Tutorial Membuat Grafik di Google Sheet dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

Tutorial Membuat Grafik di Google Sheet dengan Mudah

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Google Sheet kerap dimanfaatkan untuk membantu sebuah pekerjaan, salah satunya seperti membuat grafik. Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakannya, tentu membutuhkan panduan untuk cara membuat grafik di Google Sheet. Dengan begitu, pembuatan grafik tersebut akan lebih mudah dan cepat.

Google Sheet merupakan sebuah perangkat lunak dengan basis web yang dikembangkan oleh Google. Menggunakan bantuan perangkat lunak tersebut akan lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan seperti membuat grafik. Simak berikut panduan yang bisa digunakan ketika ingin membuat grafik di Google Sheet:

1. Buka Google Sheet

Sebelum menggunakan Google Sheet pastikan untuk sudah sign ini melalui Google ataupun Google drive. Agar lebih mudahnya pengguna dapat masuk pada halaman https://Sheets.Google.com, kemudian sign in dengan memasukkan email dan password akun Google.

2. Membuat Sheet Baru

Setelah halaman terbuka, cara membuat grafik di Google Sheet selanjutnya yaitu membuat Sheet baru. Langkah untuk membuat Sheet baru, pengguna dapat mengklik new dan pilih Google Sheet, lalu klik blank Spreadsheet. Maka selanjutnya akan ditampilkan halaman Sheet yang masih kosong.

3. Block Data yang Diperlukan

Pada tahap ini terdapat dua cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengeblok data yang diperlukan. Pengguna dapat menerapkan salah satu cara di bawah ini yang dirasa lebih mudah, simak uraiannya:

     Cara pertama. Pilih dan block pada data yang hanya pengguna perlukan untuk membuat grafik. Menggunakan cara pertama ini dapat dilakukan dengan mengklik cell A1 dan kemudian tekan tombol shift dengan sambil mengklik cell E9.

     Cara kedua. Pilih dan block pada data dari kolom diatas (header). Caranya adalah dengan menekan header kolom pada abjad A dengan ditahan dan kemudian tarik kursor hingga pada kolom E. Cara tersebut membuat data hingga baris terakhir akan terblok semua.

Cara tersebut mempunyai fungsi yang serupa untuk memblok data yang diperlukan. Namun, keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan cara kedua yaitu ketika melakukan penambahan data pada baris bawah, maka secara otomatis grafik yang dibuat akan terupdate.

4. Pilih Insert dan Klik Chart

Setelah data yang diperlukan untuk membuat grafik di block, maka selanjutnya adalah pilih insert dan klik chart. Insert terdapat pada menu bar yang berada di jajaran menu paling. Caranya yaitu dengan mengklik insert, lalu pada beberapa menu didalamnya, klik chart.

5. Pilih Tipe Grafik yang Ingin Dibuat

Cara membuat grafik di Google Sheet selanjutnya adalah memilih tipe grafik yang ingin dibuat. Pada menu chart tadi akan ditampilkan jendela baru, lalu pilih chart type pada bagian atas. Dalam hal ini pengguna dapat memilih jenis grafik yang akan digunakan.

Pada bagian chart type terdapat beberapa pilihan untuk tipe-tipe grafik seperti area, line, pie, column, bar, dan masih banyak lainnya. Pilihlah tipe grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jenis data yang sedang pengguna buat.

6. Copy Grafik ke Laporan yang Dibuat

Terakhir, pengguna perlu untuk meng-copy grafik tersebut ke laporan yang sedang disusun. Cara meng-copy grafik tersebut yaitu pilih file pada bagian menu bar, lalu klik share. Dalam hal ini pengguna dapat menyesuaikan tampilan grafik dengan mengklik customize di bagian atas.

Itulah beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk cara membuat grafik di Google Sheet. Data yang telah diolah akan tersimpan secara otomatis di Google Sheet saat perangkat terkoneksi dengan internet. Oleh karena itu, pengguna masih bisa mengakses atau membuka lagi data tersebut.