Penyebab USB OTG Tidak Terdeteksi Di Android, Beserta Solusi Mengatasinya! -->

Kategori Berita

.

Penyebab USB OTG Tidak Terdeteksi Di Android, Beserta Solusi Mengatasinya!

Rianda
Rabu, 01 Juni 2022


Fitur smartphone yang semakin canggih membuat aktivitas transfer data apapun menjadi mudah. Hal tersebut karena adanya alat bernama USB OTG atau on-the-go. Namun, ada saja masalah seperti USB OTG tidak terdeteksi di Android yang mana para pengguna harus mencari informasi solusinya.


USB OTG memiliki fungsi sebagai alat transfer data pada smartphone pengguna. Keunggulan dari alat ini adalah fleksibel untuk dibawa kemanapun dan tentunya praktis. Namun, ketika alat ini tidak terdeteksi di smartphone pengguna, maka perlu diketahui penyebab dan cara mengatasinya.


Penyebab USB OTG Tidak Terdeteksi


Pengguna yang sering menggunakan USB OTG untuk mentransfer data ke smartphone, tentu pernah mengalami permasalahan USB OTG tidak terdeteksi. Ada beberapa faktor USB OTG tidak terdeteksi di smartphone Android. Berikut beberapa faktor penyebabnya: 


  • pertama adalah smartphone Android pengguna belum mendukung OTG.
  • Kedua, kabel USB OTG yang mengalami kerusakan dan bermasalah.
  • ketiga, terdapat virus bug yang mengganggu proses deteksi USB OTG dengan smartphone pengguna.
  • keempat yaitu adanya kerusakan pada flashdisk pengguna.
  • Terakhir adalah merk USB flashdisk yang tidak cocok atau compatible dengan smartphone, sehingga USB OTG tidak terdeteksi di Android dan menjadi masalah.


Solusi Mengatasi USB OTG yang Tidak Terhubung Ke Smartphone


Jika pengguna mengalami permasalahan pada USB OTG yang tidak terhubung dengan smartphone, pengguna tidak perlu khawatir. Karena ada 5 (lima) solusi mudah untuk mengatasinya dan dapat pengguna coba sendiri di rumah, yaitu sebagai berikut:


1. Cek Kondisi Kabel USB OTG


Cara pertama yang harus dicoba lakukan oleh pengguna adalah mengecek kondisi kabel USB OTG. Karena USB OTG tidak terdeteksi di Android dapat disebabkan karena kotoran, debu atau bahkan kerusakan kabel. Pengguna perlu mencoba hubungkan kabel USB OTG ke perangkat smartphone lain.


2. Restart Android Pengguna


Pengguna yang sudah terbiasa menghubungkan USB OTG ke smartphone, jika mengalami permasalahan tiba-tiba seperti flashdisk tidak terbaca. Maka cara mengatasinya adalah dengan restart smartphone Android milik pengguna. Menyalakan smartphone dan coba hubungkan USB OTG kembali.


3. Gunakan Software Tambahan


Mengatasi USB OTG tidak terdeteksi berikutnya adalah dengan menggunakan software tambahan bernama GUIFormat. Pengguna dapat mengubah partisi USB OTG dengan software ini. Untuk panduan lebih jelasnya, ikut langkah-langkah berikut ini:


  • Unduh dan pasang software GUIFormat di smartphone atau laptop.
  • Pasang flashdisk ke PC.
  • Pilih drive yang ingin diformat.
  • Klik opsi "Allocation Unit Size" menjadi nomor 32768.
  • Klik "Quick Format" dan "Start".


4. Pakai Aplikasi OTG Troubleshooter


Solusi mengatasi USB OTG tidak terdeteksi di Android selanjutnya adalah memakai aplikasi OTG Troubleshooter. Menggunakan aplikasi ini sama seperti aplikasi OTG checker lainnya, yang mana pengguna mengecek kondisi USB OTG dengan bantuan aplikasi.


Aplikasi OTG Troubleshooter akan menunjukkan detail permasalahan USB OTG pengguna dan mengatasinya dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu menunggu proses pengecekan USB OTG di smartphone dan menuruti perintah untuk mengatasi masalah USB OTG yang tidak terdeteksi.


5. Format Flashdisk


Cara terakhir yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan format flashdisk dengan menggunakan PC atau laptop pengguna. Untuk file system yang direkomendasikan saat ingin format USB OTG adalah FAT32. Caranya, pengguna cukup klik kanan dan tekan opsi "Format".


Setelah pengguna memformat flashdisk, pengguna dapat menghubungkan kembali flashdisk USB OTG ke perangkat Android pengguna. Namun, perlu diketahui jika melakukan format, pengguna akan kehilangan data-data. Maka dari itu, lakukan back up terlebih dahulu.


Begitulah informasi mengenai penyebab dan solusi mengatasi USB OTG tidak terdeteksi di Android bagi para pengguna yang memiliki masalah mengenai aktivitas transfer data tersebut. Pengguna dapat menggunakan smartphone, laptop atau bahkan aplikasi tambahan sebagai solusi mengatasinya.