Cara Mengembalikan Memori Internal Android Seperti Semula -->

Kategori Berita

.

Cara Mengembalikan Memori Internal Android Seperti Semula

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Memori internal memang kerap kali mengalami kepenuhan. Oleh sebab itu, terkadang dibutuhkan untuk mengembalikan memori internal seperti semula. Hal tersebut juga akan membuat memory internal kosong, dan akan memiliki banyak ruang penyimpanan. Berikut cara mengembalikan memori internal Android dengan mudah:

1. Mengidentifikasi Penyebab Memori Internal Penuh

Hal pertama yang dilakukan untuk mengembalikan memori internal adalah dengan mengidentifikasi. Hilang atau penuhnya memori internal Android, tentu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal itulah yang mungkin saja menjadi penyebab memori internal penuh dan tidak dapat digunakan.

Maka dari itu perlu pengembalian seperti semula. Umumnya, memori penuh disebabkan karena banyak file sampah, memori eksternal yang tidak terbaca. Selain itu, bisa juga karena adanya file yang ada di memori internal yang memiliki virus.

2. Bersihkan File Backup

Selanjutnya, cara mengembalikan memori internal Android seperti semula yang bisa dilakukan adalah menghapus file backup. Bersihkan file backup yang memang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi. Biasanya, apabila perangkat memiliki aplikasi WhatsApp, maka backup paling banyak biasanya dari WhatsApp.

Dimana, dalam WhatsApp memiliki fitur backup yang dapat dipilih, misal seminggu sekali atau sebulan.Dalam backup tersebut, jika terdapat file backup yang memang tidak diperlukan lagi, maka dapat dihapus. Untuk menghapusnya, bisa dengan mengunjungi memori internal lewat file manager.

Kemudian, dapat memilih folder dari aplikasi apa saja yang terdapat file backup. Kemudian, bisa tekan dan klik hapus. Pengguna juga bisa dengan rutin membersihkan file backup tersebut, supaya penyimpanan tetap terkendali.

3. Menghapus File Sampah

Seperti Namanya file sampah memang kerap tidak diperlukan lagi, namun biasanya file sampah atau cache aplikasi memiliki banyak sekali. Dengan demikian, tidak jarang menjadi penyebab memori penuh. Untuk itu, agar bisa mengembalikan memori internal seperti semula, maka perlu menghapusnya.

Untuk cara menghapusnya, mudah saja dilakukan.Pengguna, bisa pergi ke menu pengaturan kemudian pilih menu aplikasi. Jika sudah, pilih aplikasi dan akan muncul rincian dari aplikasi tersebut.

Rincian data tersebut, juga mencakup file cache atau sampah yang bisa dihapus. Pengguna cukup menekan file cache dan tekan hapus. Maka, memori internal terbebas dari kepenuhan cache.

4. Memindahkan Apk ke Kartu SD

Penyimpanan internal merupakan wadah utama untuk tempat aplikasi yang ada di perangkat. Sehingga, apabila banyak aplikasi yang terpasang di perangkat, bukan tidak mungkin akan mengalami kepenuhan. Maka dari itu, cara mengembalikan memori internal android seperti semula yang bisa dilakukan adalah memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Tentunya memindahkan aplikasi tersebut akan sangat menyokong dalam pengembalian memori internal seperti semula. Dimana, akan memiliki banyak ruang kosong. Sebenarnya tidak hanya aplikasi saja, melainkan file seperti foto, video maupun dokumen lain sebaiknya berada di kartu SD.

5. Melakukan Factory Reset

Apabila, pengguna android telah melakukan keempat langkah di atas, namun memori internal masih sedikit ruang kosong. Maka, perlu dilakukan factory reset. Melakukan proses factory reset akan membuat perangkat seperti baru layaknya setelan pabrik.

Namun, tentunya jika hal tersebut dilakukan akan membawa dampak terhadap perangkat. Dimana, akan membuat menghapus semua file yang ada termasuk aplikasi, kecuali apk bawaan. Apabila akan melakukan ini, sebaiknya amankan lebih dulu file penting yang ada pada perangkat. 

Itulah tadi, cara mengembalikan memori internal Android seperti semula dengan mudah. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Apabila ingin lebih banyak memori yang kosong pada perangkat maka bisa menggunakan factory reset. Tetapi, tetap diingat bahwa Tindakan tersebut akan menghapus semua file serta aplikasi yang ada.