5 Cara Mudah Upload File Excel ke Google Spreadsheet -->

Kategori Berita

.

5 Cara Mudah Upload File Excel ke Google Spreadsheet

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Semenjak Google Spreadsheets diluncurkan pada tahun 2006, banyak pengguna yang merasa terbantu dengan kehadirannya karena dapat membagikan file sheets secara online. Salah satu file sheets yang bisa dibagikan adalah Excel, untuk cara upload file Excel ke Google Spreadsheets akan dijelaskan.

Pasalnya banyak pengguna yang belum tahu cara mengupload file Excel ke Google Spreadsheets. Padahal caranya sendiri sangat mudah dan sederhana, memang terdiri dari beberapa cara. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara menguploadnya.

1.  Melalui PC

Mungkin belum banyak yang tahu jika mengupload file Excel ke Google Spreadsheets bisa dilakukan melalui PC. Bagi yang memiliki PC, laptop atau komputer bisa dimanfaatkan untuk upload file Excel ke Google Spreadsheets. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pekerjaan.

Cara mengupload file Excel ke Google Spreadsheets sangat mudah, bahkan jika dilakukan secara sendiri. Namun meskipun mudah ternyata masih ada yang belum tahu, untuk itulah berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai petunjuk menguploadnya.

     Buka Google Spreadsheets pada browser.

     Klik ikon + untuk membuka spreadsheet baru.

     Klik menu File.

     Pilih Impor.

     Pilih Upload di jendela pop-up Window yang muncul.

     Drag file Excel yang hendak di upload ke kotak.

     Gunakan menu Browse File Excel.

     Klik Mengimpor Data.

     File akan secara otomatis diimpor ke Google Spreadsheets.

2.  Lewat Smartphone

Mengupload file Excel ke Google Spreadsheets juga bisa dilakukan lewat smartphone. Jadi bagi para pengguna smartphone tidak perlu khawatir. File Excel bisa di upload ke Google Spreadsheets dengan menggunakan smartphone saja.

Untuk menguploadnya ternyata tidak kalah indahnya dengan mengupload lewat PC. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa tahapan dalam petunjuk berikut ini, bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak petunjuk berikut.

     Unduh aplikasi Google Spreadsheets di Play Store.

     Login dengan akun Gmail.

     Klik ikon file yang terletak di atas sebelah ikon profil.

     Muncul pilihan open from Google Drive atau Device Storage.

     Pilih file Excel yang hendak di upload ke Spreadsheets.

     Klik Open.

     File akan secara otomatis berpindah dari Excel ke Google Spreadsheets.

3.  Pakai Sistem Blok

Ada cara lain yang bisa digunakan oleh para pengguna, cara satu ini bisa dilakukan melalui PC maupun smartphone. Caranya sangat mudah dan tidak ribet, sehingga siapapun bisa melakukannya secara manual. Dengan memakai sistem blok lebih mudah untuk dilakukan.

Bahkan jika memakai cara ini tidak memerlukan banyak tahapan, hanya terdiri dari beberapa tahapan saja. Bagi yang sudah tidak sabar dengan cara mengupload file Excel ke Google Spreadsheet dengan pakai sistem blok, begini petunjuknya.

     Blok semua cell yang hendak dipindahkan.

     Copy semua cell yang telah di block tersebut.

     Paste di Google Spreadsheets yang baru.

     Semua file Excel akan dipindahkan ke Google Spreadsheets.

4.  Manfaatkan Opsi Import

Selain memakai sistem blok, cara upload file Excel ke Google Spreadsheets ternyata juga bisa memanfaatkan opsi import. Memanfaatkan opsi import dalam cara mengupload file Excel ke Google Spreadsheets ternyata cukup sederhana dan simpel.

Cara mengupload file Excel ke Google Spreadsheets dengan memanfaatkan opsi import hanya terdiri dari sejumlah tahapan saja. Dengan memanfaatkan opsi import, pengguna bisa memindahkan file Excel ke Google Spreadsheets, berikut ini petunjuknya.

     Buka Google Spreadsheets.

     Klik menu File.

     Pilih import.

     Alihkan ke tab Upload.

     Pilih file Excel yang hendak diunggah.

     Pilih Google Sheets baru.

     File Excel akan secara otomatis dipindahkan ke Google Spreadsheets.

5.  Gunakan opsi Upload

Terakhir untuk mengupload file Excel ke Google Spreadsheets, pengguna bisa menggunakan opsi upload. Cara ini cukup simpel dan tidak banyak tahapan, berikut ini adalah petunjuk melakukan proses upload file Excel ke Google Spreadsheets.

     Buka Google Spreadsheets.

     Klik tombol + untuk membuka sheets baru.

     Tekan tombol File.

     Selanjutnya tekan menu Import.

     Tekan opsi Upload.

     Pilih selects a file from your device.

     Ambil file Excel.

     Tekan tombol Open.

     Tekan tombol Import Data.

     File Excel sudah dipindahkan ke Google Spreadsheets.

Itulah sejumlah petunjuk tentang cara upload file Excel ke Google Spreadsheets. Cara yang telah disebutkan ialah cara mudah, simpel dan sederhana, sehingga bisa dikerjakan oleh siapa saja secara manual.