Berapa Biaya Haji Plus 2022? Segini Kisaran Biayanya -->

Kategori Berita

.

Berapa Biaya Haji Plus 2022? Segini Kisaran Biayanya

Faisol abrori
Selasa, 19 Juli 2022




Ibadah Haji Plus Impian menuju ke Baitullah


Ibadah haji termasuk rukun islam ke-lima yang merupakan hal wajib ditunaikan bagi yang mampu setidaknya seumur hidup satu kali. Ibadah haji ini dilaksanakan setiap bulan dzulhijjah dengan rangkaian bertepatan dengan hari raya idul adha.


Ibadah haji dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Saran untuk Anda yang ingin mendaftar haji lebih baik mendaftar lebih cepat karena lama waiting list nasional saat inni mencapai 18 tahun. Pada setiap provinsi juga memilki lama antrean yang berbeda-beda.


Kisaran Biaya Menunaikan Haji Plus


Seperti yang Anda ketahui bahwa biaya yang digunakan unuk haji plus ini terbilang cukup berbeda dengan haji reguler. Haji reguler sendiri, alaupun telah mengalami sebuah peningkatan biaya palingan hanya berkisar 44,3 jutaan saja.


Namun untuk biaya haji plus bisa mencapai $ 11.000 hingga $22.000 US dollar, atau dalam mata uang rupiahnya yaitu biaya yang dikeluarkan mencapai 155,8 juta rupiah hingga 311,7 juta rupiah.


Melihat harga terkadang membuat mikir-mikir lagi, namun dengan harga sedemikian pastinya Anda merasa puas dengan fasilitas yang didaptkan. Biaya tersebut sudah terasuk fasilitas dan layanan yang diberikan.


Hal tersebut mulai dari tiket PP, visa haji, biaya suntik meningitis, penggunaan tour guide, transportasi perjalanan selma di tanah suci, air zam-zam yang didaptkan sebanyak 5 liter ditambah biaya untuk makan serta paling utama yaitu asuransi perjalanan.


Haji plus ini berbeda dengan haji reguler yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah namun haji plus ini diselenggarkan oleh pihak swasta.  Salah satunya yaitu travel agent yang sering disebut sebagai penyelenggara haji khusus.


Yang artinya ketika menggunakan haji plus maka tidak semua travel agent memiliki layanan semacam ini. Seperti jadwal keberangkatan lebih cepat, lokasi penginapan strategis, fasilita hotel yang tidak diragukan lagi, mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif  dan masih banyak lagi.


Tips Menabung Untuk Biaya Haji Plus


Menunaikan ibadah haji dengan mudah, cepat, aman terpercaya merupakan impian semua umat muslim. Apalagi ketika jasmani, rohani maupun finansial juga mendukung hal tersebut. Namun kebanyakan orang masih bingung bagaimana cara mengumpulkan uang untuk meraih hal tersebut.


Karena semakin menunda maka akan semakin lama cita-cita menunaikan ibadah haji terwujud. Semakin lama juga akan semakin banyak peminat untuk menunaikan ibadah haji. Maka mulai detik ini mari kumpulkaan niat untu dapat menabung biaya haji dengan beberapa tips berikut.


1.      Menjadikan impian ibadah haji sebagai tujuan keuangan


Ketika kita menjadikan sesuatu hal itu sebagai tujuan maka apapun itu akan dapat tercapai. Hal ini sama dengan ibadah haji, ketika ibadah haji sudah menjadi tujuan utama keuanagan maka bagaimanapun caranya pasti Anda akan berusaha mengapinnya.


Setiap Anda mendapatkan gaji atau penghasilan maka sisihkan terlebih dahulu untuk tabungan haji walaupun sedikit demi sedikit nantinya juga akan mnejadi banyak. Nanti sisa dari tabungan tersebut barulah digunakan untuk pengeluaran rutin.


Dengan hal tersebut maka Anda telah menjadikan menabung ini sebagai tujuan keuagan Anda. Jangan khawatir akan berapa lama uang itu terkumpul. Jika rutin, niat, usaha dan doa pasti akan cepat mencapainya.


2.      Menabung Sebanyak Rp20 ribu tiap harinya


Selain dengan menyisikan uang pada setiap awal bualan. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mencoba menabung secara konsisten. Tidak banyak uang yang harus ditabungkan, hanya dengan 20 ribu  dalam setiap harinya maka dalam setahun sudah terkumpul tavbungan haji sebanyak Rp7,2 juta.


Sama halnya menabung yang tadi, hal ini harus dilakukan dengan konsisten setiap harinya, jika ada uang lebih maka lebih baik jumlah uang ditambah. Bisa sehari Rp30 ribu atau sehari rp50 ribu. Dapat disesuaikan dengan ekonomi Anda masing-masing.


3.      Membeli reksadana syariah


Reksadana kini bukanlah hal yang tabu dikalangan gnerasi masa kini. Investasi reksadana syariah dapat Anda lakukan dengan modal yang sedikit. Investasi ini dapat dimulai dari Rp100 ribuan saja.


Hal tersebut sama dengan obligasi, dalam reksadana syariah juga dapat memiliki sebuah potensi return atau sitem bagi hasil yang tinggi. Namun sebelum membeli lebih baik perhatikan terlebih dahulu jenis reksadana syariah yang sesuai dengan profit risikonya.


4.      Menabung dari penghasilan tambahan


Terkadang ketika ingin mengapai cita-cita pastinya akan ada usaha yang lebih. Sama halnya dengan ini ketika ingin mendapatkan penghasilan yang lebih dan penghasilan utama masih dirasa kurang maka penghasilan tambahan sangat dibutuhkan.


Setiap mendapatkan penghasilan tambahan seperti upah freelance, keuntungan penjualan, THR, bonus maupun sumber lain di luar pendapatan utama. Maka hal tersebut dapat langsung saja dialokasikan sebagai tabungan haji.


Baimana dengan penjelasan diatas, mengenai haji plus, biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin mendaftarkan haji plus. Memang haji plus memiliki biaya yang cukup fantastik. Maka dari itu juga terdapat beberapa tips agar dapat mengumpulkan uang dengan efektif untuk mendaftar biaya haji plus. Semogga bermanfaat dan bagi Anda yang sudah memiliki niat untuk berhaji semogga dilancarkan dan dimudahkan.