5 Aplikasi Penambah Memori dengan Kapasitas Besar -->

Kategori Berita

.

5 Aplikasi Penambah Memori dengan Kapasitas Besar

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Pada saat ini ponsel sudah hadir dengan varian memori yang lebih besar. Namun meski begitu tetap saja tidak cukup bagi sebagian orang. Sering kali memori ponsel menjadi penuh oleh beberapa aplikasi atau file lainnya. Aplikasi penambah memori adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan untuk menambah memori. Menambah memori di sini tentunya adalah dengan menyediakan penyimpanan alternatif. Penyimpanan dapat berupa clouds maupun eksternal kartu SD. Berikut ini beberapa aplikasi penyimpanan yang dapat digunakan untuk menambah memori.

1. Link 2 SD

Untuk aplikasi penambah memori yang pertama terdapat Link 2 SD. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi berbasis Android. Artinya aplikasi ini hanya dapat digunakan di ponsel saja. Link 2 SD pun dapat diunduh melalui Google Play.

Untuk menjalankan aplikasi ini pun pengguna perlu melakukan rooting seperti yang biasa dilakukan pada aplikasi lain. Proses root diperlukan untuk memberikan akses kepada aplikasi ini untuk menyesuaikan beberapa sistem pada ponsel pengguna.

Tentunya itu tidak akan membahayakan ponsel yang digunakan.Cara kerja dari Link 2 SD sendiri adalah dengan menghubungkan penyimpanan internal dari ponsel dengan penyimpanan eksternal berupa SD Card.

Maka dari itu sebelum menggunakan aplikasi ini perlu bagi pengguna untuk memasang kartu SD terlebih dahulu. Aplikasi ini akan membagi penyimpanan ke kedua memori tersebut.

2. Google Drive

Dalam mencari alternatif penyimpanan, Google Drive dapat menjadi solusi terbaik. Google Drive sudah banyak dikenal pula oleh semua orang. Dengan aplikasi penambah memori ini pengguna dapat menyimpan suatu file dalam ukuran yang cukup besar secara online.

Sistem penyimpanan Google Drive sendiri adalah menggunakan clouds. Artinya di sini adalah, aplikasi ini menyimpan file pengguna ke dalam suatu database yang dapat diakses kapanpun. Untuk mengambil file lagi pengguna hanya perlu mengunduhnya kembali.

Google Drive menyediakan beberapa layanan dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda. Untuk versi gratis sendiri, aplikasi ini membatasi pengguna hanya mampu menyimpan sebesar 15 GB saja. Untuk mendapatkan penyimpanan lebih banyak, pengguna harus menggunakan versi berbayar.

3. MediaFire

Aplikasi yang ketiga adalah MediaFire. Aplikasi ini menggunakan sistem penyimpanan secara online atau clouds. Biasanya aplikasi ini digunakan bagi pengguna yang menyediakan link download seperti film. Sebagian dari orang tersebut akan menyimpannya di MediaFire.

MediaFire tersedia dalam versi gratis dan premium. Untuk versi gratis, penyimpanan yang tersedia sebanyak 10GB saja. Sedangkan untuk yang premium atau versi berbayarnya tersedia sebanyak 1TB. Dengan kapasitas sebanyak itu sudah cukup bagi pengguna untuk menyimpan banyak file sekaligus.

4. Mega

Mega ini sendiri merupakan aplikasi penyimpanan yang cukup baru dibandingkan dengan beberapa aplikasi di atas. Aplikasi penambah memori yang satu ini sudah memiliki banyak sekali pengguna untuk saat ini. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki kecepatan unggah dan unduh yang sangat cepat.

Aplikasi Mega sendiri tersedia secara online, mobile, ataupun desktop. Tak jauh beda dengan aplikasi yang berbasis penyimpanan clouds, Mega menyimpan data dalam sebuah database. Databasenya sendiri berada pada komputer server di luar sana.

Mega tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Dalam versi gratis, Mega menyediakan maksimal penyimpanan sebesar 50GB. Sedangkan dalam versi berbayarnya, Mega menyediakan penyimpanan hingga 8TB. Pengguna dapat memilih versi mana saja sesuai kebutuhan masing-masing.

5. One Drive

Aplikasi ini merupakan aplikasi baru buatan Microsoft. One Drive diciptakan Microsoft untuk menyaingi aplikasi penyimpanan clouds yang lain. Aplikasi penambah memori ini biasanya sudah ada di perangkat yang menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word.

Tujuan Microsoft sendiri dalam menciptakan aplikasi ini tentunya adalah mencari pasar baru. Dengan Microsoft sebagai penciptanya, tentu kualitas aplikasi ini bukanlah main-main belaka. Terutama untuk menyimpan file dari aplikasi Microsoft seperti powerpoint dan lainnya, Onedrive memiliki integrasi yang cukup baik di dalamnya.

Tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Onedrive juga menyediakan layanan secara gratis dan berbayar. Untuk layanan gratisnya, Onedrive menyediakan penyimpanan sebesar 5GB. Sedangkan untuk yang berbayar, Onedrive menyediakan penyimpanan sebesar 1TB.

Itulah beberapa aplikasi penambah memori yang dapat diunduh di ponsel maupun komputer. Di masa yang semakin modern ini, aplikasi penyimpanan atau penambah memori pun juga semakin canggih. Dengan artikel ini diharapkan dapat membantu pembaca untuk mengelola penyimpanan lebih baik.