Cara Menggunakan Mouse Wireless Tanpa USB Dongle, Wajib Tahu! -->

Kategori Berita

.

Cara Menggunakan Mouse Wireless Tanpa USB Dongle, Wajib Tahu!

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Penggunaan mouse memang akan sangat membantu dalam penggunaan PC maupun laptop. Jenis mouse yang bisa digunakan juga cukup beragam salah satunya mouse wireless. Lalu kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan mouse wireless tanpa usb dongle beserta pembahasannya lainnya.

Sekilas Tentang Mouse Wireless

Sebelum membahas mengenai cara menggunakan mouse dengan tanpa bantuan USB akan dibahas dahulu apa yang dimaksud dengan mouse wireless. Jika selayaknya mouse memerlukan kabel sebagai penghubung antara mouse tersebut dengan PC maka ini berbeda. Sebab tidak membutuhkan kabel.

Jadi mouse wireless tidak membutuhkan yang namanya kabel sebagai penghubungnya dengan PC namun memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai sinyal. Meski begitu cara penggunaannya juga tak jauh berbeda. Hanya saja antara menggunakan kabel dan juga gelombang elektromagnetik sebagai penghubungnya.

Namun dengan menggunakan mouse wireless maka tidak akan ada kabel yang melilit di meja. Juga akan memudahkan penggunanya sebab penggunaan mouse akan lebih leluasa tanpa adanya label yang menghalangi. Namun tetap membutuhkan USB dongle sebagai penghubung.

Cara Menggunakan Mouse Wireless Tanpa Bantuan USB Dongle

Bila sudah tahu dengan yang dinamakan USB wireless maka pengguna juga bisa pahami bagaimana penggunaannya. Namun penggunaan mouse tersebut kebanyakan masih dengan bantuan USB Dongle. Adapun beberapa tips cara mengatasi hal tersebut dan bisa simak uraian berikut:

1. Memanfaatkan Sambungan Bluetooth

Jadi meski tidak memiliki USB dongle or dongle tersebut hilang atau sebagai pengguna masih bisa menggunakan sambungan bluetooth. Dengan artian lain cara menggunakan mouse wireless tanpa usb dongle yakni dengan memanfaatkan sambungan bluetooth. Jaringan nirkabel tersebut juga bisa dijadikan andalan.

Jadi pengguna bisa dengan menggunakan mouse wireless yang memiliki tipe dual mode. Jadi mouse tersebut memang sudah menyediakan jaringan nirkabel yakni bluetooth. Mouse dual mode juga selain tidak harus menggunakan USB dongle yakni tanpa harus mengganti baterai atau mengisi daya.

2. Gunakan/Colokkan Kabel Pada Mouse

Berikutnya adalah dengan mencolokkan kabel pada mouse. Meski mouse sudah wireless namun ada juga yang menggunakan kombinasi keduanya. Yakni mouse dengan wireless dan juga wired. Dengan penggunaan kabel juga biasa membuat responsibilitas menjadi lebih tinggi.

Jadi saat tidak memiliki USB dongle atau kehilangan USB tersebut maka bisa sementara menggunakan kabel sebagai penghubung. Jadi bila mouse bukan tipe dual mode maka cara ini bisa dipraktekkan. Penggunaan kabel juga bisa menjadi alternatif saat mouse akan kehabisan daya.

3. Gunakan Logitech

Cara berikutnya bila tidak memiliki atau tak ingin menggunakan USB dongle adalah dengan menggunakan Logitech. Logitech unifying receiver. Fungsi dari Logitech sendiri hampir mirip dengan USB dongle tersebut. Jadi pengguna bisa dengan membeli receiver dari Logitech.

Logitech juga merupakan receiver yang cukup canggih. Bahkan bisa digunakan untuk menghubungkan enam perangkat sekaligus ke dalam satu PC. Namun perlu diingat bahwa tidak semua bisa menggunakan atau mendukung fitur tersebut.

4. Pakai Mouse Cadangan

Solusi terakhir untuk masalah ini adalah dengan menggunakan mouse cadangan. Jadi bila memang mouse wireless tersebut bukan merupakan tipe dual mode atau bukan Kombinasi dari wireless dan wired. Atau bahkan juga tidak bisa menggunakan Logitech maka bisa pakai mouse cadangan.

Jadi sementara waktu bisa gunakan mouse cadangan atau yang pernah dimiliki sebelumnya. Yakni gunakan mouse yang masih menggunakan kabel sebagai penghubungnya. Atau bisa juga dengan membeli USB dongle yang baru.

Berikut tadi adalah cara menggunakan mouse wireless tanpa usb dongle yang bisa pengguna lakukan. Jadi meski kehilangan USB dongle atau tidak memilikinya maka tak perlu khawatir. Namun bisa beberapa cara tersebut terdapat kendala, maka bisa membeli yang baru.