Persiapan Sebelum Interview Kerja, Siapkan 7 Hal Ini! -->

Kategori Berita

.

Persiapan Sebelum Interview Kerja, Siapkan 7 Hal Ini!

Faisol abrori
Sabtu, 21 Mei 2022

 

Bagi sebagian besar orang, tentu mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang pasti dan harus dilakukan agar bisa melanjutkan kehidupan dan membeli barang-barang yang diinginkan. Namun, mendapatkan pekerjaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Seringkali banyak orang gagal untuk join di suatu company perusahaan, dikarenakan tidak mampu menjawab interview dengan baik. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai persiapan yang harus disiapkan sebelum interview kerja.


7 Hal yang Harus Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Interview Kerja



1. Mempelajari Tentang Job Description dan Posisi yang Hendak Dilamar


Melamar suatu pekerjaan, berarti kita harus mengetahui tentang seluk-beluk posisi yang ingin kita tempati. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari tahu dan belajar lebih jauh tentang posisi tersebut, melalui job description pada setiap lowongan pekerjaan.


Tujuannya, agar nanti ketika interviewer menanyakan kepada Anda tentang posisi tersebut, Anda dapat menjawabnya dengan mudah sesuai dengan apa yang Anda pahami. Hal ini bisa Anda lakukan simulasi dengan kerabat, kolega, atau keluarga, dengan meminta mereka untuk menanyakan hal-hal tentang posisi yang akan Anda lamar, sehingga bisa lebih siap ketika berhadapan langsung dengan interviewer perusahaan.


2. Mengenali Potensi dan Karakter Diri


Mengenali diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan, karena pihak interviewer akan menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan potensi Anda. Yang bisa Anda lakukan saat ini adalah mencari tahu tentang bakat, potensi, serta karakter pribadi yang dapat meyakinkan interviewer bahwa Anda-lah kandidat yang tepat.


Tunjukkanlah apa yang menunjukkan karakter Anda serta potensi apa yang Anda miliki, agar nantinya interviewer menjadi yakin untuk memilih Anda.


3. Berlatih Wawancara Kerja


Agar tampil lebih percaya diri saat berhadapan dengan interviewer, Anda bisa mencoba untuk berlatih wawancara dengan mempersiapkan jawaban-jawaban penting di dalamnya. Tentu hal ini menjadi suatu keharusan, dan dapat dikatakan hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum memulai interview kerja.


Ajaklah kerabat atau saudara untuk memposisikan diri mereka sebagai interviewer, dan diri Anda sebagai pelamar pekerjaan, sehingga dapat lebih mudah melakukan simulasi. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan teknik berbicara di depan kaca, sambil menilai ekspresi serta gestur dalam berbicara, karena hal itu sangat mempengaruhi proses interview kerja nantinya.


4. Mencari Tahu Profil Perusahaan


Tak dapat dipungkiri, menjadi kandidat suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah, namun dapat dipelajari. Salah satunya dengan mengetahui tentang seluk beluk perusahaan apa yang ingin Anda lamar. Pengetahuan akan profil perusahaan menjadi penilaian tersendiri bagi pewawancara untuk menilai layak atau tidaknya suatu kandidat.


yang bsia Anda lakukan adalah dengan membaca mengenai latar belakang perusahaan, visi-misinya, hingga produk-produk atau jasa yang dijual, bahkan hingga berita terkini mengenai perusahaan tersebut, menjadi suatu hal yang harus kalian ketahui dan persiapkan sebelum interview kerja.


5. Menjaga Personal Branding 


 Personal branding di sosial media ternyata tak dapat disepelekan, untuk orang yang mencari pekerjaan, hendaknya menjaga penampilan di sosial media, hendaklah menunjukkan hal baik, dalam artian tidak mengandung hal-hal negatif seperti diskriminatif terhadap golongan tertentu, tidak melakukan cyber bullying, dan hal-hal negatif lainnya.


Hal ini dilakukan, karena biasanya HRD akan memilih kandidat yang dapat menjaga nama baik perusahaan. Oleh karena itu, filter-lah apa yang Anda posting mulai sekarang.


6. Menggunakan Pakaian yang Sesuai


Yang menjadi pertimbangan selanjutnya adalah memilih pakaian yang akan digunakan saat wawancara. Pastikan pakaian yang akan Anda kenakan rapi dan terbaik, serta sesuaikan dengan budaya perusahaan, misal perusahaan start-up, maka kalian bisa menggunakan pakaian semi-formal, sedangkan untuk perusahaan-perusahaan produk dan jasa misalnya, maka gunakanlah pakaian formal.


7. Siapkan Dokumen Lengkap


Hal yang terakhir yakni persiapkan dokumen yang menjadi persyaratan. Untuk saat ini, tersedia opsi pengiriman secara online di beberapa perusahaan, sehingga dapat mempermudah proses pelamaran pekerjaan, namun jika ketentuannya harus mengirimkan secara hardcopy, maka Anda bisa mencetaknya dan melampirkannya saat interview kerja.


Oh iya, selanjutnya mengenai apa saja sih pertanyaan seputar interview kerja dan bagaimana cara menjawabnya, kalian bisa baca di artikel berikut: https://blog.skillacademy.com/pertanyaan-interview-kerja-dan-cara-menjawabnya


Semoga bermanfaat!