Mengunjungi Bukit Strawberry Lembang, Perkebunan Strawberry yang Unik! -->

Kategori Berita

.

Mengunjungi Bukit Strawberry Lembang, Perkebunan Strawberry yang Unik!

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022


Secara harfiah, kebun adalah lahan masif yang digunakan untuk menanam buah atau sayur-sayuran. Namun siapa sangka, ternyata kebun juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik. Berdomisili di Jawa Barat, ada tempat wisata berupa perkebunan yang dinamakan Bukit Strawberry Lembang.

Seperti dengan namanya, tempat wisata ini adalah perkebunan stroberi yang sudah berdiri lama di Lembang. Hingga kini, banyak sekali pengunjung dari dalam dan luar kota yang berantusias mengunjungi perkebunan ini. Selain sekedar kunjungan, Bukit Strawberry juga menyediakan berbagai aktivitas yang bikin penasaran.

Informasi Dan Sejarah Perihal Bukit Strawberry

Bukit Strawberry Lembang merupakan salah satu kebun budidaya stroberi terbesar di Jawa Barat. Kebun stroberi ini dibangun sebagai tempat wisata edukatif yang bertujuan untuk memperkenalkan budidaya stroberi di Indonesia.

Sebelum perkebunan stroberi ini, sudah ada beberapa kebun stroberi yang didirikan sejak sekitar 1991. Menurut sejarah, budidaya stroberi banyak dibangun di Ciwidey dan Lembang. Hanya saja, dulu praktik ini mengalami kegagalan bagi para petani.

Seiring berjalannya waktu, kelompok petani di Lembang mulai membuat ide kreatif yakni membuat kebun sebagai tempat wisata. Dianggap berhasil, ide ini pun mulai dikembangkan oleh beberapa daerah di Bandung. Hal inilah yang menjadi fondasi bagi Bukit Strawberry untuk mengembangkan kebunnya sebagai tempat wisata.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Yang Diberlakukan

Alamat Bukit Strawberry Lembang berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu No.109, Kecamatan Cibogo, Kota Lembang. Bagi yang ingin pergi ke Lembang, dapat mengunjungi Kabupaten Bandung Barat. Jadi, jarak yang ditempuh apabila pergi dari Bandung sangatlah dekat. Karena Lembang rawan macet, ada baiknya pengunjung tidak menggunakan kendaraan pribadi. 

Sementara untuk harga tiket masuk, setiap pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp20.000. Untuk pengalaman dan aktivitas yang ditawarkan oleh Bukit Strawberry, biaya tiketnya cukup murah. Tiket yang dibayar dengan Rp20.000 juga dapat ditukarkan dengan bibit stroberi ataupun jus stroberi.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Bukit Strawberry

Sebagai tempat wisata yang unik, Bukit Strawberry memberikan aktivitas yang akan membuat pengalaman menjadi tak terlupakan. Dari sekedar memetik stroberi, hingga mencicipi berbagai olahan stroberi, Bukit Strawberry memang menjanjikan sensasi yang menyenangkan dalam tempat wisata ini. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan:

1. Memetik Buah Stroberi Yang Tersedia Sendiri

Setelah membayar tiket masuk, pengunjung akan diperbolehkan untuk merasakan pengalaman memetik buah stroberi yang tumbuh di perkebunan. Stroberi hasil petikan yang sudah dikumpulkan dari kebun dapat ditimbang dan dibawa pulang. Hanya saja, jika ingin membawa stroberi, harga yang dikenakan sekitar Rp50.000-Rp75.000 per kilogram.

2. Belajar Menanam Stroberi Untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak yang mengunjungi tempat wisata ini, Bukit Strawberry menyediakan informasi yang edukatif yakni menanam stroberi. Di Resto Bukit Strawberry, nantinya anak-anak akan diajarkan cara menanam stroberi di polybag. Aktivitas ini berguna untuk mengajarkan anak-anak untuk mencintai tumbuhan, serta menyayanginya.

3. Mencicipi Berbagai Olahan Makanan Dari Stroberi

Juga di Resto Bukit Strawberry, Bukit Strawberry menyediakan berbagai macam olahan yang terbuat dari stroberi. Mulai dari keripik stroberi, manisan stroberi, selai stroberi, dodol stroberi hingga sambal stroberi. Selain mencicipinya, pengunjung juga dapat membawa produk-produk olahan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Berfoto di Spot Yang Disediakan

Pada pintu masuk Bukit Strawberry, berdiri sebuah patung strawberry raksasa yang dapat dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Selain itu, Bukit Strawberry juga mengizinkan pengunjung untuk berfoto di sekitar perkebunan dan spot lainnya. Hanya saja, pastikan untuk pengunjung lebih berhati-hati saat melakukan selfie di tempat wisata ini.

Demikian informasi lengkap mengenai tempat wisata perkebunan Bukit Strawberry Lembang. Bagi yang berminat untuk mengunjungi, Bukit Strawberry mulai buka dari jam 08.30-17.00. Karena tempat ini sering ramai pengunjung, pastikan untuk datang lebih awal agar dapat menikmati pemandangan kebun dan aktivitas yang ditawarkan.