Pantai Batu Belig, Pantai Tenang untuk Surfing -->

Kategori Berita

.

Pantai Batu Belig, Pantai Tenang untuk Surfing

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022

 


Tidak begitu dikenal, Pantai Batu Belig terletak daerah Kerobokan, Bali. Ini pantai landai yang indah dan tempat yang sangat tepat untuk melihat tenggelamnya matahari. Apa saja kegiatan lain yang bisa dilakukan dan di mana lokasi tepatnya? Langsung saja baca uraian berikut:

Sekilas Tentang Batu Belig

Pesona sangat indah ditampilkan oleh Pantai Batu Belig terutama saat senja mendekat. Pemandangan sunset tidak kalah dari pantai lain. Nama batu belig sendiri diambil dari Bahasa Bali dengan kata belig yang artinya licin.

Nama Batu Licin disematkan karena di masa lampau banyak batu karang yang permukaannya licin karena ditumbuhi lumut. Tetapi sekarang pantai ini sudah rata dengan pasir putih yang cantik.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi pantai bukannya terpencil. Pantai berada di Kelurahan Kerobokan pada Kecamatan Kuta Utara di Badung. Pantai tidak jauh dari Seminyak dan lokasi wisata lainnya seperti Denpasar, Petitenget, Tanah Lot, Kuta, Legian, Canggu. Dari Badung hanya tiga puluh menit dengan kendaraan. Kalau berangkat langsung dari airport, akan dibutuhkan waktu tiga puluh lima menit.

Berbagai tempat wisata di Bali mengenakan tiket masuk, tetapi pantai cantik ini bisa didatangi tanpa membayar karcis alias gratis. Jika membawa kendaraan, pengunjung hanya cuma harus membayar parkir yaitu dua ribu rupiah jika naik sepeda motor dan jika naik mobil lima ribu rupiah.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan di Pantai

Berada di pinggiran kota membikin objek wisata Batu Belig ini terbilang masih bersih karena pengunjungnya tidak begitu banyak. Saat menunggu mentari tenggelam, pengunjung bisa menghabiskan waktu bercengkerama atau berjemur di pantai.

1. Bermain Volly dan Surfing

Ada berbagai aktivitas yang dapat dikerjakan di Pantai Batu Belig. Jika pengunjung datang beramai-ramai atau setidaknya ada empat orang, mengapa tidak bermain volly pantai. Pasti ini kegiatan mengasyikkan yang mengakrabkan.  Setelah bosan bermain volly, pantai ini juga cocok untuk bermain layang-layang.

Pengunjung juga bisa naik kuda berkeliling pantai. Kegiatan naik kuda ini membuat Batu Belig lain dengan pantai sekitar di Seminyak dan Kuta. Tetapi yang paling cocok dilakukan di pantai ini ialah surfing. Pantai ini bisa dibilang tempat surfing paling baik di selatan Bali. Tapi ombak pantai yang besar di pantai tenang ini lebih cocok untuk surfer yang sudah berpengalaman.

2. Berjalan-jalan dan Bermain Pasir

Ombak besar membuat Pantai Batu Belig tidak cocok untuk berenang. Tetapi anak-anak bisa bermain pasir yang halus dan tebal. Jika anak-anak jatuh dipasir tidak akan merasa sakit karena ketebalan pasir.

Wisatawan juga bisa berjalan-jalan di pantai. Hanya saja jangan mendekat pada spot berbahaya yaitu pusaran air tempat pertemuan arus ombak dari Batu Belig dan Petitenget yang memiliki daya hisap.

Patuhi rambu-rambu yang dipasang petugas pantai misalnya bendera merah yang menancap di beberapa spot itu agar tidak terseret ke tengah pantai. Ada wanita yang menjual berbagai pernak-pernik dan pakaian juga ada yang menawarkan jasa pijat  dan perawatan kuku.

3. Menikmati Kuliner

Di sekeliling pantai banyak tempat penginapan. Selain itu banyak pula tempat makan. Pengunjung yang mau menikmati pantai sambil menikmati kuliner Bali dapat memasuki sebuah tempat makan di sana. Di sana ada restoran yang memasang tempat duduk dengan area terbuka dengan bar, model panggung, dan tempat duduk dilengkapi payung pantai.

Lampu kafe dinyalakan pada malam hari menerangi pantai sehingga menghadirkan suasana indah. Berbagai makanan dan minuman pun bisa dipilih. Demikian area pantai Pantai Batu Belig yang masih bersih ini. Semoga semua pengunjung Pantai Batu Belig menjaga kebersihan sepanjang pantai. Karena keindahannya bukan mustahil pantai ini akan populer di masa mendatang.