5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, dari Radiator Hingga Oli -->

Kategori Berita

.

5 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, dari Radiator Hingga Oli

Faisol abrori
Jumat, 06 Mei 2022
penyebab mesin mobil cepat panas


Bagi sebagian pengendara mobil mungkin pernah mengalami mesin mobil cepat panas, hal seperti itu jika dibiarkan maka bisa menjadi penyebab kerusakan mesin. Untuk memberikan penanganan pada masalah tersebut tentu harus tahu yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu agar bisa mengambil tindakan. Untuk itu, mari simak beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang perlu diwaspadai.

1. Radiator Rusak

Hal pertama yang perlu diwaspadai jika mesin mobil cepat panas adalah dikarenakan oleh radiator yang sudah rusak. Pada dasarnya radiator berfungsi agar mesin mobil memiliki suhu yang stabil dan tidak cepat panas. Jadi ketika radiator rusak, secara otomatis mobil juga tidak memiliki suhu yang stabil dan cepat panas.

Rusaknya radiator tersebut bisa disebabkan oleh selang air yang mengalami kebocoran, apabila sirkulasi pada air radiator tidak lancar juga bisa menjadi penyebab kerusakan radiator. Atau cairan yang digunakan pada radiator tersebut tidak tepat juga bisa menjadi penyebab dari kerusakan radiator tersebut.

2. Oli Yang Berkurang

Jika menggunakan oli dengan kualitas biasa, atau tidak bagus maka bisa menyebabkan oli cepat berkurang. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab dari mobil yang cepat panas sebab selain oli dijadikan sebagai pelumas, oli juga berfungsi sebagai pendingin. Pendinginan ini ketika terjadi gesekan antara mesin makan oli akan mencegah terjadinya overheat.

Dari pemakaian yang sudah lama, oli akan berkurang karena ketika oli bersinggungan langsung dengan pembakaran, maka bisa menyebabkan oli itu menguap. Jika oli sudah berkurang maka gesekan antara mesin akan kuat dan menyebabkan cepat panas. Apabila hal tersebut dibiarkan maka bisa membuat kerusakan pada mobil.

Baca : 

3. Thermostat Rusak

Ketiga mengenai penyebab mesin mobil cepat panas adalah bisa saja disebabkan oleh thermostat yang rusak atau tidak berfungsi. Thermostat ini biasanya berhubungan langsung dengan mesin radiator. Jadi apabila radiator terasa dingin atau bersuhu rendah maka termostat ini akan mengatur agar air tetap berada dalam radiator.

Sedang apabila radiator sudah panas maka termostat ini akan mengalirkan air radiator sebagai pendingin. Jadi jika thermostat ini sampai rusak, maka pasti akan kehilangan fungsinya tersebut untuk mengatur suhu. Jika sudah seperti itu maka alangkah baiknya jika mengganti dengan thermostat yang baru.

4. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Penyebab lain yang bisa saja terjadi adalah kipas pendingin pada mobil tidak berfungsi atau rusak. Sebab kipas pendingin ini memiliki fungsi untuk menyedot atau mengalihkan udara dingin dari luar. Jadi ketika kipas tersebut rusak maka tidak ada lagi udara dingin yang masuk ke dalam mobil.

Kipas yang tidak berfungsi bisa disebabkan pemasangan kipas yang terbalik jadi bukan menyedot udara dingin namun malam menyedot atau mengalirkan udara panas. Kemudian kipas yang pendingin tidak berfungsi juga bisa disebabkan dinamo penggerak kipas tersebut bermasalah. Hal-hal tersebut jugalah yang akan mengakibatkan mesin mobil cepat panas.

5. Pengguna BBM Yang Kurang Tepat

Menghubungkan BBM yang tidak atau kurang tepat juga bisa menjadi penyebab mesin mobil yang cepat panas. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi. Sebab jika menggunakan BBM dengan Oktan yang rendah nantinya bisa mengakibatkan terjadinya knocking pada mobil, oleh sebab itu lebih diperhatikan lagi soal pemakaian BBM.

Penyebab mesin mobil cepat panas sebenarnya ada banyak sekali, dan yang sudah disebutkan tersebut hanya sebagian saja. Pengecekan mobil pada bengkel terpercaya juga sebisanya sering dilakukan agar masalah tersebut cepat teratasi. Atau lebih baiknya lagi, dilakukan pencegahan agar masalah tersebut tidak pernah terjadi.