Cara Membuat Video Menjadi Link Google Drive, Kamu Harus Tau! -->

Kategori Berita

.

Cara Membuat Video Menjadi Link Google Drive, Kamu Harus Tau!

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Cara membuat video menjadi link Google Drive sangat penting untuk diketahui khususnya bagi yang ingin membagikan kepada orang lain. Misalnya video edukasi dari mahasiswa agar bisa didengar khalayak ramai maupun karyawan yang bekerja di sebuah media publik.

Oleh karena itu, ulasan terkait cara membuat video menjadi link Google Drive akan dijabarkan dengan singkat lagi jelas di bawah ini. Mari simak secara seksama supaya tidak bingung nanti waktu menerapkan cara-caranya.

Cara Mengerjakan Link Google Drive untuk Kepentingan Privasi

Pengguna Google Drive yang ingin mengerjakan atau berbagi video dalam bentuk link bisa mencoba cara berikut. Hanya saja link yang dihasilkan sebatas privasi dari si pembuat, cara-caranya dapat dilihat pada poin di bawah ini.

1. Login ke Google Drive Pribadi

Satu hal yang pasti, pengguna wajib untuk login ke dalam Google Drive milik pribadi sesuai dengan akun yang tertaut pada perangkat. Apabila belum punya silahkan buat akun terlebih dahulu dengan mengunjungi website terkait agar dapat melanjutkan tahapan.

2. Unggah Video yang Ada dalam File

Cara berikutnya, pengguna yang sudah masuk ke Google Drive dapat mengunggah video melalui fitur (+) dalam aplikasi. Fitur ini bisa ditemukan pada posisi interface sudut kanan bagian bawah dari tampilan layar ponsel atau Windows.

3. Kustomisasi Penerima Link

Setelah mengupload video, langsung saja menuju Gmail address sesuai dengan penerima yang mau dibagikan link termasuk sebagai editor. Menu yang harus dipilih oleh pembuat tautan yaitu opsi Kelola Orang dan Link.

4. Pastikan Penerima Akses Link

Cara membuat video menjadi link Google Drive selanjutnya, dengan menghubungi penerima akses apakah mau di posisi editor atau hanya melihat. Nanti pada interface aplikasi ada opsi Akses Link berbagai jenis, seperti Pengakses Lihat Saja.

5. Copy Link Akses Video

Dengan pembuat mengatur penerima beserta setting yang dibutuhkan maka seluruh rangkaian cara membagikan link untuk akses video telah selesai. Disini pembuat dapat mengkopi link lalu mengirimkan ke orang yang sesuai keinginan (lebih mengarah ke private).

Langkah Mengerjakan Link Google Drive untuk Keperluan Umum

Tidak hanya cara di atas, terdapat tahapan yang bisa dikerjakan oleh pembuat link khusus untuk kepentingan umum (khalayak ramai). Lebih lengkap lagi, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti secara mudah:

     Masuk ke Google Drive. Sama seperti pada umumnya, pengguna harus masuk dahulu ke akun Google Drive lewat ponsel pintar pribadi.

     Pilih Folder atau File Upload. Setelah masuk, pilih video dari folder penyimpanan yang terhubung dengan aplikasi File perangkat kemudian klik Get Link.

     Kustomisasi dengan Anyone With the Link. Lalu lakukan kustomisasi Anyone With the Link (akses link ke semua orang atau target yang dituju).

     Kustomisasi Lainnya. Selanjutnya atur dengan opsi Viewer (hanya melihat), Commenter (untuk memberikan komentar), atau Editor pada target akses link.

     dan Copy Link. Terakhir, kopi link untuk mengakhiri langkah alternatif selain cara membuat video menjadi link Google Drive privasi.

Langkah-langkah yang sudah dijabarkan bisa dikerjakan oleh pengguna yang memiliki keperluan video untuk kepentingan publik, terlebih bertema edukatif. Adanya kemudahan akses link ini dapat menambah wawasan kepada penonton yang sedang membutuhkan informasi mengenai sesuatu perihal tertentu.

Demikian beberapa tutorial membuat video menjadi link Google Drive dengan sederhana tanpa keribetan lain. Kalau saat mengerjakan setiap cara terdapat masalah silahkan kunjungi situs Bantuan Drive untuk mendapatkan info-info penting. Saran untuk pembuat link sebaiknya pastikan pula ketersediaan koneksi.