Highland Camp Curug Panjang Berkemah di Lereng Paseban -->

Kategori Berita

.

Highland Camp Curug Panjang Berkemah di Lereng Paseban

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022


Dengan latar belakang bukit, dilingkari hutan hujan tropis berhiaskan air terjun Highland Camp Curug Panjang berhawa sejuk 20 derajat Celcius pada siang hari serta 17 derajat Celcius di malam hari. Selain curug Panjang ada empat curug lain yang airnya berasal dari Gunung Paseban. Ini tempat untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kota besar.

Sekilas Tentang Highland Camp

Tempat kemah ideal bagi keluarga menawarkan sensasi kemah dekat hutan Pinus dan kebun kopi. Sebagian besar tempat kemah  Highland Camp Curug Panjang ada di tajuk tegakan yang teduh. Ada rute hiking, jalur menelusuri sungai, kafe di hutan serta taman penuh kunang-kunang. Hewan lain selain kunang-kunang adalah tupai, monyet, ikan cingir putri, elang rujuk, burung lain dan elang hitam.

Lanskap alam sangat indah lengkap dengan bukit, air terjun, hutan, pegunungan dengan tanaman pinus, kapuk randu, terap, kaliandra, pisang, pakis, begonia, muncang, flamboyan dan berbagai pohon buah

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Highland bisa diakses dari jalan raya puncak dengan melalui jalan desa Cilember yang bisa dilewati kendaraan jenis truk tentara dan bus mini. Untuk berkemah di Highland satu cukup membayar Rp 365 ribu yang sudah termasuk berbagai fasilitas kemah seperti  tenda, perlengkapan tidur, teko listrik, tiga kali makan, air mineral, dsb.

Kalau pengunjung punya peralatan kemah sendiri, pengunjung hanya perlu membayar tada masuk Rp 66.000 per orang. Setelah membayar pengunjung bisa mendirikan tenda di area yang  ditentukan.

Beberapa Area Kemah

Semuanya ada sebelas area kemah (campsite). Area itu dibagi di tiga zonasi dengan karakter berlainan di tiap campsite. Zona di Highland Camp Curug Panjang dimaksudkan guna mengakomodir kegiatan kelompok, misalnya gathering perusahaan atau pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia pemerintah atau swasta outdoor. Berikut beberapa Campsite-nya:

1. Campsite Ciputri

Zona atau campsite Ciputri dirancang bagi pekemping keluarga, kemah mandiri. Sifat zona ini  umum, yaitu tempat kemah  di lapangan-lapangan. Campsite Ciputri jadi favorit para keluarga untuk mendirikan tenda dan menaruh segala kelengkapannya. Disediakan fasilitas kemah yaitu unit tenda model dome pangrango lengkap dengan kasur, bantal, selimut untuk bermalam.

Fasilitas pendukung dari pemilik tempat berupa tiga unit toilet yang tersebar pada tiap zona, tempat parkir pada dua pintu masuk serta jembatan rawayan yang berfungsi untuk menghubungkan tiga zona. Ada pula jalur interpretasi, jalur hiking atau trekking dan lainnya. Zona Ciputri sejuk dan beraroma pinus dan kopi robusta.

2. Campsite Kendeng

Favorit lain pengunjung ialah Campsite Kendeng di Highland Camp curug Panjang. Lokasi kemahnya bersembunyi pada balik pohon rimbun sehingga memberi sedikit privasi.  Campsite Kendeng  ini bisa jadi alternatif untuk menyepi. 

3. Campsite Halimun

Tempat kemah ini berada di lereng Gunung Paseban. Tempat kemah di Zona Halimun sering dipakai menampung rombongan dengan agenda dan rangkaian aktivitas beragam.  Zona Halimun punya daya tampung kurang lebih 500 pengunjung. Karakter tempat kemah luas bisa untuk mengakomodasi banyak keluarga dengan fasilitas pribadi.

4. Campsite Situhiang

Ada beberapa tempat kemah di dalam area kemah keluarga termasuk Campsite Situhiang. Tempat kemah ini bisa digunakan untuk menegakkan sebuah tenda dan mempersiapkan perlengkapan pendukungnya.  Harga tiket masuk area ini murah.

Jika ingin berkemah di Highland Camp Curug Panjang, terutama diakhir pekan, lakukan pemesanan tempat terlebih dahulu daripada sampai di tujuan tetapi sudah kehabisan tempat. Sesampai di sana setelah mendapat tempat, petualangan menyusuri hutan dan sungai bisa dimulai. Jangan ragu, pasti banyak hal mengesankan berkemah di Highland ini.