Ketahui Cara Pemakaian dan Solusi Tape Mobil Tidak Ada USB Dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Ketahui Cara Pemakaian dan Solusi Tape Mobil Tidak Ada USB Dengan Mudah

Rianda
Rabu, 01 Juni 2022

 

Port USB menjadi bagian dari sistem hiburan di mobil untuk memutar musik. Tidak jarang pula mobil masih dilengkapi tape standar untuk mendengarkan radio. Solusi tape mobil tidak ada USB bisa dilakukan dengan menambahkan FM Modulator. Alat tersebut berfungsi untuk menghubungkan USB maupun perangkat lain pada mobil.

Pengendara bisa membeli FM Modulator di toko aksesoris mobil maupun di e-commerce secara online. Inilah pembahasan tentang pemakain dan solusi mobil tidak dilengkapi USB yang wajib disimak.

Cara Memakai USB di Mobil untuk Mendengarkan Musik

Pada umumnya mobil dilengkapi dengan port USB untuk mendengarkan musik. Pengendara dapat menghubungkan dengan ponsel, MP3 player, flashdisk dan lain sebagainya. Berikut ini cara memakai USB untuk mendengarkan musik di mobil, antara lain:

1. Menghubungkan USB ke Port

Langkah pertama, pengendara dapat menghubungkan flash drive ke port USB terlebih dahulu. Nantinya port USB bisa terkoneksi langsung dari perangkat gawai maupun flashdisk. Namun, pengendara akan memerlukan kabel USB agar dapat menghubungkannya ke MP3 player atau ponsel.

Pengendara juga bisa memanfaatkan kabel charger ponsel untuk menghubungkan perangkat lain. USB memiliki fitur yang beroperasi lewat sistem plug and play, sehingga perangkat tetap terkoneksi tanpa instalasi tambahan. Selain itu, pengendara dapat memakai penyimpanan tambahan agar kapasitas storage di ponsel tidak mudah penuh.

2. Memastikan Format Terbaca oleh Sistem

Jika berhasil dihubungkan, biasanya format data musik akan terbaca di tape mobil. Data musik digital yang umum digunakan berformat AAC, MP3, ALAC, FLAC serta open source OGG. Format audio tersebut diketahui memiliki resolusi yang berbeda-beda serta bisa dipilih sesuai keinginan pengendara.

Musik tidak dapat diputar apabila format dari data digital yang tersimpan tidak dikenali oleh sistem stereo di mobil. Sebaiknya perhatikan format audio terlebih dahulu agar bisa diputar di mobil. Periksa pula perangkat USB telah terkoneksi ke dalam port dengan sempurna.

Pengendara bisa memeriksa sistem hiburan di mobil untuk mengetahui jenis format musik yang bekerja di tape. Pengendara juga mengganti formatnya melalui convert data yang sesuai. Dengan begitu, data musik dapat dikenal oleh sistem yang ada di mobil.

3. Menemukan Data Direktori atau Digital

Head unit di port USB sering kali bermasalah yang membuat musik tidak bisa diputar meski format audionya telah sesuai. Hal tersebut dapat disebabkan oleh penyimpanan data musik yang ada di ponsel. Biasanya head unit tersebut tidak mampu memindai semua isi di dalam drive penyimpanan.

Data musik tidak dapat terdeteksi apabila penyimpannya bukan berada di direktori folder yang tepat. Pengendara dapat mengatur data ke direktori yang sesuai agar sistem di port USB bisa mendeteksinya. Cobalah untuk mengaturnya dengan melihat website maupun membaca buku manual.

Solusi Tape Mobil Tidak Ada USB

Pada umumnya mobil dilengkapi sistem audio dengan kualitas bervariasi. Mobil yang memiliki tape standar biasanya hanya bisa dipakai untuk mendengarkan radio. Hal inilah yang membuat pengendara kesusahan jika ingin mendengarkan musik lewat SD Card, flashdisk serta USB.

Solusi tape mobil tidak ada USB bisa diatasi dengan FM Modulator. Alat tersebut bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau dari mengganti audio. Mobil dengan tape standar kini bisa mendengarkan musik yang tersimpan di SD Card, USB maupun flashdisk. Pengendara disarankan untuk menginstal lighter terlebih dahulu agar bisa beroperasi.

Jika lighter berhasil dipasang, pengendara dapat mengatur serta menyesuaikan frekuensi radio. Kemudian, hubungkan flashdisk, USB dan SD Card ke alat FM Modulator untuk memutar musik pilihan. Alat tersebut juga memiliki remote serta bisa dioperasikan di berbagai model mobil yang masih memakai tape standar.

Demikian pembahasan tentang solusi tape mobil tidak ada USB yang perlu diketahui. FM Modulator menjadi solusi terbaik yang bisa diterapkan di tape standar untuk menghubungkannya ke USB. Perhatikan pula format audio agar musik bisa diputar dari alat tersebut dengan mudah.