Wisata Bukit Bintang Patuk Jogja yang Gratis dan Mudah Dijangkau -->

Kategori Berita

.

Wisata Bukit Bintang Patuk Jogja yang Gratis dan Mudah Dijangkau

Faisol abrori
Jumat, 10 Juni 2022


Bagi sebagian orang, malam hari adalah waktu yang pas buat mencari hiburan untuk melepas penat. Tetapi, tidak semua hiburan malam memiliki konotasi yang jelek seperti clubbing atau minum-minum. Di Yogyakarta, siapa saja boleh mampir menikmati pemandangan di Bukit Bintang Patuk. Tidak hanya akses yang mudah, tempat wisata ini juga gratis.

Siapa yang tidak menikmati indahnya pemandangan bintang-bintang di langit? Di tambah lagi, suasana bukit yang masih asri dan sejuk membuat stress dan lelah semakin hilang. Begitulah keindahan yang ditawarkan oleh perbukitan yang berada di Wonosari ini. Tidak hanya pemandangan alam, kawasan bukit juga ditemani oleh suasana pemukiman warga.

Sekilas Informasi Mengenai Bukit Bintang Yogyakarta

Memiliki nama lain sebagai bukit Hargodumilah, Bukit Bintang Patuk adalah kawasan tempat wisata yang menyajikan pemandangan indah. Meskipun bukit ini identik dengan pemandangan malam hari, namun pemandangan pagi dan sore hari juga tidak kalah cantik. Pada cuaca cerah, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dapat terlihat dengan agung.

Sebelum menjadi tempat wisata, bukit ini awalnya merupakan tempat istirahat untuk orang yang bepergian lalu lalang. Dikarenakan pemandangannya yang indah, warga mulai mendirikan warung dan tempat istirahat di sekitar bukit. Kini, pemerintah dan masyarakat setempat membuat bukit ini menjadi tempat wisata bagi pengunjung dalam dan luar kota.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Yang Diberlakukan

Lokasi Bukit Bintang Patuk terletak di Jalan Raya Yogyakarta - Wonosari pada KM 15. Untuk mengunjunginya, pembaca dapat pergi menuju Bukit Patuk yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh juga tidak sulit, karena lokasi wisata ini berada di tepi jalan yang menghubungkan Yogyakarta dengan Wonosari.

Seperti yang dikatakan di atas, tempat wisata ini tidak mengenakan tiket masuk alias gratis. Bukit Bintang juga buka setiap hari selama 24 jam, jadi siapa saja boleh mengunjungi kapanpun. Perlu diingat meskipun harga tiket masuk gratis, bagi yang membawa kendaraan pribadi tetap akan membayar biaya parkir.

Beberapa Macam Hal Yang Ada di Bukit Bintang

Meskipun tidak mengenakan biaya untuk masuk, Bukit Bintang menyediakan banyak aktivitas yang membuat tempat wisata ini begitu spesial. Tidak hanya pemandangan yang indah saja, tapi Bukit Bintang juga memiliki banyak outlet dan tempat inap bagi pengunjung luar kota. Berikut beberapa aspek yang menjadikan Bukit Bintang tempat wisata terbaik:

1. Pemandangan Sekitar Yang Indah

Pada kawasan sekitar bukit banyak terdapat pemandangan yang masih asri dan jauh dari kota. Kawasan pemukiman warga yang melengkapi bukit juga semakin menambah estetika untuk yang menyukai fotografi. Dari kejauhan, pengunjung juga dapat melihat kota yang bersinar di malam hari.

2. Tempat Untuk Foto-Foto

Bukit Bintang merupakan tempat yang pas untuk yang ingin berfoto. Selalu ada pemandangan yang menarik di setiap waktu yang tak dapat terlewatkan. Misalnya, pada pagi atau sore hari, matahari terbit atau terbenam akan menghiasi langit-langit dan sekitar. Selain itu, juga ada spot-spot tertentu yang dapat dijadikan tempat selfie untuk Instagram.

3. Aneka Macam Kuliner

Saat mengubah bukit ini menjadi tempat wisata, warga juga mendirikan berbagai macam outlet yang menyajikan kuliner dari Yogyakarta. Selain itu, kini banyak pendatang yang juga mendirikan tempat makan dengan kuliner dari luar. Pengunjung yang berada di Bukit Bintang tidak hanya dapat mencicipi kuliner lokal namun juga berbagai kuliner dari Indonesia.

4. Berbagai Macam Tempat Penginapan

Selain tempat makan, di sekitar Bukit Bintang juga ada tempat inap bagi pengunjung yang ingin tinggal lebih lama. Tempat inap yang ditawarkan juga beragam, ada yang pas di dompet namun juga ada yang lebih berkualitas.

Demikian informasi lengkap mengenai pesona Bukit Bintang Patuk dari Yogyakarta. Dengan pemandangan yang dipenuhi bintang-bintang, tempat ini begitu pas bagi pasangan yang ingin menjalin hubungan lebih romantis. Jika berada di Yogyakarta, pastikan untuk tidak lupa mengunjungi tempat wisata yang satu ini.