Mengunjungi Goa Pinus Batu, Indah dan Sangat Cantik! -->

Kategori Berita

.

Mengunjungi Goa Pinus Batu, Indah dan Sangat Cantik!

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022


Momen liburan hari raya idul fitri banyak dihabiskan untuk melaksanakan liburan. Hal tersebut bisa merupakan salah satu upaya untuk me time bersama keluarga dan menyegarkan otak sebelum kembali bekerja. Bagi warga Malang, wisata Goa Pinus Batu tentu pernah sesekali terdengar. Pesonanya pun tidak kalah dengan wisata alam lainnya. Berikut ulasan lebih detail mengenai wisata ini:

Sekilas Tentang Goa Pinus

Wisata alam memang tidak pernah jemu untuk dipandang. Goa pinus merupakan salah satu wisata alam yang tak akan membuat menyesal bagi siapapun yang mengunjunginya. Tak hanya dapat menikmati isi goanya saja, pemandangan di sekitar goa pun sangat sayang untuk dilewatkan. Tinggi dari goa ini hanya 1.5 meter saja sehingga yang tinggi badannya mencapai 150 cm harus menunduk.

Menariknya, pengelola wisata menambahkan ornamen pada bagian luar goa sehingga semakin menambah daya tarik wisatawan. Hal tersebut pun menjadikan pengunjung tidak wajib untuk masuk ke dalam goanya karena terdapat aktivitas lain yang jauh lebih menarik. Mulanya tempat ini merupakan sebuah pertambahan namun seiring berjalannya waktu pertambangan tersebut mati.

HTM dan Lokasi Wisata

Wisata ini tidak akan membuat pengunjungnya kecewa ketika mengetahui harta tiket masuknya karena terbukti sangat murah. Untuk satu orangnya saja hanya ditarik tiket sebesar 5000 rupiah. Harga ini masih berlaku di tahun 2022 ini. Murahnya harga tiket ini memang sengaja diberikan kepada masyarakat agar bisa menikmati wisata yang murah sehingga dapat dijangkau semua kalangan.

Berbicara mengenai lokasinya, Goa Pinus Batu ini berada di Jawa Timur tepatnya kota Batu Malang. Cari saja gang Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji. Manfaatkanlah Google Maps untuk bisa sampai ke tempat ini. Bagi wisatawan luar kota, silahkan tanya saja jika lokasinya sudah dekat. Warga sekitar pasti mengetahui wisata yang satu ini sehingga tidak akan nyasar.

Fasilitas di Tempat Wisata

Salah satu yang diperhatikan ketika memasuki tempat wisata adalah melihat terlebih dahulu fasilitas apa yang akan didapatkan oleh pengunjung. Kenyamanan dalam berwisata dapat ditentukan dengan banyaknya fasilitas yang disediakan dan juga kualitas dari fasilitas tersebut. objek wisata Goa Pinus cukup memberikan fasilitas yang komplit sehingga pengunjung merasa nyaman. Berikut beberapa fasilitasnya:

1. Toilet

Fasilitas toilet sangat dibutuhkan oleh wisatawan. Pada setiap objek wisata, umumnya dilengkapi dengan toilet agar pengunjung tidak bingung ketika akan buang air kecil maupun buang air besar. Jagalah toilet tersebut agar selalu bersih di setiap harinya supaya pengunjung tidak merasa risih jika memakai toilet tersebut.

2. Mushola

Agama islam merupakan agama yang paling besar di negeri ini sehingga bukan hal yang tabu ketika objek wisata dilengkapi dengan mushola. Tentu saja fungsinya sebagai tempat yang nyaman untuk beribadah bagi setiap wisatawan muslim. Sediakanlah tempat wudhu yang memadai dan beberapa mukenah agar bisa dipakai oleh wisatawan.

3. Kantin dan Cafe

Meskin bernuansakan alam, namun tempat ini juga tidak lepas dari adanya cafe. Menikmati hidangan yang disajikan di cafe tersebut sembari menikmati keindahan alam yang ada di depan mata merupakan aktifitas yang menyenangkan. Terdapat pula kantin yang menyajikan makanan dengan harga terjangkau agar pengunjung tidak merasa keberatan.

Itulah informasi lengkap yang disajikan terkait dengan Goa Pinus Batu. Bagi yang rumahnya tidak jauh dari tempat wisata ini, bisa mengunjunginya dengan mudah. Manfaatkanlah waktu liburan untuk berwisata bersama keluarga dengan mengunjungi wisata alam yang menakjubkan. Segera kunjungi wisata ini selagi belum ramai pengunjungnya.