Cara Mengirim File ke Google Drive Melalui Link -->

Kategori Berita

.

Cara Mengirim File ke Google Drive Melalui Link

Faisol abrori
Senin, 13 Juni 2022


Google Drive sekarang sangat banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari mengirim file, menyimpan file, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena kapasitas yang diberikan cukup besar. Baik pengiriman maupun penyimpanan. Namun bagaimana cara mengirim file ke Google Drive melalui link?

Mengirim Google Drive bisa dilakukan dengan berbagai cara. Melalui link termasuk salah satunya. Cloud server satu ini banyak dipilih untuk menyimpan atau mengirim file karena fitur yang diberikannya. Seperti dapat membuat orang lain juga bisa mengunggah, mengedit, atau menghapus sebuah file.

Kelebihan Google Drive

Setiap platform pasti menawarkan fitur yang canggih agar dapat menarik minat orang untuk menggunakannya. Begitu juga dengan Google Drive yang banyak digunakan karena keunggulan yang diberikannya. Apa saja kelebihan tersebut? Simak ulasannya di bawah:

1. Mudah Untuk Sinkronisasi

Karena Google Drive termasuk ke dalam produk buatan Google, maka pengguna cukup memiliki satu akun Gmail. Dengan begitu, semua produk akan mudah disinkronisasikan untuk seluruh aplikasi di dalam perangkat. Termasuk juga Google Drive.

2. Ruang Penyimpanan Yang Besar

Google Drive menawarkan dua versi, yaitu berbayar dan gratis. Bila hanya digunakan untuk pribadi, ruang penyimpanan di Google Drive termasuk besar. Dibanding dengan Cloud server lain, Google Drive menyediakan memori 15GB untuk versi gratis. Padahal yang lainnya hanya berkisar 2 hingga 7 GB saja.

3. Membagikan File Dengan Mudah

Google Drive tidak hanya bisa digunakan sebagai penyimpanan dan back up data. Akan tetapi juga bisa untuk membagikan file dalam jumlah besar. Mengingat setiap pengguna dapat pula menambahkan file ke dalam folder melalui satu link yang dibagikan.

Demi keamanan, file tersebut bisa diatur siapa saja yang diperbolehkan untuk mengaksesnya. Seperti mengunggah, mengedit, menghapus, atau lainnya. Tentu sangat mempermudah apabila sebuah tim tengah mengerjakan suatu proyek secara bersamaan. Sehingga seluruh anggota dapat membacanya.

Cara Mengirim File Google Drive

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, mengirim file Google Drive dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pengguna bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Berikut 3 cara mengirim file Google Drive:

1. Mengirim file Google Drive Melalui Email

Perangkat ponsel lebih banyak digunakan orang untuk mengirimkan file Google Drive. Pasalnya lebih mudah diakses dalam segala kondisi. Misal tengah di perjalanan atau luar kantor. Adapun caranya adalah sebagai berikut!

     Mulanya buat Folder Google Drive dulu.

     Kemudian upload file ke link yang ingin dibagikan. Dengan cara menekan ikon plus.

     Pilih ‘upload’ atau ‘folder’ untuk mengupload file.

     Setelah itu, cari file yang akan diunggah.

     Tekan titik tiga di atas untuk memilih menu ‘share’.

     Pilih opsi kiriman melalui email dan jangan lupa berikan akses pada penerima email untuk menambah atau mengedit file yaitu dengan menekan ‘editor’.

     Jika sudah, tinggal klik ‘send’.

2. Mengirim file Google Drive Melalui Link

Pengguna dapat pula memilih dengan cara mengirim file ke Google Drive melalui link yang sudah dikirim lewat aplikasi sosial media. Hal ini biasanya digunakan untuk pemantauan pekerjaan oleh beberapa orang. Menambahkan file lewat link tidak susah, yaitu dengan langkah berikut:

     Apabila pengguna sebagai pengirim link, pastikan sudah membuat folder di Google Drive seperti langkah di atas.

     Jika sudah mengupload file, tekan ikon titik tiga, lalu klik Manage People and Links.

     Sebelum dikirim, ubah terlebih dulu pengaturan link dengan klik ‘change’.

     Pilih siapa saja yang diperbolehkan mengakses file tersebut. Caranya yaitu pilih ‘editor’.

     Kemudian salin link.

     Bagikan melalui beberapa platform sesuai keinginan.

Mudah bukan cara mengirim file ke Google Drive melalui link. Jika pengguna memilih menu editor, maka semua penerima akan dapat mengaksesnya. Seperti memberi komentar, mengedit atau lainnya.