Begini Cara Menghubungkan Modem USB ke Router dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Begini Cara Menghubungkan Modem USB ke Router dengan Mudah

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Modem merupakan perangkat keras komputer yang berperan penting dalam membuat internet lebih lancar. Namun, modem hanya bisa diakses oleh satu pengguna saja. Maka untuk menghubungkan internet ke berbagai perangkat dibutuhkan adanya router. Lantas, bagaimanakah cara menghubungkan modem usb ke router?

Hadirnya router saat ini, memang semakin mempermudah penggunanya. Sebab, internet bisa diakses oleh berbagai perangkat. Meskipun, pengguna sudah memanfaatkan modem untuk mengakses internet. Namun, perangkat tersebut juga bisa dihubungkan dengan perangkat router. Berikuti cara menghubungkan kedua perangkat tersebut: 

1. Sambungkan Kabel Jack pada Router

Cara pertama yang bisa dijalankan untuk menghubungkan modem usb ke router adalah menghubungkan kabel jack pada router. Seperti yang sudah diketahui bahwa kabel jack merupakan konektor yang bisa menghubungkan unit satu dengan unit yang lainnya.

Maka untuk menghubungkan sebuah modem usb ke router sangat penting untuk memasang kabel jack. Hanya saja, untuk memasang kabel tersebut dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Sebab, kabel yang dihubungkan ke model tentunya berbeda dengan kabel yang disambungkan ke router.

2. Sambungkan Kabel Lain ke Stopkontak

Cara selanjutnya untuk menyambungkan modem usb dengan router adalah menghubungkan kabel lain ke stopkontak. Kabel lain yang dimaksud disini adalah kabel yang bisa menghidupkan router agar perangkat tersebut bisa diakses oleh semua pengguna.

Untuk menjalankannya pengguna harus menyambungkan kabel tersebut ke stopkontak. Tentunya untuk menyambungkan kedua kabel tersebut terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Sebab, kabel yang dihubungkan ke stopkontak memiliki ciri khas tersendiri yang mana ditandai dengan ujungnya tipis. Maka dari itu pengguna tidak akan bingung jika ingin menyambungkan kabel untuk menghidupkan router.

3. Sambungkan Kabel LAN

Cara menghubungkan modem usb ke router selanjutnya adalah menghubungkan kabel LAN. Kabel LAN sendiri merupakan kabel yang bisa menyambungkan berbagai perangkat dalam lokasi yang terbatas. Pada umumnya, kabel ini memang dimanfaatkan untuk membuat sebuah jaringan komputer yang berfokus pada topologi sinyal.

Namun, dalam kenyataannya kabel LAN ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyambungkan modem dengan router. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut, pengguna harus lebih teliti. Sebab, kabel yang digunakan kedua perangkat tersebut berbeda, yakni kabel crossover dan Roll-Over.

4. Pastikan Perangkat Terpasang dengan Benar

Cara lain yang mesti dilakukan jika ingin menghubungkan modem usb ke router adalah memastikan semua perangkat terpasang dengan benar dan tepat. Hal tersebut tentu bertujuan, agar saat pengguna mengakses internet menggunakan jaringan dari perangkat tersebut tidak terjadi kendala.

Apabila perangkat terpasang dengan baik, tentu saja akan membuat pekerjaan yang memanfaatkan internet lebih cepat terselesaikan. Namun berbeda jika perangkat yang digunakan tidak terpasang dengan baik, tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan, seperti jaringan lambat. Bahkan, yang lebih parahnya lagi tidak bisa diakses.

5. Pastikan Router Mengenali Perangkat Modem

Terakhir, pastikan router telah mengenali perangkat modem yang digunakan. Sebab, apabila perangkat modem yang dimanfaatkan pengguna tidak mengenali router, maka secara otomatis internet tidak bisa diakses. Tentu saja hal tersebut akan membuat pekerjaan yang mesti memanfaatkan internet menjadi terhambat.

Maka dari itu, sangat wajib bagi pengguna untuk memastikan router mengenali perangkat modem. Terlebih, memastikan juga perangkat terpasang dengan benar. Sebab, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada jaringan internet.

Itulah beberapa cara menghubungkan modem usb ke router yang bisa dilakukan. Jadi para pengguna internet yang masih memanfaatkan modem untuk mengakses internet. Tidak perlu khawatir lagi jika modem yang digunakan jaringannya lambat. Sebab, pengguna bisa memanfaatkan router dengan cara menghubungkan kedua perangkat tersebut.