Ingin Melakukan Donasi Online? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini! -->

Kategori Berita

.

Ingin Melakukan Donasi Online? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini!

Faisol abrori
Rabu, 08 Juni 2022


Kecanggihan teknologi nyatanya juga membawa perubahan di dalam kegiatan penggalangan dana, dimana selain dilakukan secara langsung sekarang ini banyak diantara fundraiser yang melakukannya online, yaitu dengan open donasi online. Tentunya juga lewat berbagai media serta platform. Semakin mudah juga bagi kita jika seandainya ingin berbuat baik dan menyumbang uang atau mendonasikan sejumlah uang. 


Hanya saja tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya hal-hal semacam ini banyak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dimana mereka sengaja open donasi, namun uang yang terkumpul justru digunakan untuk kepentingan pribadinya sendiri. guna menghindari hal tersebut maka perhatikan dulu hal-hal ini jika ingin berdonasi online, yaitu: 


1. Pastikan Anda berdonasi lewat platform yang terpercaya, karena ada banyak sekali platform yang menyediakan ruang bagi siapa saja menggalang dana disana, namun tidak semuanya benar-benar diseleksi. Maka utamakan platform yang sudah terpercaya saja. 


2. Pastikan keamanan data pribadi Anda, misalnya ketika akan melakukan transfer uang untuk berdonasi, maka dijamin keamanan data yang dimiliki, sehingga tidak ada virus yang nantinya mencuri data Anda.


 3. Ketahui untuk apa Anda berdonasi, jangan sekedar mendonasikan uang, bagian yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan tujuan Anda berdonasi, karena kegiatan penggalangan dana ini sendiri ditujukan untuk berbagai macam hal. Sebut saja diantaranya untuk korban bencana alam, biaya pengobatan orang yang tidak mampu. Biaya pendidikan anak-anak kurang mampu serta masih banyak lagi yang lainnya, ketahui terlebih dahulu tujuannya dengan jelas. 


4. Pastikan bahwa sifat donasi ini tidak mengikat, artinya hanya sekali, bukan yang mengharuskan Anda untuk berdonasi secara terus-menerus setiap bulan. 


Donasi online terpercaya lewat Wahana Visi Indonesia saja, merupakan sebuah organisasi kemanusiaan yang secara khusus bergerak di bidang pemberian bantuan kepada orang-orang yang kurang mampu serta anak-anak yang terancam pendidikannya. Selain berdonasi dalam bentuk uang, maka Anda juga bisa ikut berkontribusi dalam program lainnya seperti sponsorship maupun juga program volunteer atau menjadi relawan.