Museum Balaputra Palembang, Wisata Edukasi Terbaik -->

Kategori Berita

.

Museum Balaputra Palembang, Wisata Edukasi Terbaik

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022


Memang tidak dapat dimungkiri bahwa ada beberapa orang yang lebih suka dan merasa lebih nyaman untuk berkunjung ke wisata edukasi. Untungnya, sudah ada pilihan yang menarik seperti tempat Museum Balaputra Palembang yang bisa dikatakan cocok untuk dikunjungi sendiri ataupun tidak. Ditambah lagi, dengan tempatnya yang bisa dikunjungi untuk berulang kali.

Mungkin ada beberapa orang yang masih merasa ragu untuk mengunjungi tempat yang menarik ini pertama kalinya karena takut tidak sesuai harapan. Namun jika sejak awal memang ingin datang ke sebuah tempat yang dikelilingi dengan banyak sejarah, maka wajib datang ke sini. Simak beberapa informasi mengenai tempat yang edukatif ini sebagai berikut:

Dimana Lokasi dan Berapa HTM?

Untuk beberapa orang yang belum pernah mendengar nama dari tempat menarik ini, maka penting untuk benar-benar mengenali dimana lokasi tepatnya. Bagi yang belum tahu, maka kenali bahwa Museum Balaputra Palembang ini terletak di Jalan Srijaya I nomor 288, Desa Srijaya. Desa ini berada di Kabupaten Lebar, tepatnya di Kota Palembang.

Sejak awal dibuka untuk umum demi bisa datang dan menikmati berbagai barang bukti dari sejarah, para pengunjung bisa hemat uang. Pasalnya sejak dibuka sampai sekarang, setiap pengunjung hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp2 ribu saja untuk bisa masuk pertama kali. Nanti ada banyak barang menarik yang bisa membuat mata terkesan.

Keunikan dari Museum Balaputra

Kemudian bagi yang benar-benar ingin berkunjung ke Museum Balaputra Palembang tanpa harus merasa kecewa nantinya, maka pahami juga penjelasan ini. Kali ini, setiap orang bisa mengenali beberapa keunikan yang ternyata ada dan sudah disediakan dahulu untuk bisa dinikmati oleh pengunjung. Mari simak beberapa keunikan dari museum menarik di bawah ini:

1. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Mungkin sudah ada beberapa orang yang mendengar tentang keterkaitan antara museum yang menarik dan edukatif ini dengan kerajaan di sana. Ternyata, banyak barang yang ditampilkan di sana yang berasal dari peninggalan khusus dari Kerajaan Sriwijaya yang termasuk populer pada masanya. Bahkan nama dari museumnya saja berasal dari nama raja kerajaannya.

2.  Ada Ribuan Koleksi

Jika sejak awal ingin berkunjung ke sana dengan tujuan untuk mempelajari banyak hal terkait sejarah, maka tempat ini pilihan tepat. Pasalnya, sampai hari ini pun, setidaknya sudah ada ribuan koleksi yang bervariasi yang bisa dinikmati pengunjung sesuai dengan ketertarikan yang ada. Bahkan jumlah dari koleksinya pun mencapai sekitar 8000 untuk diketahui.

3. Peninggalan Masa Pra Sejarah

Sementara itu, untuk keunikan yang selanjutnya ini masih berkaitan dengan isi yang telah disajikan untuk bisa dilihat oleh pengunjung. Perbedaan yang dimiliki dari tempat ini jika dibandingkan dengan tempat yang lainnya adalah adanya banyak bukti peninggalan zaman pra sejarah. Selain itu, ada juga banyak artefak yang indah untuk dilihat.

4. Rumah Adat Limas

Tidak akan lengkap jika berkunjung secara langsung ke Kota Palembang namun tidak mengenali atau mengetahui rumah adat khas di sana. Untungnya, tempat seperti museum ini juga menyediakan tampilan menarik dari Rumah Adat Limas yang bisa menambah pengetahuan dari para pengunjung. Ada juga banyak mata uang yang lama yang cukup bervariasi.

Mengenali ulasan secara lengkap tersebut tentang Museum Balaputra Palembang dahulu tentu saja bisa membantu untuk menambah rasa yakin demi berkunjung. Ternyata setiap pengunjung nantinya juga tidak perlu lagi merasa khawatir karena bisa menikmati semua barangnya untuk memanjakan mata akan sejarah. Bahkan tidak perlu banyak uang hanya untuk masuk ke sana.