Cara Memulihkan Akun Google yang Terhapus dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Cara Memulihkan Akun Google yang Terhapus dengan Mudah

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Pada dasarnya, akun yang sudah tidak digunakan dapat dihapus oleh pemiliknya. Namun, sebagian orang merasa menyesal melakukan hal tersebut dan berharap akun masih dapat dipulihkan. Jika pembaca salah satu dari orang tersebut, pelajari cara memulihkan akun Google yang terhapus berikut.

Lantas, mengapa menghapus akun Google jika bakal menyesal di kemudian hari? Akun Google dapat terhapus karena kesalahan, atau pemiliknya sudah berpindah ke akun yang baru. Tidak sedikit orang yang memiliki beberapa akun Google untuk kebutuhan yang berbeda pada tiap akunnya.

Cara Memulihkan Akun Jika Mengingat Password

Untuk memulihkan akun Google yang terhapus, ada tiga metode yang dapat dilakukan. Metode ini dapat dilakukan apabila pembaca masih mengingat password dengan baik. Berikut cara memulihkan akun Google yang terhapus dengan password:

     Kunjungi situs resmi pemulihan akun Google. Pembaca dapat mengunjungi link https://accounts.google.com/signin/recovery.

     Tulis email yang ingin dipulihkan, lalu pilih Next.

     Tulis password yang sesuai dengan email yang terhapus, lalu pilih Next.

     Apabila berhasil, maka akan muncul akun yang dapat dipulihkan.

     Pilih Akun tersebut.

Metode ini akan bekerja lebih baik apabila dilakukan pada perangkat terakhir saat menggunakan akun ini.

Cara Memulihkan Akun Dengan Email Pemulihan

Apabila metode di atas tidak berhasil, akun dapat dipulihkan dengan menggunakan email pemulihan. Tetapi, pastikan jika sebelumnya pemilik akun sudah mencantumkan email pemulihan pada email yang ingin dipulihkan.

1. Kunjungi Halaman Pemulihan Akun Google

Mula-mula, kunjungi situs resmi pemulihan akun Google. Pada halaman tersebut, pembaca tinggal memasukan email yang ingin dipulihkan, lalu pilih Next. Pada bagian selanjutnya, pilih Try Another Way, dan pilih metode email recovery.

2. Masukkan Email Pemulihan Yang Dicadangkan

Selanjutnya, pembaca dapat mengisi kolom yang diberikan dengan email pemulihan yang digunakan untuk email yang terhapus. Jika pembaca lupa memasukan email pemulihan pada email yang terhapus, maka cara ini tidak bisa dilakukan.

Setelah itu, tekan Next, dan tunggu beberapa detik. Google akan memproses pengiriman email berupa kode akun email pemulihan. Buka Gmail dengan email tersebut, dan pastikan email Google sudah masuk.

3. Verifikasi Email Dengan Kode Yang Didapatkan

Apabila pembaca sudah mendapatkan email yang berisi kode dengan enam angka, pembaca baru dapat melakukan verifikasi email yang terhapus. Salin kode verifikasi yang didapat, lalu ketikkan ke halaman verifikasi email.

Ada batasan waktu yang ditentukan dalam melakukan verifikasi, jadi segera verifikasi email yang terhapus dengan kode.

Cara Memulihkan Akun Dengan Nomor Pemulihan

Apabila pemilik akun tidak menambahkan email pemulihan pada email yang terhapus, pembaca dapat menggunakan nomor pemulihan sebagai cara alternatif. Sama halnya dengan email pemulihan, metode ini hanya dapat dilakukan apabila sudah mencantumkan nomor telepon aktif sebelumnya.

1. Kunjungi Halaman Pemulihan Akun Google

Mula-mula, kunjungi situs resmi pemulihan akun Google. Pada halaman tersebut, pembaca tinggal memasukan email yang ingin dipulihkan, lalu pilih Next. Pada bagian selanjutnya, pilih Try Another Way dua kali sampai halaman nomor pemulihan muncul.

2. Masukkan Nomor Pemulihan Yang Dicadangkan

Setelah itu, isi kolom yang diberikan dengan nomor telepon yang dipakai sebelumnya untuk membuat email. Apabila nomor telepon tersebut sudah tidak aktif, maka cara ini tidak bisa dilakukan.

Setelah itu, tekan Next, dan tunggu hingga notifikasi di smartphone muncul. Google akan mengirim pesan dengan kode verifikasi untuk memulihkan akun yang terhapus.

3. Verifikasi Email Dengan Kode Yang Didapatkan

Apabila pembaca sudah mendapatkan pesan dengan kode dengan enam angka, pembaca baru dapat melakukan verifikasi email yang terhapus. Salin kode verifikasi yang didapat, lalu ketikkan ke halaman verifikasi email.

Sekian pembahasan mengenai tutorial memulihkan akun Google yang terhapus. Perlu diperhatikan disini, jika email dapat dipulihkan apabila dilakukan kurang dari 20 hari. Email yang sudah dihapus dalam kurun waktu yang lama, tidak akan dapat dipulihkan kembali.