Cara Agar Memori WhatsApp Tidak Penuh, Wajib Coba! -->

Kategori Berita

.

Cara Agar Memori WhatsApp Tidak Penuh, Wajib Coba!

Rianda
Rabu, 01 Juni 2022



Tidak dapat dielakkan bahwa saat ini jenis aplikasi seperti WhatsApp menjadi sebuah aplikasi yang dipakai secara rutin sehingga memorinya penuh. Untungnya, sudah ada solusi untuk cara agar memori WhatsApp tidak penuh dan nantinya bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan yang lainnya.


Sebenarnya memang ada beberapa solusi yang mudah untuk dipraktekkan langsung oleh setiap pengguna WA ini tanpa harus memakan banyak waktu. Bagi yang ternyata baru pertama kali mencoba jenis cara ini, maka sebaiknya kenali terlebih dahulu dengan detail seperti berikut ini:


1. Menghapus Chat Berukuran Besar


Pertama, ada sebuah cara agar memori WhatsApp tidak penuh yang bisa dicoba segera hanya dengan mulai memilih mana chat penting. Setelah itu, coba kelompokkan mana saja chat dengan pengguna lainnya yang sebenarnya bisa segera dihapus demi bisa menyisakan memori lebih.


Cara yang pertama ini bisa dicoba dengan memeriksa mana chat dengan isi yang cukup banyak karena bisa memakan banyak memori. Beberapa obrolan tersebut bisa dihapus secara bersamaan dalam satu waktu atau perlahan demi perlahan saja sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.


2. Mematikan Fitur Auto Download


Kemudian ada solusi yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba oleh setiap orang dengan mudah tanpa waktu yang banyak nantinya. Kali ini, setiap orang hanya perlu mencoba untuk mematikan dahulu fitur yang khusus dan otomatis untuk mengunduh pesan yang masuk.


Bagi yang ternyata belum pernah mencoba jenis cara ini, maka coba dengan masuk terlebih dahulu ke bagian Setting dari WA. Nantinya pada bagian tersebut, setiap orang bisa segera menentukan mana menu yang tepat untuk menonaktifkan pengunduhan otomatis terutama videonya. 


3. Mengurangi Cek Status


Selanjutnya, ada sebuah solusi menarik yang mungkin secara sederhana banyak tidak dikenali oleh para pengguna WA bahkan sampai hari ini. Selain itu, malah semakin banyak saja para pengguna yang lebih memilih untuk melihat setiap status yang ditunjukkan oleh para pengguna.


Padahal sebenarnya ada cara agar memori WhatsApp tidak penuh dan bisa dikendalikan nantinya dengan mudah melalui bantuan dari status ini. Setiap pengguna hanya perlu mengurangi intensitas dan kebiasaan umum untuk memeriksa setiap status yang dibuat oleh para pengguna WA lainnya.


4. Menyaring File WA


Setelah beberapa solusi di atas, ada juga solusi yang lainnya hanya dengan memulai proses penyaringan khusus untuk file di WA. Kali ini, setiap orang perlu untuk memeriksa setiap obrolan dalam aplikasi sembari menentukan mana yang nantinya bisa disimpan atau tidak.


5. Mengaktifkan Bagian Back-Up


Kemudian ada juga solusi menarik yang tentu saja wajib dicoba terutama bagi yang masih terbiasa menumpuk semua obrolan dalam aplikasi. Padahal sejak awal, sudah ada menu yang khusus untuk memudahkan proses pencadangan dalam aplikasi WA termasuk menggunakan bantuan Google Drive.


6. Membersihkan WhatsApp Images


Selain beberapa solusi yang sudah dijelaskan seperti di atas, ada juga solusi yang lainnya untuk dicoba termasuk oleh para pemula. Solusi ini nantinya akan meminta para pengguna dari aplikasi WA untuk memeriksa ulang dan rutin serta menentukan mana gambar yang dihapus.


7. Menghapus Media Video


Memang bukan hal yang mengejutkan jika ternyata media berupa video berhasil menjadi jenis media yang paling banyak memakan memori WA. Untungnya, solusi yang terakhir ini sangat mudah untuk dicoba langsung terutama hanya dengan menghapus beberapa video yang dianggap tidak diperlukan.


Beberapa jenis cara agar memori WhatsApp tidak penuh di atas tentu saja bisa dilakukan dengan mudah termasuk oleh para pemula. Selain itu, ternyata memang ada beberapa solusi yang mudah dipraktekkan hanya dengan memeriksa mana file yang bisa dihapus oleh pengguna.