Apakah Menggunakan USB OTG Berbahaya? Ini Penjelasan Lengkapnya -->

Kategori Berita

.

Apakah Menggunakan USB OTG Berbahaya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Teknologi memberikan berbagai kemudahan dalam berbagai kegiatan manusia. Salah satu kemudahan tersebut bernama USB On the Go atau OTG. Banyak manfaat yang diberikan oleh OTG. OTG juga dapat mempercepat dalam pembacaan melalui perantara. Namun, terdapat juga bahaya USB OTG apabila disalahgunakan.

USB OTG adalah perangkat yang memberikan fitur mempermudah pengguna dalam membaca data tanpa melalui perantara laptop atau PC. Pada umumnya, perangkat ini memiliki bentuk seperti kabel dengan dua ujung yang berbeda. Ujung yang satu untuk smartphone dan satunya untuk flashdisk.

Apakah USB OTG Berbahaya?

Permasalahan mengenai bahaya USB OTG masih menjadi pembicaraan hingga saat ini. Khususnya berkaitan dengan virus, OTG dapat berperan dalam perpindahan virus. Hal ini yang bisa dikatakan berbahaya apabila pengguna tidak berhati-hati dalam menggunakan OTG.

OTG bisa berbahaya apabila membawa virus yang berasal dari penyimpanan data eksternal yang mengandung virus. Misalnya, ketika pengguna mengirimkan file download dari laptop mengandung virus yang disimpan pada flashdisk. File tersebut berpotensi menimbulkan virus melalui OTG yang menghubungkan flashdisk dengan HP.

Variasi Cara Menggunakan USB OTG pada Android

Walaupun USB OTG dapat berpotensi menimbulkan virus pada Android, tetapi OTG memiliki beberapa kegunaan didalamnya. USB OTG dapat digunakan untuk berbagai hal. Cara untuk menggunakan USB OTG dapat dilihat dibawah ini:

1. Menonton Film di Smartphone

Cara Pertama yang bisa dilakukan dengan menggunakan OTG adalah menonton film di smartphone. Pengguna pasti tidak asing dengan kegiatan menonton film favorit pengguna. Film dapat diputar dalam smartphone apabila file film ada didalam flashdisk dengan menggunakan OTG sebagai konektor.

2. Main Game Menggunakan Controller di HP

Selain menonton film, USB OTG juga dapat digunakan sebagai penghubung antara controller game dengan smartphone. Game pada hape saat ini dapat diakses tanpa alat bantu. Tetapi, beberapa game lebih nyaman jika dimainkan dengan controller. Tentu USB OTG sangat berperan disini. 

3.Mengendalikan Layar Smartphone dengan Mouse atau Keyboard

USB OTG dapat digunakan untuk mengendalikan layar pada smartphone dengan perangkat eksternal seperti mouse dan keyboard. Mouse berguna untuk menggerakan kursor di layar smartphone. Sedangkan keyboard memudahkan pengguna dalam mengetik dokumen atau berkirim pesan.

4. Mencetak atau Printing Dokumen File dari Smartphone

Printing tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan laptop sebagai pemberi command, tetapi bisa menggunakan smartphone sebagai pemberi perintah. Adanya fitur cetak atau print pada smartphone semakin mempermudah pengguna, ditambah dengan keberadaan OTG sebagai penghubung antara smartphone dan printer.   

5. Mengontrol Kamera DSLR

Untuk urusan fotografi, USB OTG juga dapat diandalkan dalam mengontrol kamera DSLR pengguna. Foto yang dipotret menggunakan DSLR bisa langsung ditransfer ke hp menggunakan USB OTG. Dengan adanya OTG, bisa menyambungkan layar kamera dengan layar pada ponsel pengguna.

6. Mengakses Ethernet

Hal terakhir yang bisa dilakukan dengan adanya USB OTG adalah membuka akses ethernet. Ethernet merupakan akses internet dalam bentuk sambungan kabel. Caranya cukup mudah yaitu cukup menyambungkan USB Ethernet dengan USB OTG milik pengguna ke gawai masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai seberapa bahaya USB OTG dan cara menggunakan atau memanfaatkan OTG. Pengguna yang bijak tentu dapat merawat OTG dengan menjauhkannya dari virus. OTG akan tetap terawat dan pasti terhindar dari kerusakan atau malware akibat virus yang dikirimkan melalui OTG.