Ini Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Ketahui -->

Kategori Berita

.

Ini Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Ketahui

Faisol abrori
Minggu, 12 Juni 2022


Beberapa orang sering terkecoh saat menentukan antara jurusan teknik komputer dan ilmu komputer. Keduanya terlihat serupa sebab terdengar masih dalam satu bidang yang sama. Pada kenyataannya ada beberapa perbedaan teknik komputer dan ilmu komputer yang harus dipahami.

Agar tidak salah pilih dalam menentukan jurusan, alangkah baiknya untuk menyimak beberapa perbedaan di antara keduannya. Siswa juga harus mempelajari terkait prospek kerja dari kedua jurusan ini di masa depan. Berikut adalah gambaran umum mengenai perbedaan teknik komputer dan ilmu komputer

Perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer Secara Umum

Ketika memutuskan untuk mengambil jurusan komputer, beberapa calon mahasiswa dibingungkan oleh pilihan jurusan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer. Berikut ini gambaran secara umum dari keduanya:

1.       Jurusan Teknik Komputer

Teknik Komputer merupakan prodi yang di dalamnya mempelajari hal-hal terkait perancangan, pengembangan dan berbagai sistem yang berbasis komputer. Di dalam praktiknya, jurusan ini menggabungkan ilmu elektro dengan ilmu komputer.

Lulusan dari mahasiswa jurusan ini dinilai sebagai arsitek perangkat lunak. Fokusnya adalah terhadap interaksi yang terjadi di antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras. Dengan kata lain, nantinya seorang lulusan Teknik Komputer dapat membangun sebuah sistem.

2.       Jurusan Ilmu Komputer

Sementara Ilmu Komputer diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Dalam jurusan ini ada berbagai topik komputer yang dibahas. Mulai dari analisa algoritma secara abstrak hingga subjek yang lebih konkret.

Seperti perangkat lunak, perangkat keras serta bahasa pemrograman. Secara sederhana, jurusan ini menekankan pada pemrograman komputer serta rekayasa perangkat lunak (software). Sedangkan Teknik Komputer lebih cenderung pada perangkat keras (hardware).

Perbedaan Kurikulum yang Dibahas

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kedua jurusan ini tentunya memiliki kurikulum yang berbeda. Mulai dari materi kuliah, pendekatan pembelajaran hingga goal yang diperoleh dari proses pembelajaran. Berikut ini kurikulum yang dibahas oleh masing-masing jurusan tersebut:

·         Teknik Komputer, mempelajari tentang chip dari komputer, membuat aplikasi, perangkat keras yang berhubungan dengan microcontroller dan processor dan bahasa programming serta mesin. Sistem pendidikannya menganut pendekatan rekayasa (engineering) daripada ilmiah (science).

·         Ilmu Komputer, mempelajari prinsip-prinsip dari ilmu komputer dan analisis matematika, pengembangan, pengujian, sistem operasi, komputasi dan evaluasi perangkat lunak. Dengan kata lain, ilmu komputer lebih banyak mempelajari teori sains dari komputer.

Perbedaan Prospek Karir di Masa Depan

Prospek karir jurusan komputer sangatlah besar. Terlebih saat ini perkembangan internet serta pemanfaatan komputer semakin menarik. Namun demikian, lulusan dari Teknik Komputer dan Ilmu Komputer tentunya memiliki prospek kerja yang berbeda.

Lulusan Teknik Komputer dapat mengembangkan karirnya sebagai ahli Programmer, Embedded System Engineer, Industrial Engineer dan Robotic Engineer. Selain itu, lulusan ini juga bisa menjadi seorang Computer Analyst, Database Administrator maupun Network Administrator. Salary untuk fresh graduate adalah Rp 5-8 juta per bulan.

Sementara lulusan Ilmu Komputer memiliki prospek yang luas. Mulai dari pengembang perangkat lunak, konsultan, pakar jaringan serta keamanan sistem. Selain itu, bisa juga bekerja dalam organisasi untuk mengembangkan ordering system, payroll system dan lainnya. Fresh graduate lulusan ini bisa memperoleh salary Rp 4-6 juta per bulan.

Itulah beberapa perbedaan Teknik Komputer dan Ilmu Komputer yang perlu dipahami. Jika menyukai hal-hal terkait mengutak-atik perangkat elektronik maka Teknik Komputer jurusan yang tepat. Namun jika memiliki jiwa bisnis dan ingin mendirikan perusahaan startup maka Ilmu Komputer bisa menjadi pilihan.