Cara Menambahkan Subtitle di Google Drive dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Cara Menambahkan Subtitle di Google Drive dengan Mudah

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Bagi yang suka menonton video luar namun tidak paham dengan bahasa luar tersebut, maka tentu akan membutuhkan yang namanya subtitle. Jika pengguna merupakan konten kreator, maka bisa menambahkan subtitle pada sebuah video. Oleh sebab itu akan dijelaskan cara menambahkan subtitle di google drive dengan mudah.

Dengan adanya subtitle memang akan sangat membantu bagi sebagian orang. Dengan subtitle yang terdapat pada video juga bisa membantu orang tak memiliki fungsi pendengaran. Oleh sebab itu pengguna bisa coba cara menambah subtitle pada video sebagai berikut:

Sekilas Tentang Google Drive

Sebelum pada pembahasan utama mengenai penambahan subtitle, maka akan dibahas terlebih dahulu tentang layanan tersebut. Google Drive merupakan aplikasi yang menawarkan layanan penyimpanan data yang telah tersinkronisasi. Layanan penyimpanan tersebut merupakan produk yang dikembangkan oleh google.

Jadi dengan menyimpan data di Drive pengguna bisa mengurangi penggunaan ruang penyimpanan. Sebab data yang sudah dimasukkan ke dalam google Drive maka akan langsung tersimpan di dalam penyimpanan server lain. Selain itu google Drive juga bisa digunakan menambah trek teks pada video.

Cara Menambahkan Subtitle Menggunakan Google Drive

Setelah tahu tentang fungsi dan sekilas mengenai google drive, dengan itu akan dibahas salah satu dari kemampuannya. Kemampuan tersebut yakni menambah subtitle pada suatu video. Untuk lebih jelas bagaimana cara menambahkan subtitle di google drive mari simak uraiannya.

1. Persiapkan File Teks

Cara awal saat akan menambah subtitle pada video adalah dengan mempersiapkan file teks terlebih dahulu. File tersebut tentu berisi teks dan sertakan beberapa informasi lain untuk mengepaskan enggan video. Teks yang akan didukung oleh google Drive jika teks tersebut dengan format SRT dan SUB.

2. Upload Teks

Sebelumnya pengguna harus mengupload videonya terlebih dahulu di google Drive. Kemudian langkah berikutnya dengan membuka drive.google.com dan login menggunakan komputer. Bila sudah maka ikutilah langkah berikut.

     Buka video yang akan ditambahkan subtitle kemudian klik ikon titik tiga dan tap menu lainnya.

     Selanjutnya pengguna bisa tap menu kelola trek teks kemudian tap tambahan trek teks baru.

     Jika sudah pengguna bisa klik pilih file, berikutnya pengguna bisa pilih teks file atau transkrip.

     Berikut pengguna bisa pilih bahasa trek dan juga nama trek bila sudah tinggal klik upload.

3. Edit Video

Berikutnya pengguna bisa mengedit video yang sebelumnya sudah ditambahkan dengan trek teks. Namun bila sebelumnya sudah benar-benar pas maka cara ini bisa di skip. Namun jika ada yang ingin di edit, maka begini caranya.

     Klik video yang sudah diberikan trek teks sebelumnya.

     Kemudian klik lainnya pada menu ikon titik tiga, dan klik kelola trek teks.

     Selanjutnya tinggal klik kata yang ingin di edit, kemudian klik edit jika sudah maka bisa langsung klik simpan.

4. Terjemahan Teks

Untuk mendapatkan subtitle tentu pengguna harus menerjemahkan teks tersebut. Jadi untuk menerjemahkan pengguna juga bisa langsung menghubungi google Drive. Langkah tersebut bisa pengguna simak di bawah sebagai berikut.

     Buka video yang sudah ditambahkan trek teks yang akan diterjemahkan.

     Klik menu setelan atau ikon bergerigi pada bagian bawah sebelah kanan.

     Akan ada daftar bahasa dan pengguna bisa tap pada bagian bawah dengan kata terjemahan otomatis.

     Selanjutnya pengguna tinggal pilih bahasa yang akan digunakan pada daftar bahasa sebelumnya, selesai.

Berikut tadi merupakan langkah beserta cara menambahkan subtitle di google drive yang bisa pengguna praktekkan. Pada google Drive tersebut pengguna juga bisa menghapus suatu drive. Namun sayangnya cara tersebut hanya bisa dipraktekkan menggunakan komputer dan belum mendukung untuk ponsel.