Apa Perbedaan USB dan Flashdisk? Ini Jawaban Lengkapnya -->

Kategori Berita

.

Apa Perbedaan USB dan Flashdisk? Ini Jawaban Lengkapnya

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Apabila dilihat dari bentuknya, tentu USB dan Flashdisk memiliki perbedaan yang signifikan. Namun, seringkali banyak orang menganggap bahwa kedua perangkat tersebut sama sehingga sulit untuk dibedakan. Terdapat beberapa perbedaan USB dan Flashdisk yang sebaiknya disimak oleh pengguna agar tidak salah lagi dalam membedakannya:

1.  USB Merupakan Tempat Flashdisk

Dilihat dari fungsinya tentu sangat berbeda sekali. USB  merupakan sebuah lubang atau tempat yang bisa digunakan untuk menancapkan Flashdisk. Letak dari USB melekat pada CPU yang terhubung dengan komputer, sedangkan flashdisk letaknya diluar komputer yang nantinya bisa dihubungkan ke komputer untuk keperluan tertentu.

Flashdisk bisa dimasukkan ke dalam ke lubang USB agar data yang ada di dalamnya bisa terbaca di dalam komputer. Tentu USB dan Flashdisk harus saling bekerja sama agar mampu memudahkan pekerjaan manusia dalam mengolah suatu data. Keduanya pun tidak bisa dipisahkan karena sulit untuk bekerja dalam menampilkan data.

2. USB Untuk Penyalur Data, Flashdisk Untuk Menyimpan Data

USB bisa digunakan sebagai tempat untuk menyalurkan data yang berasal dari semua perangkat penyimpan. Lubang USB ini tidak hanya bisa menyalurkan Flashdisk saja, melainkan juga memori ponsel, SIM Card, dan lainnya.

 Lain halnya dengan dengan Flashdisk yang hanya digunakan untuk menyimpan 1 unit data saja. Data yang ada di dalam kartu memori telepon, kartu SIM, dan lainnya tidak bisa dilakukan penyimpanan ke Flashdisk langsung karena harus melalui USB.

 Boleh dibilang bahwa Flashdisk ini tidak bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, membutuhkan bantuan USB agar bisa menjalankan fungsinya untuk menampilkan data.

3. USB Merupakan Fitur Komputer  Untuk Menyalurkan Data

Perbedaan USB dan Flashdisk yang terlihat sangat jelas adalah USB merupakan salah satu fitur komputer yang ada pada bagian casing. Fungsi dari USBnya adalah untuk menyalurkan data eksternal bagi yang ingin melihatnya melalui laptop maupun komputer yang dimiliki.

Hal tersebut menandakan bahwa apabila ada keperluan yang berkaitan dengan Flashdisk, maka harus mengambilnya terlebih dahulu lalu colokkan pada lubang USB yang telah tersedia. Nantinya, akan ada pemberitahuan apabila Flashdisknya sudah masuk ke dalam komputer. Lakukan refresh terlebih dahulu sebelum membuka Flashdisknya.

4. USB Terdiri Banyak Lubang, Sedangkan Flashdisk Tidak

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa USB letaknya melekat langsung pada laptop ataupun komputer yang dimiliki. Lubang yang ada pun terdiri dari dua ataupun tiga lubang dengan ukuran yang sama. Fungsi adanya banyak Flashdisk tersebut adalah supaya pengguna bisa memasukkan banyak Flashdisk sekaligus.

Flashdisk hanya memiliki lubang satu saja dengan bentuk yang memanjang. Apabila terdapat dua lubang pun yang ada di bagian belakang digunakan untuk menyimpan data yang berasal dari memori eksternal. Hal tersebut membuat penyimpanan pada Flashdisk dan memori eksternal menjadi suatu hal yang berbeda.

5. USB Melekat Pada Komputer, Sedangkan Flashdisk Terpisah

Keberadaan USB ini melekat pada komputer. Bahkan, dewasa ini terdapat smartphone yang mengambil fitur yang sama guna mempermudah para penggunanya yang akan mengakses data eksternal. Flashdisk keberadaannya terpisah ari komputer dan bisa dicabut serta dipindahkan ke lubang USB pada komputer lainnya.

Informasi terkait dengan perbedaan USB dan Flashdisk tersebut sangat menarik sekali untuk disimak karena sekarang banyak yang belum bisa membedakan. Nyatanya, kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas sehingga setelah ini tidak boleh salah menyebutnya lagi. Fungsi keduanya pun jauh berbeda.