Cara Mengembalikan File yang Terformat Melalui EraseUs -->

Kategori Berita

.

Cara Mengembalikan File yang Terformat Melalui EraseUs

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Kartu memori ponsel digunakan untuk menyimpan berbagai macam file yang penting. Namun bagaimana jika tiba tiba semua file terformat secara tidak sengaja? Adakah cara mengembalikan file yang terformat di kartu memori Hp agar kembali seperti sebelumnya?

Remaja ini, banyak aplikasi yang memang diciptakan untuk mengatasi masalah data kartu memori yang terformat. Di antara banyaknya aplikasi sejenis, EaseUs adalah yang paling direkomendasikan. Penggunaannya mudah dan hasilnya pasti baik. Bagaimana cara mengembalikan file terformat dengan EaseUs? Inilah langkah langkahnya:

1. Instal EaseUs di Komputer

Mengembalikan file yang terformat dari memory card membutuhkan banyak ruang yang luas. Untuk itu, disarankan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Itu karena RAM pada komputer bekerja lebih cepat dan akan kuat menahan pengisian data yang langsung banyak.

Maka dari itu, langkah pertama adalah instal EaseUs di perangkat yang bersangkutan. Penginstalan bisa dilakukan di aplikasi yang sama seperti pada saat menginstal di ponsel. Tunggu sampai EaseUs menyelesaikan proses penginstalan dan akhirnya bisa terpasang resmi di perangkat komputer.

2. Cabut dan Pasang Kartu Memori ke Komputer

Langkah selanjutnya adalah memasang kartu memori ke komputer. Cabut kartu memori yang terformat tadi dari ponsel. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak kuningan memori. Lalu cari card reader untuk dijadikan perangkat sambungan memori ke komputer.

Namun, apabila card reader tidak dimiliki, penggunaan bisa dialihkan kepada kabel data. Fungsi kabel data hampir sama dengan card reader, yaitu untuk menghubungkan memori dengan komputer. Bedanya, dengan kabel data kartu memori tidak perlu dilepas dari ponsel.

3. Buka Aplikasi EaseUs

Sampailah pada langkah ketiga, pada tahap ini pengguna silahkan akses aplikasi EaseUs setelah memasukkan kartu memori. Agar aplikasi bisa lebih nyaman digunakan, pengguna disarankan untuk melakukan log in. Namun, jika pengguna tidak ingin log in juga tidak masalah.

Usai log in, barulah aplikasi bisa digunakan. Buka langsung aplikasi dan mulai operasikan. Sesuaikan beberapa pengaturan seperti yang diinginkan. Lalu mulai hubungkan kartu memori menggunakan EaseUs. Ini juga termasuk dalam tahapan cara mengembalikan file yang terformat di kartu memori Hp.

4. Lakukan Peninjauan Data

Langkah selanjutnya alias langkah yang nomor empat yaitu meninjau data memori di EaseUs. Itu karena begitu kartu memori diaplikasikan pada EaseUs, file yang terformat akan ditampilkan. Mulai dari file berformat jpg, doc, txt, dan lain lain.

Langkah ini akan menuntun pengguna agar langsung meninjau mana saja yang file ingin dikembalikan. Klik dua kali pada setiap file yang dipastikan ingin dipulihkan. Memang membutuhkan waktu sedikit lama dan kesabaran yang cukup banyak untuk menyelesaikan tahap ini.

5. Kembalikan File yang Terformat

Langkah terakhir dalam tutorial mengembalikan file memori yang terformat adalah menyetujui pemulihan. Setelah seluruh file diblok, cari menu yang bertuliskan pulihkan. Segera klik menu tersebut setelah ditemukan untuk membawa semua file kembali pulang.

Masih belum selesai, pengguna harus menentukan dimana file akan disimpan. Pengguna boleh memilih folder My Computer atau My Document. Setelah dipilih barulah memulai proses pemulihan data. Tahap ini memerlukan durasi yang cukup lama, itu bergantung pada besar kecilnya data yang dipulihkan.

Setelah file aman tersimpan di komputer, barulah file bisa dikembalikan ke memori card. Tutorial di atas juga berlalu seimbang alias sama jika menggunakan aplikasi pemulih file terformat yang lain. Setelah tahu cara mengembalikan file yang terformat di kartu memori Hp.