Cara Mendaftarkan Blog ke Google News Terbaru 2022 dan Manfaatnya -->

Kategori Berita

.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News Terbaru 2022 dan Manfaatnya

Faisol abrori
Selasa, 26 Juli 2022



Cara Mendaftarkan Blog ke Google News - Memiliki blog dengan banyak pembaca adalah salah satu impian terbesar seorang blogger, termasuk saya salah satunya. Namun, kadang salah satu yang menjadi masalah yang menghambat hal tersebut adalah proses pengindeksan artikel yang relatif lama. 


Memang google sendiri tidak menjanjikan artikel kita akan cepat terindeks atau tidak, karena google memiliki sistem dan algoritma sendiri, sehingga saya mencari berbagai cara untuk mempercepat proses pengindeksan tersebut.


Salah satu yang saya temukan adalah dengan mendaftarkan blog ke google news. Sebenarnya apa sih google news itu? Bagaimana cara mendaftarnya dan seperti apa dampaknya untuk blog kita? Semuanya akan dibahas dengan tuntas dalam artikel ini. 


Apa Itu Google News?




Google News sendiri adalah produk dari Google yang menyediakan konten berita dari beragam website di seluruh dunia. Melalui platform inilah, blogger maupun pemilik website berita berpeluang mendapatkan pengunjung berkali-kali lipat karena google news sendiri berisi konten-konten yang membahas suatu berita atau kabar terkini.


Baca juga:


Apa Saja Manfaat Mendaftarkan Blog ke Google News?


Ketika kita memiliki blog baik platform blogspot maupun wordpress, saya sarankan untuk didaftarkan ke google news, karena terdapat beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, antara lain:


1. Proses Indeks Artikel Jadi Lebih Cepat


Dengan memanfaatkan google news, artikel yang kita tulis akan lebih mudah terindeks, bahkan kurang dari satu menit. Sehingga, tidak perlu waktu yang lama untuk tampil di mesin pencarian.


2. Lebih Mudah Tampil di Halaman Pertama


Selain itu, kelebihan menggunakan google news adalah blog kita bisa lebih mudah tampil di halaman pertama google. Dan memang, google menyediakan kotak khusus yang diberikan untuk blog-blog atau website-website berita berkaitan dengan kata kunci tersebut.


3. Meningkatkan Jumlah pengunjung


Mendapatkan pengunjung yang loyal memang sulit, namun kali ini, dengan memanfaatkan google news, kita bisa mendongkrak angka pengunjung ke blog kita, sehingga mendapatkan traffic yang tinggi untuk setiap artikelnya.


4. Sarana Branding yang Efektif


Setelah situs kamu diterima oleh google news, maka itu akan menjadi salah satu nilai tambah yang bisa dimasukkan dalam portofolio blog kamu. Selain itu, orang-orang juga akan mudah mengenal blog kamu sesuai dengan niche atau pembahasannya.


5. Berpeluang Mendapatkan Backlink yang Berkualitas


Jika situs kalian diterima oleh google news, maka besaar kemungkinan situs kalian akan mendapatkan backlink yang berkualitas. Bagaimana mungkin? Hal ini bis asaja terjadi karena blog atau situs kalian akan dianggap sebagai laman website yang trust-worthy, sehingga dipercaya dan dianggap kredible serta cocok untuk dijadikan sumber referensi.


Baca:


SYARAT MENDAFTAR GOOGLE NEWS 



Selanjutnya mungkin yang jadi pertanyaan apakah ada syarat-syarat tertentu sebelum mendaftarkan blog ke google news? Oke, berikut saya ambil rangkumannya:


1. Blog Berita


Sesuai namanya, google news ini menampilkan artikel-artikel dari blog/situs berita. Sehingga, syarat yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat web berita atau setidaknya yang menyajikan seputar berita terupdate dan terkini. 


Sehingga, blog kalian akan mudah diklasifikasikan oleh google sebagai blog berita yang nantinya bisa mendapatkan fitur google news ini.


2. Buat Konten yang Berkualitas dan Terupdate


Setelah melalui berbagai macam diskusi dengan rekan-rekan blogger yang sudah google news approved, kesimpulannya, saat mendaftar di google news, pastikan blog kita mulai rutin upload rutin, 3-5 artikel setiap hari, hingga blog kita diapprove.


Tentunya bukan artikel yang asal-asalan atau artikel yang hanya mencari pengunjung dengan judul klikbait, namun juga artikel yang benar, serta membantu pembaca dalam menemukan suatu informasi.


3. Membuat Navigasi Menu yang Baik


Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah tersedianya navigasi yang mudah dan user-friendly. Seperti halnya menu about, disclaimer, contact, atau juga menu-menu yang dapat mempermudah pembaca seperti pengkategorian sesuai label, harus jelas dan tertata rapi.


4. Informasi Tentang Blog yang Lengkap


Tak bisa dipungkiri, google akan memilih website/blog yang memiliki informasi yang akurat dalam deskripsinya, sehingga sebelum kalian mendaftarkannya ke google news, berilah deskripsi yang jelas mengenai blog kalian, atau bahkan jika perlu membuat page khusus untuk laman profile penulis-penulis website tersebut beserta data dirinya.


CARA MENDAFTAR GOOGLE NEWS


Cara mendaftarkan blog ke google news sebenarnya mudah sekali, kita cukup ikuti instruksi yang ada. Oke, berikut tutorialnya, silakan disimak.


1. Buka https://publishercenter.google.com/publications/ lalu klik tambah publikasi


2. Masukkan nama website, url, dan lokasi



3. Verifikasi kepemilikan domain. Buka setelan publikasi >> url properti situs utama, scroll ke bawah. Nah, kalian bisa memverifikasinya melalui Google Search Console



4. Isi semua data yang dibutuhkan, mulai dari logo, square favicon, hingga detail blog seperti informasi kontak dan deskripsi harus diisi.


5. Jika sudah selesai dan semua data telah terisi, maka langkah selanjutnya submit untuk dilakukan peninjauan.



Berapa Lama Situs Saya Direview?


Tidak ada penjelasan pasti terkait lamanya proses review ini. Jika mengacu pada web resminya, proses review ini berlangsung 2-4 minggu usai disubmit. Namun, ketika saya mencoba mendaftarkan situs www.faisol.id ini, tidak sampai 2 minggu pun sudah berhasil tayang di google news.


Baca juga:


Bagaimana Dampaknya Setelah Blog Saya Diterima Google News?


Saya merasakan dampak yang signifikan. Jika sebelumnya saya harus request manual setiap artikel ke google search console dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk tayang di google. Namun sekarang, berkat google news, saya tidak usah repot-repot submit url artikel terbaru ke google search console. 


Satu-satunya hal yang perlu saya lakukan adalah update artikel dengan maksimal dan tetap memperbaiki kualitas konten setiap waktu. Untuk urusan indexing, itu sudah dikerjakan secara otomatis melalui google search console. Bahkan, artikel baru pun bisa diindeks dalam hitungan detik.


PENUTUP


Demikian artikelku tentang cara mendaftarkan blog ke google news. Bagaimana? Apakah kalian juga tertarik ingin mendaftarkan blog ke google news? Ayo daftarkan sekarang.. Dan untuk teman-teman juga bisa menuliskan pengalamannya seputar google news di kolom komentar ya..


Jika ada yang tertarik untuk melakukan kerja sama berupa advertorial post, iklan banner dan bentuk kerja sama lainnya dengan blog ini, silakan klik di sini >>