5 Cara Mengatasi Kamera Gagal di Google Meet -->

Kategori Berita

.

5 Cara Mengatasi Kamera Gagal di Google Meet

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Google memang terus menerus memberikan inovasi baru. Bahkan selain ada google chat, kini google juga telah merilis google meet untuk komunikasi video. Untuk itu akan dibahas mengenai cara mengatasi kamera gagal di google meet yang bisa pengguna coba.

Pembahasan kali ini adalah untuk menjawab pertanyaan pengguna bila terjadi kegagalan dalam mengakses kamera. Gagalnya mengakses kamera juga bisa diakibatkan karena adanya sebab tertentu. Oleh sebab Itu berikut simak penjelasannya: 

Sekilas Tentang Google Meet

Google Meet sendiri adalah perangkat lunak atau aplikasi yang memberikan layanan komunikasi video pada penggunanya. Aplikasi tersebut adalah perangkat lunak yang dirilis dan dibesarkan oleh perusahaan besar yakni Google. Oleh sebab itu nama depan yang digunakan juga google.

Aplikasi google meet dan google chat dikabarkan bahwa kedua akan mengganti google hangouts. Sebab google meet sendiri sebelumnya pernah dikenal dengan hangouts meet. Google Meet tersebut juga akan adalah dalam versi android, IOS dan juga web.

Cara Mengatasi Kamera Gagal Pada Google Meet

Mungkin bagi sebagian pengguna yang masih baru menggunakan aplikasi tersebut akan sedikit mengalami kendala. Kendala tersebut misalnya seperti tidak bisa membuka kamera atau semacamnya untuk melakukan video. Oleh sebab itu perlu ada tindakan yang harus dilakukan.

1. Beri Akses Kamera Pada Google Meet

Pada urutan pertama sebagai cara mengatasi kamera gagal di google meet adalah dengan memberikan akses kamera pada aplikasi Google Meet. Jadi berikan izin keduanya agar aplikasi bisa berjalan secara optimal. Namun bila izin tersebut tidak sengaja terblokir maka ikutilah langkah berikut.

     Pengguna hanya perlu membuka google chrome atau browser.

     Kemudian pada bagian kanan atas pengguna bisa coba klik titik tiga, berikutnya klik menu setting.

     Selanjutnya pengguna bisa tap menu privacy and security lalu klik site setting.

     Pada halaman tersebut maka pengguna bisa melihat tulisan meet.google.com jika iya, maka pengguna bisa klik di atasnya.

     Buka menu izin dan allow camera and microphone permission to google meet dan selesai, google meet sudah mendapatkan izin mengakses kamera.

2. Aktifkan Kamera

Berikutnya agar kamera bisa berfungsi adalah dengan mengaktifkan kamera. Jadi meski sudah mengizinkan google meet untuk mengakses namun diperlukan juga untuk mengaktifkan. Jadi sebelum memulai panggilan video, pengguna haru klik ikon kamera untuk mengaktifkan.

3. Tutup Aplikasi Yang Sudah Menggunakan Kamera Di Latar Belakang

Jadi bila terdapat aplikasi seperti Skype dan Microsoft teams yang sudah menggunakan kamera pada latar belakang. Mak hal tersebut bisa membuat kamera di google meet tidak bisa berfungsi. Jadi pastikan bahwa tidak ada aplikasi yang menggunakan kamera di latar belakang.

4. Ubah Kamera Default Di Google Meet

Cara berikutnya adalah dengan mengubah kamera yang awalnya default di google meet. Untuk hal ini pengguna bisa buka aplikasi google meet kemudian buka setelan. Jika sudah klik menu video kemudian pengguna bisa pilih kamera yang atau akan digunakan.

5. Mulai Ulang Browser

Masih ada satu cara lagi yang akan disebutkan yakni dengan memulai ulang browser batu merestart browser. Tindakan tersebut bisa memperbaiki kamera yang tidak dapat berfungsi. Bila sudah maka pengguna bisa kembali menyalakan kamera untuk melakukan panggilan video.

Demikian adalah pembahasan mengenai hal yang berkaitan dengan google meet. Juga sudah disebutkan beberapa cara mengatasi kamera gagal di google meet yang bisa pengguna coba. Atau selain cara yang sudah disebutkan, pengguna bisa coba memperbarui driver video ke dalam versi terbaru.