Ingin Melakukan Tes DNA? Ini Biayanya yang Harus Kamu Keluarkan! -->

Kategori Berita

.

Ingin Melakukan Tes DNA? Ini Biayanya yang Harus Kamu Keluarkan!

Faisol abrori
Kamis, 09 Juni 2022


Berapa biaya tes DNA? - DNA atau  asam deoksiribonukleat adalah bagian kecil dari tubuh manusia, namun memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa tes DNA hanya dilakukan untuk mengetahui garis keturunan saja, padahal tes DNA dapat mengetahui 


Harga Tes DNA


Secara umum biaya atau harga tes DNA berbeda-beda disetiap instalasi kesehatan seperti rumah sakit maupun laboratorium. Tes DNA sendiri merupakan serangkaian tes yang bertujuan untuk mengetahui materi genetik makhluk hidup seperti manusia. Namun masyarakat sering menganggap baahwa tes DNA hanya ditujukan untuk mengetes kekerabatan seseorang saja.


Tidak hanya digunakan untuk mengetahui riwayat kekerabatan seseorang saja, akan tetapi tes DNA ini bisa digunakan untuk berbagai hal. Walaupun bermanfaat dalam dunia medis, untuk melakukan tes DNA terutama di Negara Indonesia ini harganya masih tergolong mahal. Sebelum melakukan serangkaian tes DNA, lebih baik Anda mengetahui biaya tes DNA di rumah sakit atau laboratorium.


Daftar biaya tes DNA di rumah sakit atau laboratorium wilayah Indonesia


Apa yang dimaksut tes DNA? Mungkin bagi sebagian orang tes DNA ini masih menjadi suatu hal yang belum diketahui. Tes DNA pada dasarnya merupakan sebuah prosedur yang dilakukan untuk mengetahui informasi genetik dari manusia. Tes DNA ada karena perkembangan teknologi seperti sekarang ini.


Melalui berbagai prosedur, tes DNA ini telah terbukti memiliki akurasi hingga 100 persen. Sehingga hasil tes DNA yang dilakukan bisa dipercaya. Selain bisa mengetahui garis keturunan atau riwayat kekerabatan seseorang, ternyata tes DNA juga bisa digunakan untuk mengetahui riwayat penyakit. Berikut beberapa informasi mengenai harga tes DNA di beberapa rumah sakit wilayah Indonesia.


1.      Biaya tes DNA di Rumah Sakit RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo ( RSCM )


Dalam beberapa rumah sakit tertentu di wilayah Indonesia seperti Rumah Sakit RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo atau RSCM  ini biasanya menggunakan metode pengujian identifikasi fragmen. Dalam kata lain tes DNA bisa dilakukan dengan melakukan pengujian identifikasi beberapa fragmen dari DNA tersebut.


Rumah Sakit RSUPN DR.Cipto Mangunkusumo atau RSCM ini berada di wilayah Jakarta Pusat. Biaya tes DNA di Rumah Sakit RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo atau RSCM mematok harga sebesar 10 juta rupiah. Biaya tersebut masih tergolong mahal untuk masyarakat Indonesia, sehingga bagi Anda yang perlu melakukan tes DNA ini bisa menggunakan biaya asuransi.


2.      Biaya tes DNA di Mitra Keluarga Kemayoran


Sederhananya tes DNA ini bisa disebut dengan sebuah metode seperti mengidentifikasi, menginventarisasi serta menghimpun berbagai file khas dari karakter tubuh manusia. Maka dari itu tidak heran jika tes DNA bisa digunakan untuk mengetahui garis keturunan manusia dan riwayat penyakit manusia. Namun di wilayah Indonesia sendiri biaya tes DNA masih diatas 5 jutaan, sehingga masyarakat masih kesulitan dalam melakukan tes DNA.


Lebih murah dari biaya tes DNA di Rumah Sakit RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo, untuk harga tes DNA di Mitra Keluarga Kemayoran ini mematok harga sebesar Rp. 9.900.000,00. Mitra Keluarga Kemayoran berada di wilayah Jakarta Pusat. Namun pada dasarnya biaya tes DNA ini bisa disesuaikan dengan tujuan dilakukan tes DNa.


3.      Biaya tes DNA di RS. Bhayangkara Tk. IR. Said Sukanto atau RS Polri


Ketika telah melakukan tes DNA bisa mengetahui atau bisa mendeteksi lebih dari 360 panel penyakit. Tentu saja lebih dari 360 panel penyakit tersebut bisa terdeteksi melalui pemeriksaan  lebih dari 140 gen dari DNA tersebut. Berbagai manfaat juga bisa Anda dapatkan jika melakukan tes DNA.


Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta Timur bisa melakukan serangkaian proses tes DNA di RS. Bhayangkara Tk. IR. Said Sukanto atau RS. Polri. Biaya yang dipatok untuk melakukan serangkaian tes DNA di rumah sakit Polri ini sebesar Rp.7.500.000,00. Pada dasarnya setiap instalasi kesehatan akan mematok biaya tes DNA sesuai ketentuan masing-masing.


4.      Biaya tes DNA di Rumah Sakit Hasan Sadikin


Harga tes DNA di Rumah Sakit Hasan Sadikin ini sekitar 9 juta rupiah per 3 anggota keluarga atau 10 juta untuk tambahan satu keluarga. Rumah Sakit Hasan Sadikin ini berada di Bandung dekat kota. Sehingga akses jalur rumah sakit lebih mudah dengan ketentuan tes DNA menggunakan teknologi masa kini.


Kesimpulannya harga tes DNA bisa berbeda-beda di setiap rumah sakit atau instalasi kesehatan. Biaya tes DNA tersebut bisa disesuaikan dengan tujuan dilakukannya tes, baik untuk mengetahui riwayat keturunan maupun riwayat penyakit seseorang. Jadi wajar jika tes DNA biayanya masih tergolong mahal di Indonesia. 


Kalian juga bisa untuk melakukan tes DNA melalui tanyadna.id sehingga bisa mengetahui penyakit genetik beresiko sejak dini. Melalui tanyadna.id juga sangat affordable/terjangkau untuk diakses lebih banyak orang. 


Demikian, semoga artikel ini memberi gambaran kira-kira harga tes DNA yang bisa dilakukan Semoga bisa membantu.