk investasi yang diberikan adalah pembiayaan dan penyertaan modal kedalam perusahaan swasta yang kemudian dijadikan sebagai rekan atau pasangan usaha didalam jangka waktu yang sudah disepakati bersama sebelumnya.


Modal yang diberikan biasanya berbentuk uang tunai kemudian ditukarkan kedalam sejumlah saham dan bisa juga ditukarkan kembali ke perusahaan pasangan usaha tersebut. Jadi, bisa dikatakan bahwa modal ventura ini merupakan alat pembiayaan bagi suatu perusahaan dan sarana investasi bagi investor dalam bentuk saham untuk jangka waktu yang telah ditentukan.


Ini merupakan cara lain bagi suatu perusahaan untuk menerima uang dalam jangka pendek dan bagi investor untuk menumbuhkan kekayaan dalam jangka panjang. Namun, investasi seperti ini resikonya bisa dikatakan cukup tinggi dengan nilai keuntungan yang bisa didapatkan jauh melebihi ekspektasi.


Biaya modal ventura ini berasal dari investor yang sudah mapan dan institusi yang mengumpulkan dana untuk tujuan investasi. Perusahaan yang akan menerima pendanaan biasanya adalah startup atau rintisan.


Jenis-jenis Modal Ventura


Setelah mengetahui makna dari modal ventura, anda juga harus memahami apa saja bentuk-bentuk dari modal ventura yang biasanya diberikan oleh perusahaan venture capital. Jenis modal ventura ini biasanya dibedakan berdasarkan cara memberikan bantuan, kepemilikan, dan cara pengumpulan dana. Berikut jenis modal ventura berdasarkan cara memberikan bantuan:


1. Single Tier Approach


Jenis modal ventura ini biasanya perusahaan akan mengumpulkan dana dan mengelolanya agar bisa diinvestasikan ke perusahaan pasang usaha dalam bentuk modal.


Perusahaan modal ventura dalam hal ini akan menempatkan dua fungsi sekaligus yakni sebagai pemberi modal bantuan pembiayaaan dan sebagai pemberi bantuan manajemen atau pengelolaan dana.


Pihak-pihak utama yang berkaitan dalam kegiatan modal ventura ini hanya terdiri dari 1 perusahaan modal ventura dan 1 perusahaan yang diberikan dana investasi.


2. Two Tier Approach


Jenis modal ventura ini biasanya terdiri dari dua perusahaan yang akan mengumpulkan dana dengan dua fungsi masing-masing. Satu sebagai penyedia modal dan satu lagi sebagai pengelola modal.


Jenis modal ventura berdasarkan cara pengumpulan dana:


1. Leverage Venture Capital


Jenis modal ventura ini biasanya berasal dari perusahaan penyedia modal yang dikumpulkan dalam bentuk pinjaman dari macam-macam bank.


2. Equity venture capital


Jenis modal ventura ini berasal dari perusahaan penyedia modal dan hal ini sebagian besar berasal dari modal sendiri.


Jenis modal ventura berdasarkan kepemilikan:


1. Private venture capital company


Jenis modal ventura ini biasanya berasal dari perusahaan yang belum go public dan belum menjual saham di bursa efek


2. Public venture Capital company


Jenis modal ini diberikan oleh perusahaan yang sudah goo public serta menjual saham di bursa efek


3. Bank affiliate venture capital company


Modal ventura ini diberikan oleh perusahaan yang didirikan oleh beberapa bank yang bertujuan khusus untuk modal ventura.


4. Conglomerate venture capital


Modal ventura ini diberikan kepada perusahaan yang berdiri dari beberapa perusahaan lainnya.


Apa Dasar Hukum Modal Ventura di Indonesia?


modal ventura dianggap legal karena memiliki dasar hukum yang jelas seperti KEPPRES No.61 Tahun 1998 yang menjelaskan tentang lembaga pembiayaan ventura tersebut. Hal mendukung lainnya adalah keputusan dari kementrian keuangan KEPKEMENKAU yang tercantum dalam No.125/KMK.013/1998 tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan lembaga pembiayaan ini.


Contoh Perusahaan Modal Ventura Terbaik di Indonesia


1. Alpha JWC Ventures



Perusahaan venture capital terkemuka di Asia Tenggara dan Indonesia yang paling terkenal adalah Alpha JWC Ventures. Perusahaan ini memang fookus di Indonesia dan sudah didirikan sejak tahun 2015 oleh Founding partners seperti Jefrey Joe, Chandra Tjan, dan Will Ongkoijaya sebagai venture capital independen dan institusional pertama di Indonesia.


Perusahaan venture capital Aplha JWC Ventures ini terus melakukan investasi pada perusahaan startup terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara seperti Kredivo, Bobobox, Style Theory, dan Kopi Kenangan.


2. Global Founders Capital



Perusahaan venture capital ini merupakan perusahaan venture capital stage-agnostic yanag  berorientasi global. Perusahaan ini sepertinya mendukung perusahaan di semua tahapan dalam sepanjang siklus perusahaan yang mereka danai.


Perusahaan venture capital ini didirikan sejak tahun 2013 oleh Oliver Samwer dan telah melakukan investasi di 403 perusahaan dengan 35 exits. Beberapa perusahaan portfolio mereka seperti Trivago, Lazada, Traveloka, Facebook, Canva, Linkedin.


3. Golden Gate Ventures



Perusahaan venture capital seperti Golden Gate Ventures ini merupakan perusahaan modal di Asia Tenggara yang sudah didirikan sejak tahun 2011. Perusahaan ini telah melakukan investasi di lebih dari 45 perusahaan di lebih dari 7 negara Asia yang berfokus pada internet dan startup seluler di banyak sector.


Beberapa perusahaan portfolio mereka seperti Gojek, MyMusic Taste, Carousell, Carro, dan Founding Societies. Perusahaan venture capital ini menjadi salah satu perusahaan yang mengumumkan investasinya di sejumlah startup dimana tiga diantaranya berasal dari Indonesia seperti Gojek.