5 Cara Menambah Memori HP Agar Penyimpanan Lebih Longgar -->

Kategori Berita

.

5 Cara Menambah Memori HP Agar Penyimpanan Lebih Longgar

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Saat ini memang hampir secara keseluruhan bisa dilakukan melalui ponsel. Namun akan kesusahan bisa kapasitas penyimpanan di ponsel menipu atau hanya sedikit saja. Oleh sebab itu akan disebutkan bagaimana cara menambah memori hp agar hp memiliki lebih banyak ruang penyimpanan.

Jika pengguna merupakan pengguna ponsel jadul mungkin pernah merasakan kehabisan ruang penyimpanan. Hal tersebut tentu mengharuskan penggunanya untuk menghapus beberapa file atau aplikasi agar penyimpanan lebih longgar. Namun kali ini ada beberapa solusi yang bisa dipraktekkan Pengguna di rumah.

1. Memanfaatkan Bantuan Fitur Adoptable Storage

Jadi cara pertama yang bisa pengguna coba adalah dengan menggunakan atau memanfaatkan fitur Adoptable storage. Fitur tersebut merupakan fitur yang telah dikembangkan boleh pihak google. Tujuan dari terciptanya fitur Adoptable storage adalah untuk membantu menambah memori.

Pengguna fitur tersebut juga dijamin aman sebab fitur dikembangkan oleh perusahaan besar google. Terutama untuk hp yang dikeluarkan oleh google itu sendiri. Namun untuk penggunaan fitur, pastikan bahwa hp sudah memiliki sistem minimal Android 6.0 atau lebih tinggi.

2. Membersihkan Penyimpanan Hp Dari Sampah Tak Terlihat

Cara kedua adalah dengan membersihkan sampah tak terlihat yang ada pada ponsel. Jadi setiap ponsel pasti memiliki beberapa file Sampah tersembunyi bila tidak dibersihkan maka akan memakan banyak ruang. Jadi untuk menambah memori penyimpanan adalah dengan menghapus sampah tersembunyi.

Untuk membersihkan sampah tersembunyi pengguna bisa masuk pada menu pengaturan. Kemudian klik aplikasi terinstall, jika sudah klik salah satu aplikasi, pilih penyimpanan dan klik hapus cache. Lakukan hal tersebut secara berulang pada aplikasi lainnya agar memori lebih longgar.

3. Menggunakan Cloud Storage

Selanjutnya cara menambah memori hp adalah dengan menggunakan Cloud Storage sebagai penyimpan kedua. Jadi pengguna bisa menyimpan file-file jua berkas berupa foto dan video pada Cloud storage. Dengan begitu penyimpanan internal tidak akan terbebani.

Sebab Cloud storage meski merupakan fitur yang disediakan oleh hp namun penyinaran keduanya tidak sama. Cloud storage akan menyinari file-file didalamnya pada server lain. Jadi pengguna bisa mentransfer semua file pada lokasi penyimpanan Cloud storage yang ada pada ponsel.

4. Memakai Aplikasi Google Drive

Setiap hp android pasti sudah dilengkapi dengan penyimpanan tambahan berupa aplikasi google Drive. Untuk sistem yang digunakan juga hampir mirip dengan. Pengguna Cloud storage. Jadi setidaknya dengan menggunakan aplikasi tersebut, penyinaran internal akan lebih longgar.

Pengguna bisa mentransfer semua foto video dan beberapa berkas dengan ukuran besar pada aplikasi Google Drive. Kemudian file asli bisa coba dihapus untuk mengurangi penyimpanan. Dengan penggunaan Google Drive sebagai penyimpanan juga perlu sering membersihkan cache di dalamnya.

5. Menambahkan Memori Eksternal Atau Menggunakan Flashdisk

Terakhir adalah dengan menambahkan memori eksternal. Jadi pengguna bisa membeli memori eksternal atau kartu SD dengan kapasitas besar agar ponsel memiliki ruang penyimpanan tambahan. Pengguna juga bisa mentransfer semua file ke dalam memori eksternal.

Kemudian pengguna juga bisa memanfaatkan flashdisk sebagai penyimpan tambahan pada ponsel. Namun jika ingin menggunakan flashdisk sebagai penyimpan tambahan maka harus menggunakan OTG. OTG tersebut sebagai penghubung antara ponsel dan juga flashdisk karena tidak semua ponsel memiliki lubang khusus untuk flashdisk.

Demikian adalah lima cara menambah memori hp yang bisa coba pengguna praktikkan. Kesimpulan yang bisa diambil dari beberapa cara di atas adalah harus menggunakan penyimpanan tambahan lainnya. Dengan begitu pengguna bisa mencoba salah satu cara yang sudah uraikan berikut tadi.