Cara Membedakan Jam Tangan Omega Asli dan KW -->

Kategori Berita

.

Cara Membedakan Jam Tangan Omega Asli dan KW

Faisol abrori
Senin, 27 Juni 2022

 


Ciri-ciri Dan Cara Membedakan Jam Tangan Omega Asli Atau KW


Jam tangan menjadi aksesoris yang banyak digunakan untuk melengkapi penampilan. Selain itu jam tangan tentu saja digunakan sebagai pengingat waktu. Salah satu merk jam ternama yaitu Omega, tapi bagaimana cara membedakan jam tangan Omega asli atau kw agar tidak tertipu saat membeli.


Jam tangan Omega memang sudah terkenal dikalangan pencinta aksesoris karena kualitas serta model yang ditawarkan. Tak jarang ada oknum tidak bertanggung jawab memalsukan jam tersebut dengan harga yang sama. Oleh karena itu simak penjelasan berikut agar hal tersebut bisa dihindari.


Sejarah Singkat Jam Tangan Omega


Omega pertama kali dibangun pada tahun 1848 di Bienne, Swiss. Merupakan sebuah produsen jam skala kecil yang didirikan oleh Louis Brandt. Tahun 1894 pendiri Omega memulai membangun terobosan dengan menyediakan suku cabang sendiri untuk jam buatannya.


Selain itu Omega terus berinovasi dengan terus mencoba membuat jam tangan yang tahan terhadap air atau kedalaman laut serta ruang hamoa udara. Contohnya saja seri Constellation, Speedmaster dan Seamaster.


Bahkan pada tahun 1950-an Seamaster menadi jam tangan petama yang mempu digunakan untuk menyelam. Sedangkan jam tangan seri Speedmaster menjadi satu-satunya arloji yang dapat digunakan dalam ruang angkasa, sehingga sering digunakan NASA.


Omega terus menginovasikan karya-kara terbaru dengan model yang tak kalah keren. Tahun 2020 Omega menargetkan semua jam tengan keluarannya akan bergelar Master Chronometer. Sehingga Anda tidak perlu heran jika harga yang dibandrol untuk satu jam tangan cukup mahal.


Bagi para kolektor jam tangan mahal tentunya akan sering membeli jam tangan seperti ini meskipun harganya selangit. Harga yang tinggi membuat para pelaku curang membuat produk jam serupa dan persis sehingga perlu kejelian agar mengehui cara membedakan jam tangan Omega asli atau kw.


Ciri-Ciri Jam Omega Asli



Sebelum mengetahui keasliannya sebaiknya Anda mengetahui ciri khusus produknya terlebih dahulu. Berikut ini ciri jam Omega Asli agar tidak salah beli.


1. Hadir dalam 4 seri saja


Jam tangan Omega hanya mengeluarkan 4 seri saja, diantaranya yairtu Constellation, De Ville, Speedmaster dan Seamaster. Setiap serinya mempunyai keunikan tersendiri sehingga mudah dibedakan.


Jika Anda menyukai gaya sporty dan santai maka seri Seamaster bisa jadi pilihan. Seri De Ville cocok bagi Anda untuk menghadiri acara formal dan terkesan rapi. Speedmaster lebih modern dan dinamis sedangkan Seri Constelattion mempunyai gaya mewah, elegan serta terinspirasi dari rasi bintang.


2. Mempunyai garansi resmi


Produk asli biasanya dilengkapi degan kartu garansi resmi dari pihak toko. Sama halnya dengan jam tangan Oemga, jam tangan ini memiliki jaminan garansi selama 5 tahun serta bisa diperbaiki secara internasional. Meskipun begitu jam tangan seperti ini tetunya akan awet tahan lama.


3. Teknologi Movement co-axial


Co-axial movement merupakan sebuah teknologi yang menjadi khas dari jam keluaran Omega. Teknologi ini membuat jam tangan memiliki tingkat presisi tinggi meskipun tidak diberi perawatan khusus dalam waktu yang lama.


Cara Membedakan Jam Tangan Omega Asli atau KW




Memang diperlukan ketelitian saat membeli barang branded dengan harga tinggi, bisa jadi barang yang dikirim merupakan barang tiruan atau kw. Berikut ini agar tidak salah memilih ada ciri-ciri khusus jam tangan Omeg yang perlu Anda ketahui.


1. Nomor seri


Cara membedakan jam tangan Omega asli atau kw yang pertama yaitu perhatikan nomor seri arloji. Setiap seri dari Omega mempunyai setidaknya 7 sampai 8 nomor seri. Nomor seri tersebut dapat ditemukan di bagian case back saat proses produksi.


Selain di bagian dalam case back ada juga model lain yang mengukirya di salah satu lug (bagian pangkal stap). Anda dapat membandingkan nomor seri tersebut dengan yang ada di internet jika ada kekeliruan dapat dipastikan jam tangan Omega tersebut palsu.


2. Detikan jarum dan pergerakan jarum


Suara detikan jarum jam tangan Omega asli sangat halus bahkan hampir tidak terdengar. Hal tersebut dikarenakan jam tangan ini didesain dengan teknologi mutahir. Selain itu saat memutar crown jarum pada jam tangan Omega akan berhenti total saat Anda berusaha menyesuaikan waktu.


3. Helium escape valve


Cara membedakan jam tangan Omega asli atau kw berikutnya yaitu serinya yang tahan air terutama seri Seamaster. Seri ini mempunyai helium escape valve yang terletak pada posisi 10, hal tersebut tidak dapat ditemukan pada jam palsu.


4. Detail pada dial


Jam tangan Omega asli mempunyai dial yang sangat detail, jam asli mempunyai jarak antar masker yang presisi. Selain itu terdapat logo yang letaknya terpisah dari dial, seperti tempelan bukan dicat langsung pada dial seperti jam palsu.


Jam tangan Omega memang masih menjadi promadona karena kualitas yang tidak perlu diragukan. Sebelum membeli jam tangan Omega sebaiknya Anda mengetahui cara membedakan jam tangan Omega asli atau kw agar terhindar dari penipuan yang semakin marak.