Simak 5 Cara Menghapus Memori WA Penuh Paling Ampuh -->

Kategori Berita

.

Simak 5 Cara Menghapus Memori WA Penuh Paling Ampuh

Rianda
Rabu, 01 Juni 2022


Kini mayoritas memanfaatkan aplikasi WA untuk berkomunikasi dan bertukar file dengan mudah. Hal tersebut tidak jarang membuat aplikasi menjadi lemot karena memori penyimpanan penuh. Cara menghapus memori WA penuh umumnya dilakukan lewat pengaturan dari ponsel maupun aplikasi.


Pengguna dapat menghapus file video atau foto serta cache yang tidak penting. Lakukan secara rutin untuk mencegah memori cepat penuh. Berikut penjelasan selengkapnya tentang cara untuk menghapus memori penuh di aplikasi WA.


1. Membersihkan Cache


Memori penuh sering membuat kesulitan mengakses aplikasi karena lemot. Menghapus cache atau file sampah bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Proses pembersihan cache ini dapat diterapkan melalui dua cara yaitu menghapusnya lewat aplikasi WA maupun dari pengaturan ponsel.


Langkah pertama, jalankan aplikasi WA terlebih dahulu lalu ketuk ikon titik tiga yang terletak di atas bagian pojok kanan . Kemudian, buka menu ‘Setelan’ dan opsi ‘Penyimpanan dan Data’. Setelah itu, klik menu ‘Kelola Penyimpanan’ untuk mengetahui kapasitas cache.


Untuk menghapus cache WA di ponsel bisa dilakukan lewat pengaturan. Pengguna diminta untuk membuka ‘Pengaturan’ lalu klik opsi ‘Aplikasi’. Cari aplikasi WhatsApp dan ketuk opsi ‘Penyimpanan’ untuk mengetahui memori yang telah terpakai. Kemudian, pilih opsi ‘Hapus Cache’ untuk membersihkannya dengan praktis.


2. Menghapus Data dari Folder di Ponsel


Cara menghapus memori WA penuh bisa dilakukan lewat folder penyimpanan di ponsel. Bukalah penyimpanan di ponsel terlebih dahulu lalu pilih folder WhatsApp. Pengguna dapat menemukan berbagai folder lain di dalamnya seperti WhatsApp Images, Documents, Videos, Animated Gifs, Stickers dan lain sebagainya.


Selanjutnya, pengguna bisa memilih folder mana yang akan dihapus. Buka folder tersebut lalu beri tanda centang pada file terpilih. Setelah itu, pilih opsi ‘Delete’ untuk menghapus semua file yang telah ditandai tersebut.


3. Menghapus Data di Chat


Pengguna dapat membersihkan data yang ada di chat grup maupun personal. Data chat tersebut seringkali membuat memori penuh serta aplikasi menjadi lemot. Cara menghapusnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu ‘Settings’.


Kemudian, pilih menu ‘Storage and Data’ yang memungkin pengguna mengelola penyimpanan WA.Pengguna nantinya akan melihat kolom bar berwarna kuning, hijau serat merah dengan keterangan tertentu.


Pengguna juga bisa mengetahui daftar kontak di bagian bawah di kolom bar tersebut. Selanjutnya, pilih kontak dengan menandai file di dalamnya yang ingin dihapus lalu tekan opsi ‘Delete’.


4. Menghilangkan Data dengan Memori Besar


Kiriman file dari chat grup maupun personal sering kali menghabiskan memori. Pengguna dapat membersihkannya melalui ‘Settings’ di aplikasi WA. Selanjutnya, klik menu ‘Storage and Data’ yang berisi informasi mengenai penyimpanan yang dipakai di WA.


Pilih ‘Manage Storage’ untuk mengelola penyimpanan dan klik opsi ‘Review and Delete Items’.Pengguna dapat mengetahui folder ‘Forwarded Many Times’ maupun data yang berkapasitas lebih dari 5 MB. Terakhir, tandai file yang ingin dihapus dengan mengklik opsi ‘Delete’.


5. Membatasi Penggunaan Data


Terakhir, pengguna dapat melihat penggunaan data yang terpakai di WA untuk mencegah memori penuh. Caranya buka ‘Settings’ di WA kemudian klik opsi ‘Storage and Data’. Selanjutnya, pilih opsi ‘Network Usage’ untuk mengetahui data internet yang digunakan.


Itulah pembahasan mengenai cara menghapus memori WA penuh dengan mudah. Cara tersebut bisa dilakukan melalui menu pengaturan, baik di ponsel maupun aplikasi WA. Sebaiknya pengguna membersihkan cache atau file yang tidak dibutuhkan secara berkala, sehingga memori tidak gampang penuh dan aplikasi jadi lancar digunakan.