Apa Itu Micellar Water dan Manfaatnya untuk Wajah -->

Kategori Berita

.

Apa Itu Micellar Water dan Manfaatnya untuk Wajah

Faisol abrori
Kamis, 02 Juni 2022


Apa itu Micellar Water dan Manfaatnya untuk wajah

Micellar water merupakan produk pembersih wajah yang kandungannya terdiri dari 90% air. Melalui produk ini wajah dapat dibersihkan lebih cepat karena diformulasikan dengan molekul micellar yang mampu menangkap kotoran. Micellar water sendiri merupakan campuran micelles yang tersimpan di dalam air yang lembut.


Baca:


Micelles atau molekul minyak pembersih berbentuk butiran mikro yang dapat mengikat kotoran yang menempel pada wajah. Ukurannya yang kecil membuat wajah tidak terasa lengket saat atau sesudah menggunakannya. Dengan begitu tak perlu membilasnya lagi dengan air atau facial foam.


Para ahli berpendapat bahwa micellar water memiliki efek samping paling kecil. Micellar water mengandalkan bahan-bahan alami sehingga lebih ramah pada kulit dan tidak menyebabkan penipisan kulit. Setelah menggunakannya, wajah tidak akan terasa kering dan kaku sehingga aman terutama kulit sensitif.


Manfaat Micellar Water Pada Wajah


Micellar water kini menjadi produk serbaguna yang menjadi favorit para ahli kecantikan kulit. Kandungan bebas alkohol pada micellar water membuatnya aman saat digunakan dan meningkatkan hidrasi kulit. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat micellar water di bawah ini.


1. Praktis Dan Nyaman


Micellar water dapat digunakan dengan praktis, mudah, dan nyaman. Aktivitas membersihkan wajah atau rutinitas perawatan kulit lainnya dapat dilakukan di mana saja bahkan saat bepergian sekalipun.


Karena berfungsi sebagai pembersih dan penghapus riasan, micellar water dapat menggantikan beberapa produk lain dalam perawatan kulit. Micellar water sangat berguna dalam situasi apapun seperti halnya saat kesulitan dalam mengakses air untuk membersihkan wajah.


2. Menjaga Kulit Tetap Bersih


Dengan menggunakan micellar water, kulit akan terjaga kebersihannya dari pori-pori yang tersumbat ataupun noda membandel. Dengan begitu, kulit akan tetap bersih dan terhindar dari penyumbatan pori-pori kulit pada wajah dan jerawat.


Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pembersih wajah yang ringan dapat mengatasi jerawat dan mengurangi komedo. Hanya dengan menggunakan kapas untuk mengaplikasikannya dan tidak perlu brush atau waslap yang justru dapat menyebarkan kuman dan bakteri.


3. Cocok Untuk Semua Jenis Kulit


Micellar water yang serbaguna sangat cocok untuk hampir semua jenis kulit, seperti kulit kering, berminyak, berjerawat, ataupun normal. Kandungan yang berada di dalamnya begitu aman dan nyaman bagi kulit wajah.


Sebut saja senyawa gliserin yang terbukti dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit wajah. Micellar water sangat bermanfaat bagi kulit yang sensitif atau kondisi seperti rosacea. Micellar water bebas dari bahan-bahan yang dapat mengakibatkan iritasi kulit seperti sabun atau alkohol.


4. Menghilangkan Kotoran Dan Minyak


Biasa digunakan sebagai pembersih wajah, micellar water terbaik untuk wajah dapat membantu menghilangkan make up, kotoran, ataupun minyak yang menempel pada kulit wajah. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya bertugas membersihkan berbagai sebum yang terjebak pada pori-pori kulit.


Senyawa pada micellar water yang memiliki peranan penting dalam membersihkan wajah adalah senyawa misel dan gliserin. Selain dapat membersihkan wajah, kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan permeabilitas atau kemampuan menyerap bahan skincare oleh kulit dan memungkinkan pembersih mencapai lapisan kulit paling dalam.


5. Meningkatkan Hidrasi Kulit


Sebagian besar jenis micellar water memiliki senyawa hidrasi seperti halnya gliserin. Senyawa hidrasi ini dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya secara efisien. Mengoleskan gliserin ke kulit yang iritasi dapat memulihkan hidrasi kulit dan meningkatkan fungsi skin barrier.


Gliserin dapat membantu percepatan penyembuhan luka, melindungi kulit dari iritasi, dan meningkatkan hidrasi. Selain itu, terdapat surfaktan yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi. Hal ini akan sangat cocok bagi kulit yang memiliki tekstur kering.


Itulah penjelasan mengenai micellar water dan manfaatnya pada kulit wajah, semoga bermanfaat! Have a nice day...


Baca selanjutnya: