Cara Bermain Game PC Di Android Dengan Emulator Exagear -->

Kategori Berita

.

Cara Bermain Game PC Di Android Dengan Emulator Exagear

Faisol abrori
Jumat, 08 Juli 2022


Cara Bermain Game PC Di Android Dengan Emulator Exagear


Tidak bisa dipungkiri, ada banyak game PC yang menarik untuk dimainkan saat ini. Misalnya Counter Strike,DotA, Hearthstone, dan lain-lain. Berkat teknologi yang kian berkembang, game-game PC tersebut bisa dimainkan via android. Selain mudah dimainkan dimana saja, banyak game PC yang bisa dimainkan secara offline. salah satu cara bermain Game PC di Android yang mudah yaitu dengan Emulator Exagear.


Langkah-langkah Bermain Game PC Di Android Dengan Emulator Exagear Mudah


Aplikasi ini cukup mampu untuk menjalankan game PC windows yang tergolong ringan. Instalasinya pun mudah dan pastinya bisa dilakukan siapa saja. Kelemahannya, emulator exagear ini aplikasinya masih cukup berat. Sehingga, pastikan dulu kapasitas android yang akan dipakai. Berikut cara menggunakannya:


1. Install Emulator Exagear- Windows Emulator


Aplikasi emulator ini bisa didapatkan dimana saja. Namun, pastikan unduh dari sumber terpercaya. Ukuran dari emulator ini sekitar 200 MB lebih. Jika mengunduh aplikasi ini via playstore, maka aplikasi bisa langsung terpasang dengan mudah.


Jika ingin mencari aplikasi ini dari sumber lain, pemasangannya melalui beberapa proses. Setelah diunduh, instal emulator seperti biasa pada Android. taruh folder dan data obbnya pada folder “Android” lalu simpan di “Obb”.


2. Buka Emulator Exagear


Bukalah Aplikasi "Exagear - Windows Emulator". Tunggulah hingga proses un packagingnya selesai. Ukuran aplikasinya nanti akan membesar hingga 800 MB lebih. Maka dari itu, pastikan android masih memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Usahakan masih ada sisa kapasitas agar emulator ini dapat lancar dijalankan.


3. Instal Game PC


Tahapan ini lumayan panjang dan cukup ribet bagi yang belum pernah install game. Pengguna bisa mengunduh atau meminta game PC dari teman. Setelah itu, buatlah folder baru pada folder “Download” di penyimpanan internal. Ubah namanya sesuai nama game yang diinstall.


Ekstrak game tersebut dengan aplikasi pembaca file Zip/rar seperti Zarchiver atau sejenisnya. jika gamenya sudah berformat exe, maka tidak usah di ekstrak. Setelah selesai proses ekstraknya, Buka Emulator Exagear.


Kemudian, pilihlah menu "Instal New". Nantinya akan muncul daftar nama game PC yang telah diekstrak tadi. Cara installnya pun mirip seperti menginstall aplikasi PC. Klik Next, Yes, atau Accept saat mulai menginstall. Tunggulah hingga proses instalasi gamenya selesai dan klik “finish”.


4. Mainkan Game PC Di Android


Inilah tahap terakhir dari cara bermain game PC di Android. Untuk mulai bermain, pilih saja pada Shortcut gamenya. Biasanya terletak pada menu "Start Menu" atau "Desktop". Klik pada shortcut, maka gamenya akan langsung terbuka dan siap dimainkan.


Jika shortcutnya tidak ada, cobalah masuk ke menu Instal New. gulir ke bawah dan Buka menu “ Another App (not from the list)”. Lalu, buka folder game yang tadi telah dibuat sebelumnya. Biasanya akan muncul folder baru yang bernama sama dengan gamenya.


Itulah cara Bermain Game PC Di Android Dengan Emulator Exagear. Untuk menggunakan aplikasi ini, usahakan ponsel android memiliki penyimpanan bebas sebanyak 1 GB dan RAM minimal 2GB. Agar bermain lebih nyaman, usahakan menggunakan android yang lebar layarnya sekitar 7 inci.


Selain itu, usahakan Android yang digunakan sudah memiliki spesifikasi mumpuni. Misalnya sudah Snapdragon 631 dan Quad Core 1.2ghz. Tujuannya untuk mencegah lag saat bermain game PC di Android.


Selain Emulator Exagear, ada banyak aplikasi lain yang bisa dicoba. Misalnya seperti Remotr, Parsec, dan lain-lain. Tentunya masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.