Cara Menghapus Siaran Langsung di Facebook Berbagai Device -->

Kategori Berita

.

Cara Menghapus Siaran Langsung di Facebook Berbagai Device

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Sejak tahun 2004, Facebook telah menawarkan berbagai fitur salah satunya siaran langsung. Hasil siaran langsung dapat disimpan di profile namun jika ingin menghapusnya berikut adalah tutorial menghapus siaran langsung di Facebook.

Aplikasi dengan logo huruf F dengan latar warna biru sudah menjadi primadona saat diperkenalkan ke publik. Tampilan dan fitur merupakan keunggulan yang diberikan untuk memikat pengguna. Seiring berjalannya waktu Facebook juga memberikan banyak sekali update fitur.

Fitur siaran langsung mulai dirilis dan dapat digunakan sejak tahun 2015. Selayaknya dengan video call, siaran langsung memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi kepada pengguna lain lewat kolom komen. Sering juga digunakan untuk memasarkan produk atau hanya sekedar bercengkrama.

1. Memulai Siaran Langsung

Sebelum sampai ke cara menghapus siaran langsung di Facebook, pengguna juga perlu mengetahui cara melakukan siaran langsung itu sendiri. Fitur ini dapat dilakukan baik melalui laptop dan smartphone, akan dijelaskan juga caranya melalui device yang berbeda.

Dimulai melalui smartphone terlebih dahulu, aplikasi Facebook sangat diperlukan antara Facebook atau Facebook Lite sama saja. Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi dan pilih kolom status. Setelah itu pilih live streaming atau siarkan langsung nanti akan muncul notifikasi permintaan izin.

Pilih ijinkan atau allow dan klik mulai untuk melakukan siaran langsung. Pengguna bisa melakukan apa saja sesuai keinginan. Jika sudah selesai siaran langsung bisa klik selesai yang terdapat di pojok kanan bawah screen smartphone.

Sedangkan pada laptop atau peramban bisa masuk dan mengunjungi website Facebook dan pastikan sudah login sebelumnya. Pada halaman beranda di bawah kolom status ada menu video siaran langsung dan pengguna bisa menekan menu tersebut.

Nanti akan muncul dua opsi yang berupa buat acara video siaran langsung dan lakukan siaran langsung serta pengaturan untuk publikasi. Scroll kebawah sampai menemukan siapkan video siaran langsung dan mulai siaran langsungnya.

2. Menghapus Siaran Langsung

Sekarang mulai ke inti permasalahan, cara menghapus siaran langsung terbilang sederhana. Cara ini hanya bisa digunakan jika pengguna sudah selesai melakukan siaran langsung. Sesudah sesi siaran langsung selesai akan muncul tiga menu di bawah tampilan.

Menu tersebut adalah menu simpan, menu hapus dan menu bagikan. Pengguna dapat memilih menu hapus untuk menghapus siaran langsung yang telah terjadi. Untuk menu simpan, siaran langsung akan tersimpan di story sedangkan untuk menu bagikan akan muncul di profil.

3. Menghilangkan Siaran Langsung

Selain cara menghapus siaran langsung di Facebook ada pula cara menghilangkan siaran langsung yang dianggap kurang menarik bagi pengguna. Pengguna juga bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan siaran langsung yang dianggap mengganggu.

Caranya adalah dengan melihat siaran langsung pada akun yang dianggap mengganggu atau kurang menarik. Lalu pilih titik tiga pada pojok kanan atas konten yang akan muncul beberapa pilihan. Klik opsi see less atau tampilkan lebih sedikit pada konten tersebut.

4. Menonaktifkan Notifikasi Siaran Langsung

Jika pengguna terganggu dengan notifikasi siaran langsung yang sering muncul di notifikasi smartphone. Bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya, langkah pertama adalah masuk ke menu pengaturan. Langkah selanjutnya pilih pemberitahuan dan pada menu Di Facebook pilih sunting.

Nanti akan muncul berbagai menu seperti pada hari ini, aktivitas teman dekat, tanda, halaman dll. Ada pula opsi siaran langsung yang di sampingnya ada menu nyala, klik bagian itu dan pilih semua mati.

Siaran langsung menjadi fitur yang sesuai untuk influencer, online shop bahkan pengguna yang memang ingin berinteraksi dengan teman-temannya. Jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui cara memulai, cara menghapus siaran langsung di Facebook dan yang berhubungan dengan fitur ini.