5 Cara Setting Wifi Indihome Agar Stabil Main Game Dengan Mudah -->

Kategori Berita

.

5 Cara Setting Wifi Indihome Agar Stabil Main Game Dengan Mudah

Faisol abrori
Jumat, 29 Juli 2022

 

cara setting wifi indihome agar stabil main game

Saat bermain game online tentunya harus memiliki jaringan internet yang stabil agar permainan tidak terganggu. Bagi yang menggunakan Wifi tentunya tidak perlu takut kehabisan kuota, namun meski demikian terkadang Wifi yang digunakan memiliki sinyal yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat beberapa cara setting Wifi Indihome agar stabil main game. 


Untuk melakukannya juga tidaklah sulit. Dengan mengubah settingan tersebut pengguna bisa mendapatkan sinyal yang lebih stabil untuk bermain game yang lebih lancar. Oleh sebab itu sebagai pemain game online, simak beberapa cara berikut ini agar sinyal Wifi Indihome lebih stabil: 


1. Ubah Posisi Router 


Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengubah posisi router. Penempatan router ini juga sangat berpengaruh pada kecepatan sinyal yang akan ditangkap oleh perangkat lain yang mengakses Wifi. Oleh sebab itu pastikan saat memasang router, letakkan di tempat yang tinggi dan tidak terhalang tembok. 


Sebab jika posisi yang terlalu rendah akan membuat sinyal susah untuk menjangkau ke penjuru ruangan. Selain itu jangan letakkan router tersebut terhalang dengan benda yang sulit untuk ditembus sinyal seperti tembok. Sebab hal tersebut dapat menghambat kecepatan sinyal Wifi. 


2. Batasi Pengguna Wifi 


Berikutnya, cara setting Wifi Indihome agar stabil main game yaitu mengubah kata sandi Wifi. Dengan demikian maka jumlah pengguna yang mengakses Wifi Indihome tersebut dapat dibatasi. Sebab semakin banyak pengguna maka kecepatan sinyal untuk mengakses internet akan semakin lemah. Cara mengganti password Wifi bisa disimak langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  • Masukkan alamat IP modem Indihome ke browser. 
  • Setelah control panel modem terbuka, login menggunakan username dan password. Untuk username bisa masukkan ‘user’ dan password dengan ‘user1234’. 
  • Setelah berhasil login, masuk pada menu networking dan klik sub menu WLAN lalu klik advance. 
  • Ubah kata sandi lama menjadi kata sandi baru. Terakhir klik save. 


3. Ubah Pengaturan QoS 


Selain membatasi pengguna Wifi dengan cara mengubah password Wifi Indihome, pengguna juga bisa membuat sinyal Wifi lebih stabil saat digunakan bermain game dengan cara mengubah pengaturan pada QoS. Cara setting Wifi Indihome agar stabil main game berikut ini mungkin masih asing bagi beberapa pengguna Indihome. Untuk mengetahui caranya simak penjelasan berikut: 

  • Masukkan IP address modem ke browser. 
  • Login menggunakan username dan juga password. 
  • Setelah itu klik pada menu basic dan klik pada QoS type. 
  • Ubah SNM menjadi SSID lalu klik submit. 
  • Setelah itu klik pada menu choose SSID dan pilih SSID 2 lalu klik centang tulisan enable SSID. 
  • Atur bandwidth dengan memasukkan jumlah client maksimum, pada kolom priority masukkan angka 5. 
  • Terakhir atur SSID dengan cara memasukkan angka 7 pada kolom priority dan klik submit. 


4. Ubah Channel Wifi 


Menggunakan channel Wifi yang ramai akan sangat berpengaruh pada kecepatan sinyal Wifi. Agar sinyal Wifi tetap stabil gunakan kanal Wifi yang lebih sepi dan tidak overlapping. Untuk Wifi dengan frekuensi 2,4 Hz channel terbaik yang dapat digunakan adalah 1, 6 dan juga 11. 


5. Upgrade Paket 


Berikutnya, cara lain yang dapat digunakan agar sinyal tetap stabil selama bermain game adalah dengan menambah kecepatan Wifi Indihome pengguna. Jika semula pengguna hanya menggunakan kekuatan Wifi 10 Mbps maka bisa upgrade dengan menggunakan 50 Mbps. Hal tersebut dapat dipastikan akan membuat akses internet lebih cepat dan juga stabil. 


Itu tadi adalah beberapa cara setting Wifi Indihome agar stabil main game yang bisa pengguna gunakan. Gunakan beberapa langkah di atas agar sinyal Wifi lebih kuat dan stabil. Dengan demikian bermain game online menjadi lebih menyenangkan.