5 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Tidak Bisa Menyimpan File, Tak Perlu Format! -->

Kategori Berita

.

5 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Tidak Bisa Menyimpan File, Tak Perlu Format!

Rianda
Rabu, 01 Juni 2022


Kartu memori merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk menyimpan data-data penting. Namun, terkadang permasalahan kartu memori tidak terbaca dan tidak bisa menyimpan file muncul. Terdapat 5 cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa menyimpan file tanpa pengguna harus format kartu memori.


Permasalahan kartu memori yang tidak bisa menyimpan file dapat diakibatkan dengan permasalahan internal pada kartu memori. Maka dari itu, pengguna dapat memperbaiki kartu memori secara mandiri di rumah dengan cara-cara berikut ini:


1. Bersihkan Debu dan Kotoran Pada Kartu Memori


Cara paling pertama yang dapat pengguna lakukan adalah membersihkan kartu memori. Karena semakin lama usia kartu memori, maka akan semakin banyak kotoran atau debu yang menempel. Pengguna dapat menggunakan kuas lembut atau kapas yang sudah diberikan cairan alkohol sedikit untuk membersihkannya.


Setelah, cara ini dilakukan maka pasang kembali kartu memori milik pengguna. Jika kartu memori dapat menyimpan file kembali, maka masalah terdapat pada kebersihan kartu. Namun, jika kartu memori masih bermasalah, pengguna dapat mencoba cara berikutnya.


2. Gunakan Perangkat Lain Untuk Mencoba Kartu Memori


Pengguna dapat mencoba cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa menyimpan file berikutnya yaitu menggunakan perangkat lain untuk mencoba kembali kartu memori yang tidak berfungsi. Pengguna dapat menggunakan HP teman, atau mencoba pada PC atau laptop pengguna. 


Setelah menggunakan perangkat lain, pengguna dapat langsung mengecek kondisi dan permasalahan yang terjadi dengan kartu memori. Jika kartu memori bisa menyimpan file dengan baik di perangkat lain, maka masalah terdapat di slot memori perangkat pengguna.


3. Cek Kondisi Kartu Memori Pada PC


Pengguna juga dapat mengecek kondisi dan permasalahan kartu memori di perangkat PC. Cara ini dapat lebih menunjukkan secara luas permasalahan kartu memori yang tidak bisa menyimpan file milik pengguna. Untuk lebih jelas, pengguna dapat mengikuti panduan langkah-langkah berikut ini:


  • Hubungkan kartu memori dengan PC menggunakan kabel data.
  • Ubah mode kartu memori menjadi MSC atau mass storage mode.
  • Buka menu "Explorer" pada PC.
  • Klik opsi "Properties" > "Tools" > "Error Checking".
  • Tunggu hingga proses perbaikan selesai.


Setelah mencoba langkah-langkah tersebut, pengguna dapat memindahkan kartu memori kembali ke perangkat semula. Pengguna dapat mengecek apakah kondisi kartu memori sudah dapat menyimpan file atau belum.


4. Lakukan Proses Scanning Virus


Jika cara sebelumnya belum juga berhasil, maka kemungkinan kartu memori pengguna terkena virus. Cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa menyimpan file jika permasalahan seperti ini adalah scanning virus pada kartu memori. Pengguna dapat melakukan scanning di PC dengan menggunakan aplikasi antivirus.


Gunakan aplikasi seperti Smadav, Avira, AVG dan lain-lain. Jika pengguna menemukan adanya virus pada kartu memori pengguna, maka pengguna dapat hapus dan bersihkan kartu memori dari virus menggunakan aplikasi yang sama.


5. Bawa Ke Service Center Resmi


Cara terakhir untuk memperbaiki kartu memori yang tidak bisa menyimpan file tanpa perlu memformat adalah dengan membawa ke tempat servis resmi. Hal ini dilakukan jika pengguna tidak dapat memperbaiki kartu memori secara mandiri dan harus dibantu dengan jasa profesional.


Keunggulan cara ini adalah pengguna dapat langsung menyerahkan permasalahan pada ahlinya, sehingga kartu memori dapat diperbaiki secara langsung atau to the point. Maka dari itu, kesempatan kartu memori semakin rusak juga kecil.


Begitulah 5 cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa menyimpan file tanpa harus memformat atau menghapus data-data di dalamnya. Hal tersebut karena kartu memori merupakan komoditas penting untuk menyimpan dokumen atau data penting, seperti foto, PDF dan lain-lain.